MAKALAH TENTANG DIET




BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Diet merupakan kegiatan yang sedang menjadi tren, terutama bagi yang memiliki kelebihan berat badan. Banyak yang menganggap diet itu adalah memangkas waktu makan atau bahkan tidak makan sama sekali agar berat badan cepat turun. Ini adalah anggapan yang sama sekali tidak benar, diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan dan memilah jenis makanan sehat yang seharusnya dikonsumsi untuk menunjang penurunan berat badan.


Pengaturan pola makan adalah hal terpenting dalam menjalankan diet. Keseimbangan antara kebutuhan nutrisi dan jumlah energi yang dibakar dalam tubuh harus seimbang sehingga akan menghasilkan berat badan yang ideal pula. Kebiasaan hidup sehat terutama berolahraga juga sangat menunjang keberhasilan diet. Diet yang dilakukan hanya dengan mengurangi jumlah makan atau bahkan tidak makan sama sekali, jika tidak diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat dan pola makan yang benar, hanya akan memberikan gangguan kesehatan pada tubuh.
Oleh karena itu penulis mengangkat tema ini karena manganggap bahwa masih banyak orang yang belum memahami bagaimana diet yang benar. Semoga membantu.

B. Rumusan Masalah
Apakah golongan darah bisa mempengaruhi cara diet?

C. Tujuan
Untuk mengetahui cara diet berdasarkan golongan darah



















BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Diet
Diet memiliki arti sebagai pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi atau diperolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang diderita, kesehatan atau penurunan berat badan.[1]
Oleh karena itu Diet dapat di defenisikan sebagai usaha seseorang dalam mengatur pola makan dan mengurangi makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun tahukah kamu jika setiap golongan darah rentan terhadap kandungan makanan tertentu?

1.      Fungsi diet
Tubuh itu seperti mesin, tidak pernah berhenti bekerja. Setiap langkah produktivitas di tunjang oleh sistem kerja berbagai organ yang ada didalam tubuh. Tubuh kita juga membutuhkan bahan bakar seperti layaknya mesin, yaitu makanan yang kita konsumsi setiap hari sehingga makanan itu haruslah sesuai dengan jumlah aktifitas kita setiap hari.
Sedangkan lemak memang dibutuhkan oleh tubuh untuk sumber tenaga tetapi dalam jumlah yang tepat seperti halnya protein, karbohidrat, dan mineral. Pasalnya, aktifitas dan elemen nutrisi yang cukup akan menghasilkan produktivitas yang tinggi dan menunjang kesehatan.
Namun yang terjadi sekarang ini, alih-alih mau mengasup makanan bervariasi, yang ada malah sembarang makan tanpa melihat nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hal tersebut bisa menjadi pemicu untuk timbulnya berbagai penyakit. Sebut saja seperti obesitas, tekanan darah tinggi, hiperkolesterolemania, diabetes, dan penyakit jantung koroner (PJK). Itulah sebab kenapa kita harus mengatur pola makan agar tubuh mendapatkan apa yang baik dan dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu, lakukan diet yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda dan juga tujuan semula.

2.      Manfaat Diet
Adapun manfaat-manfaat dari diet tersebut : 
a.       Diet dapat menurunkan dan menaikkan berat badan, banyak orang yang salah pengertian akan diet. banyak yang mengganggap diet hanyalah program untuk menurunkan berat badan, namun nyatanya diet dapat di lakukan untuk menaikkan berat badan hingga mendapatkan berat badan yang ideal .
b.      Diet dapat meningkatkan metabolisme Tubuh 
c.       Diet berguna untuk menyeimbangkan pola makan sehari – hari 
d.      Diet dapat mengguatkan tulang. Seringnya kegemaran orang dalam mengkonsumsi daging tanpa menyeimbangkannya dengan buah dan sayuran mengakibatkan kadar protein berlebihan yang dapat mengganggu ginjal, akibatnya penyerapan kalsium terganggu dan memaksa tubuh mengambil kalsium dari tulang. Namun saat seseorang melakukan diet, hal ini tidak terjadi. 
e.       Memperlancar pencernaan. Pada saat melakukan diet, karbohidrat kompleks dalam tubuh seseorang dicerna secara berangsur-angsur dan teratur sehingga menyediakan sumber glukosa tetap. Inilah yang akhirnya memperlancar pencernaan seseorang.
f.       Diet dapat menyehatkan kulit  saat seseorang melakukan diet yang mana lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan , membuat banyaknya vitamin alami yang masuk ketubuh . Itulah yang akhirnya membuat kulit menjadi sehat . Bahkan pada beberapa buah yang kulitnya dapat di konsumsi dapat membuat kulit tampah lebih cerah . 
g.      Diet dapat melindungi gigi Pada pelaku diet seringnya gigi mengunyah padi-padian dan sayur-sayuran daripada memotong daging membuat gigi lebih terlindungi . Dan air liur pada manusia yang mengandung 
h.      Diet dapat mencegah berbagai penyakit  Karena pola makan yang teratur dan memenuhi asupan gizi yang baik diet dapat mencegah

