PROPOSAL
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
TEMATIK
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
PATI
2016
LEMBAR PENGESAHAN
Dengan
ini, kami mengajukan Proposal Kuliah Kerja Nyata
1.
|
Nama Kegiatan
|
:
|
KKN Tematik 2016
Desa Gembong Kec. Gembong Kab. Pati
|
2.
|
Waktu Pelaksanaan
|
:
|
1 Agustus-17 September 2016
|
3.
|
Lokasi Kegiatan
|
:
|
Desa Gembong Kec. Gembong Kab. Pati
|
4.
|
Jumlah Biaya
|
:
|
Rp.7.219.500,
|
5.
|
Sumber Biaya
|
:
|
Subsidi dan bantuan terkait
|
6.
|
Koordinator Desa
|
:
|
|
7.
|
Anggota
|
:
|
Pati, 18
Agustus 2016
Koordinator
Desa Gembong Sekretaris
Mengetahui
:
Kepala
Desa Gembong
Nur Kholis, SE
A.
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Pendidikan pada dasarnya merupakan
proses pendewasaan dan kemandirian manusia secara sistematis agar siap
menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Menjalani kehidupan secara
bertanggung jawab berarti berani mananggung segala konsekuensi yang ditimbulkan.
Peningkatan dan
pengembangan yang terangkum dalam Tri Dharma perguruan tinggi adalah pendidikan
dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga Dharma itu
dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis dan terpadu dengan harapan
kelak para lulusan ( )
Pati dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan memadai dalam bidangnya
masing-masing, mampu melakukan penelitian dan bersedia mengabdikan diri demi
kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.
Untuk
mempraktekkan ilmu dan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas
akademika, maka diperlukan media yang mendukung. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
merupakan sebuah media yang efektif dan edukatif karena berfungsi sebagai
wahana penerapan diluar kampus dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan
tertentu. Oleh karena itu KKN Pati diarahkan untuk menjamin keterkaitan
antara dunia akademik teoritik dan dunia empirik praktis, yang mana akan terjadi
interaksi sinergis, saling menerima dan member, saling asah, asih dan asuh
antara mahasiswa dengan masyarakat.
1.2.PENGERTIAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
Kuliah Kerja
Nyata adalah bentuk kegiatan intrakulikuler yang memadukan pelaksanaan Tri
Dharma perguruan tinggi ( pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada
masyarakat ) dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk
hidup ditengah-tengah masyarakat diluar kampus, dengan cara langsung
mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi.
Pendekatan yang digunakan dalam Kuliah Kerja Nyata adalah pendekatan
interdisipliner dan lintas sektoral dimana kegiatan dan pengelolaan KKN dapat
menjamin diperolehnya pengalaman belajar melakukan kegiatan pembangunan
masyarakat secara konkret yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat dimana
mereka ditempatkan.
1.3.DASAR PELAKSANAAN KKN
Adapun dasar pelaksanaan KKN Tematik adalah
sebagi berikut:
a. Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi
b. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang
Standar Nasional Pendidikan Tinggi
c. Statuta ( )
1.4.TUJUAN PELAKSANAAN KKN
KKN adalah
program intrakulikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada
mahasiswa. Namun demikian, karena pelaksanaanya mengambil lokasi di pedesaan
dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka realisasi pelaksanaanya dilapangan
harus sekaligus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan.
Berkaitan
dengan masalah tersebut, arah kegiatan KKN adalah:
1. Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif
pembangunan daerah pedesaan yang sangat komplek dan member kesempatan kepada
setiap mahasiswa untuk belajar mengatasi berbagai permasalahan yang ada ditengah-tengah
masyarakat secara pragmatis dengan pendekatan interdisipliner melalui
pendekatan teori dan praktek.
2. Mendekatkan ( ) Pati pada masyarakat untuk penyesuaian
dengan tuntutan pemberdayaan, pembangunan dan kebutuhan masyarakat.
