Satuan Acara Perkuliahan
Kode / Nama Mata Kuliah : Metodologi
Pengajaran Bahasa Arab II Revisi
ke :
...............................
Satuan Kredit Semester : 2 SKS Tgl
revisi :
..............................
Jml Jam kuliah dalam seminggu :
100 Menit Tgl mulai
berlaku :
.............................. Penyusun :
Ali Subhan, MA Jml
Jam kegiatan laboratorium :
.......... Penanggungjawab Keilmuan : Ali Subhan, MA
Jam konsultasi:
Deskripsi Mata kuliah :
MPBA
II merupakan mata kuliah MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap
mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab. Matakuliah MPBA II meruapakan
lanjutan dari MPBA I. Dalam matakuliah ini
mahasiswa akan dibekali tentang
analisa terhadap metode pembelajaran dengan pendekatan linguistik mikro dan
pendidikan secara umum. Secara garis besar pokok kajian matakuliah MPBA II dipetakan menjadi tiga, yaitu metode pembelajaran dengan pendekatan
sosiolinguistik dan budaya bahasa; metode pembelajaran berbasis pada peserta
didik, pendidik dan media; dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran
bahasa Arab.
Standar Kompetensi :
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan dalam bidang
pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa arab yang
fokus pada pembelajaran materi istima’, kalam, qiraah, kitabah, Aswat,
Mufradat, struktur, dan balaghah.
Pengetahuan
|
10 %
|
Pemahaman
|
15
%
|
Penerapan
|
35 %
|
Analisis
|
20 %
|
Sintesis
|
10 %
|
Evaluasi
|
10 %
|
Level Taksonomi :
Pertemuan ke :
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pokok
Bahasan/Materi
|
Aktifitas Pembelajaran
|
Rujukan
|
I
|
Mahasiswa
memahami ruang lingkup mata kuliah MPBA II.
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup
perkuliahan MPBA II
b. Mahasiswa Mampu menyepakati dan menyesuaikan
dengan kontrak yang disepakati bersama.
|
a-
Al
khuttoh ad-dirasiyah
b-
Wa
at-tahdlir
|
Ceramah, diskusi dan Tanya jawab.
|
|
II
|
Mahasiswa memahami dan
mempraktekan metode pembelajaran Maharah al- Istima’.
|
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah
al- Istima’.
b.
Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pembelajaran Maharah
al-Istima’.
|
a-
Definisi
Maharat Istima’,Pentingnya Maharat Istima’ Macam-macam Maharat Istima’ Syarat-syarat
Istima’ yang bagus
b-
Pengajaran
Istima’, Tujuan-tujuan Pengajaran Istima’, Langkah-langkah Pengajaran Istima’
c-
Tathbiq Tadris al-Istima’
|
a-
presentasi
dilanjutkan diskusi
b-
Tanya
jawab
c-
praktek
mengajar
|
- Al-khauli,
Muhammad Ali. 1986. Asalibul Tadris al-lughah al-Arabiyah ton’ah
tsaniyah.
Abdul
Hamid, Uril Bahruddin & Bisri Mustofa.2008. Pembelajaran Bahasa Arab:
Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media, UIN- Malang Press.
|
III
|
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Maharah
al-Kalam dan cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
|
a-
Pengertian
Maharah al-Kalam, Macam-macamnya,
Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
b. Pengajaran Maharah al-Kalam. Saran-saran
untuk pengajaran Maharah
al-Kalam
c. Tathbiq tadris maharah
al-Kalam
|
a-
presentasi
dilanjutkan diskusi
b-
Tanya
jawab
c-
Praktek
mengajar
|
Fuad,
Ahmad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa arab, Malang: Misykat,
2005
|
IV
|
Mahasiswa memahami Metode pembelajaran Maharah
al-Qira’ah dan cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
|
d. Pengertian Maharah al-Qira’ah, Macam-macamnya,
Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
e. Pengajaran Maharah al-Qira’ah.
a-
Tathbiq
tadris Maharah al-Qira’ah.
|
a-
Presentasi
dilanjutkan diskusi
b-
Tanya
jawab
c-
praktek
mengajar
|
|
V
|
Mahasiswa memahami metode pengajaran Maharah
al-Kitabah
dan cara mengajarkannya
|
a-
Mahasiswa
dapat menjelas metode pengajaran Maharah al-Kitabah
b-
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pengajaran Maharah al-Kitabah
|
a-
Pengertian
Maharah al-Kitabah, Macam-macamnya,
Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya.
b-
Pengajaran
Maharah al-Kitabah.
c-
Tathbiq tadris Maharah al-Kitabah.