3.      Ciri-ciri tubuh ketika salah melakukan diet
a.       Kesehatan rambut – rambut rontok, lepek, berminyak, atau kering setelah memulai diet menandakan diet Anda salah. Bisa jadi Anda telah melupakan nutrisi-nutrisi penting untuk rambut juga tubuh seperti vitamin A, D, E, zat besi atau mineral lainnya.
b.      Kesehatan kulit – sehatnya tubuh dalam akan terlihat dari kulit. Gatal, kering, atau berbintik mungkin efek dari kurang minum dan kurang minyak.
c.       Kuku dan gigi rusak – Anda kekurangan kalsium dan zinc jika kuku dan gigi Anda rusak. Karena kalsium dipecah menjadi enamel yang berfungsi melindungi gigi. Sedangkan zinc berfungsi menjaga kepadatan tulang.
d.      Masalah penglihatan – kualitas penglihatan Anda yang menurun disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin A. Mungkin Anda menghindari wortel untuk diet rendah karbohidrat. Padahal vitamin A dan beta karotin banyak terdapat pada wortel.
e.       Mual, pusing, dan berkunang-kunang – meskipun sedang berdiet, tubuh tetap memerlukan energi. Dan energi didapat dari hasil pembakaran kalori. Anda akan merasa pusing dan berkunang- kunang karena otak tidak mendapat suntikan energi.

4.      Efek samping diet yang salah
a.       Membahayakan Organ Hati
Berdasarkan Journal Physiology of Gastrointestinal and Liver Physiology, seringnya berat badan seseorang mengalami naik dan turun ternyata juga berpengaruh negatif pada organ hati. Berat badan yang tidak stabil dapat meningkatkan kandungan lemak pada hati. Hal tersebut dapat membawa seseorang kepada risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit-penyakit degeneratif yang berhubungan dengan organ hati.
b.      Kerontokan Rambut
Diet yang buruk dapat menyebabkan ketidak seimbangan nutrisi yang malah membuat tubuh anda tidak sehat. Salah satu tandanya adalah terjadinya kerontokan rambut yang berlebihan.
c.       Kerusakan pada organ lambung
Seringnya seseorang bergonta – ganti pola diet karena kurangnya pengetahuan tentang pola diet itu sendiri dapat menimbulkan penyakit pada lambung seperti maag dan asam lambung tinggi.
d.      Mengurangi daya otak (daya kognisi)
Diet yang buruk dan tidak memperhatikan nutrisi dapat mengurangi daya kecerdasan otak karena suplai energy tubuh yang berkurang.
e.       Mengurangi kepadatan tulang
Setiap kali berat Anda turun, Anda juga kehilangan kepadatan tulang. Menyebabkan Anda rentan terhadap patah tulang.Satu episode penurunan berat badan yang tiba-tiba dilanjutkan dengan kenaikan berat badan yang cepat dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya penyakit pada tulang seperti osteoporosis.


B. Diet Berdasarkan Golongan Darah
Menurut seorang ahli Naturopati dari Amerika Serikat bernama Peter J. D’Adamo, semua makanan mengandung protein lektin yang memiliki peran berbeda bagi sel darah. Penemu diet berdasarkan golongan darah itu juga menyebutkan bahwa secara genetik setiap sel darah dapat menerima ataupun menolak protein lektin.[2]
Diet golongan darah atau biasa disebut dengan blood type diet memang bertujuan membentuk pola hidup sehat bagi semua umur sesuai golongan darah masing-masing.
1.      Diet Golongan Darah O
Golongan darah O di yakini sebagai kelompok hunter ( pemburu ), golongan darah ini merupakan golongan darah yang pertama kali muncul pada manusia berasal 30.000 tahun yang lalu. Pemilik golongan darah ini biasanya cenderung berprestasi tinggi, seorang yang aktif dan terorganisir. Tipe diet untuk golongan darah O adalah protein tinggi dan rendah karbohidrat, D’Adamo merekomendasikan juga olahraga yang cocok untuk golongan darah ini. Yakni olahraga kardio seperti : jogging, bersepeda, berenang atau jalan cepat. Latihan di pagi hari lebih baik daripada malam hari.
Sebaiknya dihindari mengkonsumsi kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt (semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, cumi-cumi, sotong, bunga brokoliuntuk menangkal resiko nyeri sendi, gangguan lambung dan alergi. Sebaiknya ganti dengan protein nabati saja.
2.      Diet Golongan Darah A
Golongan darah A disebut cultivator (penggarap tanah,bercocok tanam), golongan ini berkembang pada zaman pertanian, sekitar 20.000 tahun yang lalu. Orang dengan golongan darah A cenderung sangat kreatif, sangat sensitif, dan pemecah masalah yang baik, D’Adamo merekomendasikan bahwa individu bergolongan darah A yang sedang melakukan diet diharuskan memperbanyak makan sayuran dan menghindari daging merah (Tipe Diet : Rendah lemak dan tinggi karbohidrat), asupan makanan diarahkan lebih ke arah vegetarian. Karena pemilik golongan darah ini kurang aktif dalam berolahraga, maka golongan darah A cenderung lebih cocok melakukan olahraga yang santai selama 30 menit, seperti yoga, berjalan, dan olahraga outdoor.
Sebaiknya dihindari mengkonsumsi Daging (sapi, angsa, kelinci, ayam hutan, kerbau, domba, bebek), lobster, belut, kodok, keju, es krim, susu murni, kelapa / santan, melon, madu, pisang (raja), pepaya, acar, terung, tomat, ubi, gurita, kepiting, kentang, jeruk, udang, cumi- cumi, mentega, susu sapi, pare, air soda.