3. Membantu pemerintah dalam mempercepat proses
akselerasi pembangunan, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat di daerah
tertinggal dan mempersiapkan kader-kader pembangunan guna meningkatkan
kesejahteraan masyarakat.
4. Mengembangakan kerjasama antardisiplin ilmu dan antar
lembaga.
Dengan
demikian, melalui KKN diharapkan terjadinya keterkaitan dan saling
ketergantungan yang lebih erat baik secara fisik maupun emosional antara ( )
Pati sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan
masyarakat sebagai Stakeholders.
1.5.SASARAN KKN
Pada dasarnya
Kuliah Kerja Nyata ( ) Pati diarahkan pada tiga sasaran yaitu:
1. Mahasiswa
a. Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa
tentang cara berfikir dan berkerja secara interdisipliner dan lintas sektoral.
b. Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa
tentang kemanfaatan ilmu, teknologi dan seni yang dipelajari bagi pemberdayaan
dan pembangunan masyarakat.
c. Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa
terhadap kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan
pembangunan.
d. Melatih mahasiswa sebagai innovator, motivator,
dinamisator dan problem solving.
e. Melalui pengalaman bekerja secara langsung dan nyata
akan lebih menumbuhkan sifat profesionalisme dan kepedulian social dalam diri
mahasiswa.
2. Masyarakat dan Pemerintah Daerah
a. Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga, baik secara
ilmu, teknologi dan seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
b. Memperoleh pengalaman dalam menggali serta menumbuhkan
potensi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam
pembangunan.
c. Kelompok masyarakat tentu dengan jalinan kerjasama
yang baik antara perguruan tinggi pelaksanaan dengan lembaga, pengusaha atau
perkumpulan yang dapat mensinergikan dan memperdayakan kemampuan masing-masing
untuk kepentingan bersama.
3. Perguruan Tinggi
a. Memperoleh umpan balik dari hasil intergrasi mahasiswa
dengan masyarakat sehingga kurikulum materi perkuliahan dan pengembangan ilmu
yang diasuh perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan perkembangan
pembangunan.
b. Kemanfaatan ilmu yang dikembangkan diperguruan tinggi
semakin nyata dalam upaya pemberdayaan masyarakat.
c. Meningkatkan, memperluas dan mempererat kerjasama
dengan instansi serta departemen lain melalui rintisan kerjasama dari mahasiswa
yang melaksanakan kuliah kerja nyata.
1.6.KKN TEMATIK
Lembaga
Pengabdian Kepada Masyarakat ( ) Pati melalui pusat KKN memberikan kepada
mahasiswa program KKN Tematik.
·
KKN Tematik
KKN Tematik
dilakukan dalam jangka waktu dan mekanisme tertentu,serta program program di
susun secara berkisanambungan dari tahun ke tahun dengan pengembangan model-model
yang difokuskan pada permasalahan yang menonjol di suatu daerah atau lokasi
tertentu.
Dalam KKN
Tematik terdapat empat (4) pilar yang dapat digunakan
dalam kegiatan KKN. Empat pilar tersebur yaitu:
1. Lingkungan Hidup
2. Ekonomi Micro
3. Pendidikan
4. Kesehatan
Adapun pola
kegiatan yang direncanakan bisa berbentuk sebagai berikut:
a. Program di susun atas dasar hasil observasi yang di
lakukan oleh mahasiswa pada saat sebelum penerjunan KKN.
b. Program disusun atas dasar hasil masukan pemerintah
daerah setempat.
Waktu pelaksaan
KKN Tematik yaitu pada tanggal 1 agustus- 17 September 2016 bertempat di desa Gembong Kecamatan Gembong
Kabupaten Pati. Jumlah anggota KKN Tematik di desa Gembong berjumlah 8 anggota.
