SILABUS MPBA II







SILABI METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA ARAB II


A. IDENTITAS
    Kode  
:
0921115
Mata Kuliah
:
Metodologi Pengajaran Bahasa Arab II
    Komponen
:
MKK
Jurusan/Prodi
:
Pendidikan Bahasa Arab
    Bobot
:
2 SKS
Semester
:   6
    Program
:
S1
Pengampu
:




B. Unsur-unsur Silabus        :
Standar Kompetensi    : Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan dalam bidang pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa arab yang fokus pada pembelajaran materi istima’, kalam, qiraah, kitabah, Aswat, Mufradat, struktur, dan balaghah.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Strategi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1-   Mahasiswa memahami sistem perkuliahan

a.       Mahasiswa mampu menjelaskan perkuliahan satu semester
b.      Mampu menyepakati dan menyesuaian dengan kontrak yang disepakati bersama

Al khuttoh ad-dirasiyah wa at-tahdlir

Ceramah dan diskusi

100

Mahasiswa memahami dan mempraktekan metode pembelajaran Maharah al- Istima’.
a.      Mahasiswa dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah al- Istima’.
b.      Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pembelajaran Maharah al-Istima’.
a-    Definisi Maharat Istima’,Pentingnya Maharat Istima’ Macam-macam Maharat Istima’ Syarat-syarat Istima’ yang bagus
b-   Pengajaran Istima’, Tujuan-tujuan Pengajaran Istima’, Langkah-langkah Pengajaran Istima’ Tathbiq Tadris al-Istima’
a-       presentasi dilanjutkan diskusi
b-      Tanya jawab
c-       praktek mengajar
200   
- Al-khauli, Muhammad Ali. 1986. Asalibul Tadris al-lughah al-Arabiyah ton’ah tsaniyah.
-Abdul Hamid, Uril Bahruddin & Bisri Mustofa.2008. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media, UIN- Malang Press.
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Maharah al-Kalam dan cara mengajarkannya
a.         Mahasiswa dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
b.        Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
b.      Pengertian Maharah al-Kalam, Macam-macamnya, Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
c.       Pengajaran Maharah al-Kalam. Saran-saran untuk pengajaran Maharah al-Kalam
d.       Tathbiq tadris maharah al-Kalam
presentasi dilanjutkan diskusi
Tanya jawab
Praktek mengajar
200 ‘
Fuad, Ahmad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa arab, Malang: Misykat, 2005
Mahasiswa memahami Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah dan cara mengajarkannya
a.         Mahasiswa dapat menjelaskan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
b.        Mahasiswa mampu mempraktekkan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
e.       Pengertian Maharah al-Qira’ah, Macam-macamnya, Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
f.        Pengajaran Maharah al-Qira’ah.
a-   Tathbiq tadris Maharah al-Qira’ah.
Presentasi ilanjutkan diskusi
Tanya jawab
praktek mengajar
200 ‘
Abdullah. Umar as-Sidiq. 2008. Ta’lim al-lughah al-Arabiyah Li al-Nathiqiina Bighairiha – at Turuq- al-Asalib – al-Wasail. Al-dar al-Alamiyah.






Mahasiswa memahami metode pengajaran Maharah al-Kitabah
dan cara mengajarkannya
a-       Mahasiswa dapat menjelas metode pengajaran Maharah al-Kitabah
b-      Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pengajaran Maharah al-Kitabah

Pengertian Maharah al-Kitabah, Macam-macamnya, Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya.
Pengajaran Maharah al-Kitabah.
Tathbiq tadris Maharah al-Kitabah.
Presentasi dilanjutkan diskusi
Tanya jawab
praktek mengajar
200   
- Abdul, M. Hamid, pembelajaran Bahasa Arab; pendekatan, metode, strategi, materi dan Media, malang: sukses  offset,2008
- Thuaimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta'lim al-Arabiyah Lighairi al-Nathiqiina biha manahijuhu wa asalibuhu. Mesir: ISESCO.


Mahasiswa memahami metode pengajaran Kosa kata (Mufradat) dan cara mengajarkannya
a.  Mahasiswa dapat menjelas kan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b. Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)

a-   Pentingnya pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b-  Dasar-dasar pemilihan Kosa kata (Mufradat)
c-   Saran-saran dalam pengajaran Kosa kata (Mufradat)
d-    Tathbiqu Tadris al-Mufradat
e-       presentasi dilanjutkan diskusi
f-       Tanya jawab
g-      praktek mengajar
200 ‘
-Annaqah, Mahmud Kamil, Thuaimah, Rusydi Ahmad. 2003. Thoroiq Tadris al-lughah al-Arabiyah Lighairi al-Nathiqiina biha. ISESCO.
-Al usaily, Abdul Aziz Ibrahim  thoroiq tadris allughah al arabiyah linnatiqina bi lughot ukhra” 2002.
Mahasiswa memahami metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id  serta  cara mengajarkannya
a.  Mahasiswa dapat menjelaskan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id 
b. Mahasiswa mampu mempraktekkan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id 

a-   Karakter Nahwu/Tarakib/Qawa’id .
b-  Tujuan pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id .
c-   Saran-saran dalam pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id 
d-  Tathbiq Tadris an-Nahwi.
e-       presentasi dilanjutkan diskusi
f-       Tanya jawab
g-      praktek mengajar
200 ‘

Mahasiswa memahami metode Pengajaran Aswat serta  cara mengajarkannya
a-       Mahasiswa dapat menjelaskan metode Pengajaran Aswat
b-      Mahasiswa mampu mempraktekkan metode Pengajaran Aswat
a-   Pentingnya Pengajaran Aswat.
b-  Tingkatan Pengajaran Aswat
c-   Saran-saran Pengajaran Aswat
d-  Tathbiq Tadris al-Aswat
a-       presentasi dilanjutkan diskusi
b-      Tanya jawab
c-       praktek mengajar


Mahasiswa memahami metode Pengajaran Adab/Balaghah serta  cara mengajarkannya
a.        Mahasiswa dapat menjelaskan metode Pengajaran Adab/Balaghah
b.       Mahasiswa mampu mempraktekkan metode Pengajaran Adab/Balaghah
d-  Istilah – Istilah dalam Adab/Balaghah.
e-   Tujuan Pengajaran Adab/Balaghah
f-    Tingkatan-tingkatan Pengajaran Adab/Balaghah
g-   Metode Pengajaran Adab/Balaghah
h-Tathbiq Tadris al-Adab
i-        presentasi dilanjutkan diskusi
j-        Tanya jawab
k-      praktek mengajar
200 ‘


0 Response to "SILABUS MPBA II"

Post a Comment