|
d-
Presentasi
dilanjutkan diskusi
e-
Tanya
jawab
f-
praktek
mengajar
|
|
VI
|
Mahasiswa memahami metode pengajaran Kosa
kata (Mufradat) dan cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelas kan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)
|
a-
Pentingnya
pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b-
Dasar-dasar
pemilihan Kosa kata (Mufradat)
c-
Saran-saran
dalam pengajaran Kosa kata (Mufradat)
d-
Tathbiqu Tadris al-Mufradat
|
e-
presentasi
dilanjutkan diskusi
f-
Tanya
jawab
g-
praktek
mengajar
|
|
VII
|
Mahasiswa memahami metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
serta
cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
|
a-
Karakter
Nahwu/Tarakib/Qawa’id .
b-
Tujuan
pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id .
c-
Saran-saran
dalam pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
d-
Tathbiq
Tadris an-Nahwi.
|
e-
presentasi
dilanjutkan diskusi
f-
Tanya
jawab
g-
praktek
mengajar
|
|
IX
|
Mahasiswa memahami metode Pengajaran Adab/Balaghah
serta cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan metode Pengajaran Adab/Balaghah
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode Pengajaran Adab/Balaghah
|
a-
Istilah
– Istilah dalam Adab/Balaghah.
b-
Tujuan
Pengajaran Adab/Balaghah
c-
Tingkatan-tingkatan
Pengajaran Adab/Balaghah
d-
Metode
Pengajaran Adab/Balaghah
e-
Tathbiq
Tadris al-Adab
|
f-
presentasi
dilanjutkan diskusi
g-
Tanya
jawab
h-
praktek
mengajar
|
|
X
|
Mahasiswa memahami metode Pengajaran Aswat
serta cara mengajarkannya
|
a-
Mahasiswa
dapat menjelaskan metode Pengajaran Aswat
b-
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode Pengajaran Aswat
|
a-
Pentingnya
Pengajaran Aswat.
b-
Tingkatan
Pengajaran Aswat
c-
Saran-saran
Pengajaran Aswat
d-
Tathbiq
Tadris al-Aswat
|
i-
presentasi
dilanjutkan diskusi
j-
Tanya
jawab
k-
praktek
mengajar
|
Komposisi Penilaian :
Aspek Penilaian
|
Prosentase
|
Ujian Akhir
Semester
|
20 %
|
Ujian Tengah
Semester
|
15 %
|
Tugas
|
20 %
|
kehadiran
/Keaktifan
|
15 %
|
Praktek
|
30 %
|
Total
|
100 %
|
Kriteria Penilaian
1- Tes; esai, menganalisa
Paper/malakah :
1- Jmlh halaman
2- Bentuk tulisan
3- Organisasi tulisan
4- Bahasa referensi
5- Dll
Praktik:
Partisipasi
Kapan diserahkan
Daftar Referensi
1.
Annaqah, Mahmud Kamil, Thuaimah, Rusydi Ahmad.
2003. Thoroiq Tadris al-lughah al-Arabiyah Lighairi al-Nathiqiina biha. ISESCO.
2.
Al-khauli, Muhammad Ali. 1986. Asalibul
Tadris al-lughah al-Arabiyah.
3.
Abdul Hamid, Uril Bahruddin & Bisri
Mustofa.2008. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi
dan Media, UIN- Malang Press.
4.
Thuaimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta'lim
al-Arabiyah Lighairi al-Nathiqiina biha manahijuhu wa asalibuhu. Mesir:
ISESCO.
5.
Abdullah. Umar as-Sidiq. 2008. Ta’lim
al-lughah al-Arabiyah Li al-Nathiqiina Bighairiha – at Turuq- al-Asalib –
al-Wasail. Al-dar al-Alamiyah.
6.
As-Sayid. Mahmud Ahmad. Fi Thoroiq Tadris
al-lughah al-Arabiyah. At-Thob’ah as-tsaniyah.
7.
Abu Bakar Muhammad. Metode Khusus Pengajaran
Bahasa Arab, Penerbit: Usaha nasional. Surabaya Indonesia.
8.
Radliyah Dkk. Methodologi & Strategi
Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Pustaka Rihlah Group.
9.
As-Sufi. Abdul latif. Fannul
kitabah-Anwa’uha-maharatuha-usulu ta’limiha lin-nasyiin. (6-16) sanah.
Disusun oleh :
|
Diperiksa oleh :
|
Disahkan oleh :
|
|
Dosen Pengampu
|
Penanggungjawab Keilmuan
|
Kepala Jurusan/
Program Studi
|
Dekan
|
0 Response to "SAP MPBA II 2015"
Post a Comment