SAP MPBA II 2015




Satuan Acara Perkuliahan

                                                                                
Kode / Nama Mata Kuliah               :    Metodologi Pengajaran Bahasa Arab II  Revisi ke                     : ...............................  
Satuan Kredit Semester                     :   2 SKS                                                          Tgl revisi                     : ..............................
Jml Jam kuliah dalam seminggu        :   100 Menit                                                   Tgl mulai berlaku       : .............................. Penyusun                                                 : Ali Subhan, MA                                           Jml Jam kegiatan laboratorium            : .......... Penanggungjawab Keilmuan : Ali Subhan, MA
Jam konsultasi:


Deskripsi Mata kuliah                     :
MPBA II merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab. Matakuliah MPBA II meruapakan lanjutan dari MPBA I. Dalam matakuliah ini mahasiswa akan dibekali tentang analisa terhadap metode pembelajaran dengan pendekatan linguistik mikro dan pendidikan secara umum. Secara garis besar pokok kajian matakuliah MPBA II dipetakan menjadi tiga, yaitu metode pembelajaran dengan pendekatan sosiolinguistik dan budaya bahasa; metode pembelajaran berbasis pada peserta didik, pendidik dan media; dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran bahasa Arab.
Standar Kompetensi                        :
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan dalam bidang pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa arab yang fokus pada pembelajaran materi istima’, kalam, qiraah, kitabah, Aswat, Mufradat, struktur, dan balaghah.

Pengetahuan
10   %
Pemahaman
15   %
Penerapan
 35    %
Analisis
20    %
Sintesis
 10    %
Evaluasi
 10     %
Level Taksonomi                   :        





Pertemuan ke :
Kompetensi Dasar
Indikator
 Pokok Bahasan/Materi
Aktifitas Pembelajaran
Rujukan
I
Mahasiswa memahami ruang lingkup mata kuliah MPBA II.
a.       Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup perkuliahan MPBA II
b.      Mahasiswa Mampu menyepakati dan menyesuaikan dengan kontrak yang disepakati bersama.
a-       Al khuttoh ad-dirasiyah
b-      Wa at-tahdlir

Ceramah, diskusi dan Tanya jawab.


II




Mahasiswa memahami dan mempraktekan metode pembelajaran Maharah al- Istima’.

a.      Mahasiswa dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah al- Istima’.
b.      Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pembelajaran Maharah al-Istima’.

a-    Definisi Maharat Istima’,Pentingnya Maharat Istima’ Macam-macam Maharat Istima’ Syarat-syarat Istima’ yang bagus
b-   Pengajaran Istima’, Tujuan-tujuan Pengajaran Istima’, Langkah-langkah Pengajaran Istima’
c-    Tathbiq Tadris al-Istima’
a-       presentasi dilanjutkan diskusi
b-      Tanya jawab
c-       praktek mengajar
- Al-khauli, Muhammad Ali. 1986. Asalibul Tadris al-lughah al-Arabiyah ton’ah tsaniyah.
Abdul Hamid, Uril Bahruddin & Bisri Mustofa.2008. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media, UIN- Malang Press.
III
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Maharah al-Kalam dan cara mengajarkannya
a.         Mahasiswa dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
b.        Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
a-       Pengertian Maharah al-Kalam, Macam-macamnya, Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
b.      Pengajaran Maharah al-Kalam. Saran-saran untuk pengajaran Maharah al-Kalam
c.      Tathbiq tadris maharah al-Kalam
a-  presentasi dilanjutkan diskusi
b- Tanya jawab
c-  Praktek mengajar
Fuad, Ahmad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa arab, Malang: Misykat, 2005
IV
Mahasiswa memahami Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah dan cara mengajarkannya
a.         Mahasiswa dapat menjelaskan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
b.        Mahasiswa mampu mempraktekkan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
d.      Pengertian Maharah al-Qira’ah, Macam-macamnya, Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
e.      Pengajaran Maharah al-Qira’ah.
a-   Tathbiq tadris Maharah al-Qira’ah.
a- Presentasi dilanjutkan diskusi
b-   Tanya jawab
c-    praktek mengajar

V





Mahasiswa memahami metode pengajaran Maharah al-Kitabah
dan cara mengajarkannya
a-       Mahasiswa dapat menjelas metode pengajaran Maharah al-Kitabah
b-      Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pengajaran Maharah al-Kitabah

a-    Pengertian Maharah al-Kitabah, Macam-macamnya, Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya.
b-   Pengajaran Maharah al-Kitabah.
c-    Tathbiq tadris Maharah al-Kitabah.
d-      Presentasi dilanjutkan diskusi
e-       Tanya jawab
f-       praktek mengajar