3.      Diet Golongan Darah B
Golongan darah B, menurut D’Adamo disebut dengan tipe nomad (pengembara), diperkirakan berasal kira kira 10.000 tahun yang lalu. Pemiliknya cenderung sangat praktis, seorang yang tidak suka bertele tele dalam banyak hal. Golongan darah ini mempunyai sistem kekebalan yang kuat dan sistem pencernaan yang fleksibel, menurut teorinya, orang dengan golongan darah B adalah satu satunya orang yang bisa berkembang dengan baik dengan produk susu (Tipe diet Susu & produk olahan susu). Olahraga yang cocok untuk diet golongan darah B adalah latihan moderat, yang menggunakan tubuh dan otak. Olahraga seperti balet, menari dapat dilakukan untuk menunjang diet golongan darah B.
Disarankan menghindari daging bebek, ayam, angsa, belibis, kuda, keong, kepiting, siput, kacang tanah, roti gandum, tomat, waluh, jagung, air soda, avokad, pare, delima, kelapa / santan, kesemek, belimbing, belut, kodok, gurita, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), pir juga makanan yang berbahan terigu untuk mengurangi penggumpalan darah dan menghindari resiko serangan jantung dan stroke.

4.      Diet Golongan Darah AB
Golongan darah AB, menurut D’Adamo disebut sebagai the enigma (teka-teki, misterius) karena merupakan jenis golongan darah yang terakhir berevolusi, berasal kira kira 1.000 tahun yang lalu. Orang dengan golongan darah AB memiliki sifat cerdik dan kreatif, memiliki pemikiran yang baik untuk bisnis, dan mudah bergaul dengan orang. Dalam hal kebutuhan makanan, gologan darah AB diperlakukan sebagai golongan darah yang yang merupakan perantara antara golongan darah A dan B. (Tipe Diet : Menyesuaikan dengan berbagai jenis makanan), olahraga yang cocok untuk diet golongan darah AB ini adalah yoga atau pilates sekali dalam seminggu, Jogging ringan dapat pula dilakukan dengan intensitas yang lebih sering.
Disarankan lebih baik untuk menghindari daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa kuda), lobster, kepiting, kodok, mentega, acar, jagung, belimbing, delima, minuman beralkohol, saus tomat, kopi, soda, jambu biji, mangga, kacang hitam, Es krim, telor bebek, pare, pisang, kelapa karena golongan darah ini rentan  terhadap serangan penyakit saluran pernafasan, telinga dan sinus.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat ditarik simpulan sebagai berikut :
A.    Diet yang salah dapat menimbulkan berbagai macam gangguan pada organ tubuh
B.     Diet yang tidak didasari dengan pengetahuan dan keyakinan akan keberhasilan tersebut akan berdampak pada tidak maksimalnya program diet tersebut
C.     Diet yang sehat dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan makan makanan yang bergizi serta dengan dibarengi oleh kegiatan fisik seperti olahraga agar mencapai hasil yang maksimal

SARAN
Kepada Pembaca yang Melakukan Program Diet :
A.    Diharapkan untuk melakukan program diet yang telah dipilih secara sungguh –sungguh  agar mendapatkan hasil yang maksimal.
B.     Diharapkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi apabila terdapat gangguan pada tubuh ketika melakukan diet.
Kepada Pembaca yang Ingin Melakukan Program Diet :
A.    Diharapkan untuk lebih bijak dalam memilih program diet agar tidak berhenti     ditengah jalan karena salah memilih program diet.
B.     Diharapkan untuk mencari informasi yang sejelas-jelasnya sebelum melakukan diet.












DAFTAR PUSTAKA
2009. Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).
Diakses pada : 23 Desember 2016, pukul 21 : 57


[1] Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga (2009)
[2] http://hijupblog.tumblr.com/post/43068351001/diet-berdasarkan-golongan-darah

0 Response to "MAKALAH TENTANG DIET"

Post a Comment