B. PROFIL LOKASI KKN
2.1. DEMOGRAFI DESA GEMBONG
Luas dan Presentase Wilayah Desa Gembong Menurut Lahan Pertanian dan Lahan
Bukan Pertanian Di Kecamatan Gembong Tahun 2013, Desa Gembong memiliki Tanah
seluas 1148 Ha.Desa Gembong Kecamatan Gembong memiliki Dukuh sebanyak 8, Rukun
Warga sebanyak 15 dan Rukun Tetangga sebanyak 60. Jumlah penduduk menurut jenis
kelamin dan Sexratio di desa Gembong yaitu jenis kelamin Laki-laki 4970, jenis
kelamin perempuan 4910. jika dijumlahkan antara jenis kelamin laki-laki dan
perempuan berjumlah 9880.
2.2. POTENSI EKONOMI DESA
Perekonomian desa Gembong
terbilang cukup mapan, ini dilihat dari beberapa hasil panen yang bagus dari
pertanian, dan masyarakat desa Gembong juga ada yang bekerja sebagai perantauan
(merantau)
Pertanian: Padi, Mangga, Rambutan
Merantau : buruh pabrik
Peternakan: sapi, kambing,
ayam
Kewirausahaan: mebel, bengkel
motor.
Home Indusrti: madu, roti
2.3. POTENSI PENDIDIKAN
Ditinjau dari segi pendidikan masyarakat desa Gembong terbilang cukup baik
dilihat dari hasil survei peserta KKN yang dilakukan secara langsung interaktif
dengan kepala desa setempat dan memperoleh data sebagai berikut :
Di desa Gembong
terdapat 9 masjid, 46 musholla, 1 Gereja, 2 Paud, 5 TK, 7 SD/MI, 3 SMP/MTS, 2 Aliyah dan 3 Pondok
Pesantren.
2.4. POTENSI
KESEHATAN
Kesehatan di
desa Gembong terbilang sudah aktif dilihat dari keberadaan 1 Puskesdes dan 9 Posyandu
dan polindes.
2.5. POTENSI
LINGKUNGAN
Lingkungan di desa ini sudah terbilang asri dan cukup nyaman akan tetapi
penduduk desa Gembong masih banyak warga yang membuang sampah di jembatan dan saluran
air, khususnya di dukuh sentul dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan tidak adanya
tempat atau bak sampah dan pemahaman mengenai pengelolaan sampah yang kurang.
C. RENCANA PROGAM
Melalui teknik
observasi dan pendataan langsung dilapangan, dan setelah mengidentifikasi
permasalahan di desa, maka kami menyiapkan beberapa rencana kegiatan sesuai
dengan program posdaya yang dicanangkan oleh Pati.
Memahami tugas
mahasiswa KKN sebagai motivator fasilitator, maka setelah melalui identifikasi
yang tepat sesuai dengan kemampuan intelektual dan pendanaan maka program yang
dapat dilaksanakan dibagi menjadi 4 pilar sesuai
dengan tema KKN 2016.
3.1.PENDIDIKAN
Ø Manajemen
Administrasi TPQ
Ø Pelatihan
Parenting AUD
Ø Pembelajaran Buta
Aksara
3.2.
EKONOMI MICRO
Ø Pembuatan Sarung
Hp dari kain kaca
3.3. KESEHATAN
Ø Pemberdayaan dan
pengkaderan posyandu
Ø Jalan Sehat
Ø Donor darah
3.4. LINGKUNGAN HIDUP
Ø Bank Sampah non
organik
Ø Biopori
Ø Bersih Desa
D.
RENCANA ANGGARAN PROGRAM
Anggran
pelaksanaan KKN Tematik sebesar Rp.7.219.500,- (Tujuh Juta Dua Ratus
Sembilan Belas Ribu Lima Ratus), adapun perinciannya sebagaimana pada lampiran.
E.
PENUTUP
Keberhasilan program kerja Kuliah Kerja
Nyata (KKN) TEMATIK ini tidak hanya bergantung pada tim Kuliah Kerja Nyata
(KKN) TEMATIK semata namun sangat bergantung pada kerjasama semua pihak yang
terkait. Oleh karena itu bantuan dan
dukungan baik moral maupun material sangat kami harapkan.
0 Response to "CONTOH PROPOSAL KKN"
Post a Comment