VI


Mahasiswa memahami metode pengajaran Kosa kata (Mufradat) dan cara mengajarkannya
a.  Mahasiswa dapat menjelas kan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b. Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)

a-   Pentingnya pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b-  Dasar-dasar pemilihan Kosa kata (Mufradat)
c-   Saran-saran dalam pengajaran Kosa kata (Mufradat)
d-     Tathbiqu Tadris al-Mufradat
e-       presentasi dilanjutkan diskusi
f-       Tanya jawab
g-      praktek mengajar

VII
Mahasiswa memahami metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id  serta  cara mengajarkannya
a.  Mahasiswa dapat menjelaskan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id 
b. Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id 

a-    Karakter Nahwu/Tarakib/Qawa’id .
b-   Tujuan pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id .
c-    Saran-saran dalam pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id 
d-   Tathbiq Tadris an-Nahwi.
e-       presentasi dilanjutkan diskusi
f-       Tanya jawab
g-      praktek mengajar

IX
Mahasiswa memahami metode Pengajaran Adab/Balaghah serta  cara mengajarkannya
a.        Mahasiswa dapat menjelaskan metode Pengajaran Adab/Balaghah
b.       Mahasiswa mampu mempraktekkan metode Pengajaran Adab/Balaghah

a-    Istilah – Istilah dalam Adab/Balaghah.
b-   Tujuan Pengajaran Adab/Balaghah
c-    Tingkatan-tingkatan Pengajaran Adab/Balaghah
d-   Metode Pengajaran Adab/Balaghah
e-  Tathbiq Tadris al-Adab
f-       presentasi dilanjutkan diskusi
g-      Tanya jawab
h-      praktek mengajar

X
Mahasiswa memahami metode Pengajaran Aswat serta  cara mengajarkannya
a-       Mahasiswa dapat menjelaskan metode Pengajaran Aswat
b-      Mahasiswa mampu mempraktekkan metode Pengajaran Aswat
a-   Pentingnya Pengajaran Aswat.
b-  Tingkatan Pengajaran Aswat
c-   Saran-saran Pengajaran Aswat
d-  Tathbiq Tadris al-Aswat
i-        presentasi dilanjutkan diskusi
j-        Tanya jawab
k-      praktek mengajar





Komposisi Penilaian           :


Aspek Penilaian
Prosentase
Ujian Akhir Semester
20 %
Ujian Tengah Semester
15 %
Tugas
20 %
kehadiran /Keaktifan
15 %
Praktek
30 %
Total
100 %








Kriteria Penilaian
1-      Tes; esai, menganalisa

Paper/malakah :

1-      Jmlh halaman
2-     Bentuk tulisan
3-     Organisasi tulisan
4-     Bahasa referensi
5-     Dll
Praktik:
Partisipasi
Kapan diserahkan

Daftar Referensi      

1.      Annaqah, Mahmud Kamil, Thuaimah, Rusydi Ahmad. 2003. Thoroiq Tadris al-lughah al-Arabiyah Lighairi al-Nathiqiina biha. ISESCO.
2.      Al-khauli, Muhammad Ali. 1986. Asalibul Tadris al-lughah al-Arabiyah.
3.      Abdul Hamid, Uril Bahruddin & Bisri Mustofa.2008. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media, UIN- Malang Press.
4.      Thuaimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta'lim al-Arabiyah Lighairi al-Nathiqiina biha manahijuhu wa asalibuhu. Mesir: ISESCO.
5.      Abdullah. Umar as-Sidiq. 2008. Ta’lim al-lughah al-Arabiyah Li al-Nathiqiina Bighairiha – at Turuq- al-Asalib – al-Wasail. Al-dar al-Alamiyah.
6.      As-Sayid. Mahmud Ahmad. Fi Thoroiq Tadris al-lughah al-Arabiyah. At-Thob’ah as-tsaniyah.
7.      Abu Bakar Muhammad. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Penerbit: Usaha nasional. Surabaya Indonesia.
8.      Radliyah Dkk. Methodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Pustaka Rihlah Group.
9.      As-Sufi. Abdul latif. Fannul kitabah-Anwa’uha-maharatuha-usulu ta’limiha lin-nasyiin. (6-16) sanah.
                             


Disusun oleh :
Diperiksa oleh :
Disahkan oleh :
Dosen Pengampu





Penanggungjawab Keilmuan




Kepala Jurusan/
Program Studi




Dekan















0 Response to "SAP MPBA II 2015"

Post a Comment