SILABI METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA ARAB II
A. IDENTITAS
Kode
|
:
|
0921115
|
Mata Kuliah
|
:
|
Metodologi Pengajaran Bahasa Arab II
|
Komponen
|
:
|
MKK
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
Pendidikan Bahasa
Arab
|
Bobot
|
:
|
2 SKS
|
Semester
|
: 6
|
|
Program
|
:
|
S1
|
Pengampu
|
:
|
B. Unsur-unsur Silabus :
Standar Kompetensi : Mahasiswa
diharapkan mampu menerapkan dalam bidang pembelajaran, khususnya yang berkaitan
dengan pembelajaran bahasa arab yang fokus pada pembelajaran materi istima’, kalam, qiraah, kitabah, Aswat, Mufradat, struktur, dan balaghah.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Strategi
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1- Mahasiswa memahami sistem perkuliahan
|
a. Mahasiswa mampu menjelaskan
perkuliahan satu semester
b. Mampu menyepakati dan menyesuaian
dengan kontrak yang disepakati bersama
|
Al khuttoh ad-dirasiyah wa at-tahdlir
|
Ceramah dan diskusi
|
100
|
|
Mahasiswa memahami dan
mempraktekan metode pembelajaran Maharah al- Istima’.
|
a.
Mahasiswa dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah
al- Istima’.
b. Mahasiswa mampu
mempraktekkan metode pembelajaran Maharah al-Istima’.
|
a- Definisi
Maharat Istima’,Pentingnya Maharat Istima’ Macam-macam Maharat Istima’ Syarat-syarat
Istima’ yang bagus
b- Pengajaran
Istima’, Tujuan-tujuan Pengajaran Istima’, Langkah-langkah Pengajaran Istima’
Tathbiq Tadris al-Istima’
|
a-
presentasi
dilanjutkan diskusi
b-
Tanya
jawab
c-
praktek
mengajar
|
200
|
- Al-khauli,
Muhammad Ali. 1986. Asalibul Tadris al-lughah al-Arabiyah ton’ah
tsaniyah.
-Abdul Hamid, Uril Bahruddin
& Bisri Mustofa.2008. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode,
Strategi, Materi dan Media, UIN- Malang Press.
|
Mahasiswa memahami metode pembelajaran Maharah
al-Kalam dan cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pembelajaran Maharah al-Kalam
|
b. Pengertian
Maharah al-Kalam, Macam-macamnya,
Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
c. Pengajaran
Maharah al-Kalam. Saran-saran untuk
pengajaran Maharah al-Kalam
d. Tathbiq tadris maharah al-Kalam
|
presentasi dilanjutkan diskusi
Tanya jawab
Praktek mengajar
|
200 ‘
|
Fuad, Ahmad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa arab,
Malang: Misykat, 2005
|
Mahasiswa memahami Metode pembelajaran Maharah
al-Qira’ah dan
cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan Metode pembelajaran Maharah al-Qira’ah
|
e. Pengertian
Maharah al-Qira’ah, Macam-macamnya,
Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya
f.
Pengajaran Maharah
al-Qira’ah.
a-
Tathbiq
tadris Maharah al-Qira’ah.
|
Presentasi ilanjutkan diskusi
Tanya jawab
praktek mengajar
|
200 ‘
|
Abdullah. Umar as-Sidiq. 2008. Ta’lim
al-lughah al-Arabiyah Li al-Nathiqiina Bighairiha – at Turuq- al-Asalib –
al-Wasail. Al-dar al-Alamiyah.
|
Mahasiswa memahami metode pengajaran Maharah
al-Kitabah
dan cara mengajarkannya
|
a-
Mahasiswa
dapat menjelas metode pengajaran Maharah al-Kitabah
b-
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pengajaran Maharah al-Kitabah
|
Pengertian Maharah
al-Kitabah, Macam-macamnya,
Bidang-bidangnya, Tingkatan-tingkatannya, Langkah-langkahnya.
Pengajaran Maharah
al-Kitabah.
Tathbiq
tadris Maharah al-Kitabah.
|
Presentasi dilanjutkan diskusi
Tanya jawab
praktek mengajar
|
200
|
- Abdul, M. Hamid,
pembelajaran Bahasa Arab; pendekatan, metode, strategi, materi dan Media,
malang: sukses offset,2008
- Thuaimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta'lim al-Arabiyah
Lighairi al-Nathiqiina biha manahijuhu wa asalibuhu. Mesir: ISESCO.
|
Mahasiswa memahami metode pengajaran Kosa
kata (Mufradat) dan cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelas kan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pengajaran Kosa kata (Mufradat)
|
a-
Pentingnya
pengajaran Kosa kata (Mufradat)
b-
Dasar-dasar
pemilihan Kosa kata (Mufradat)
c-
Saran-saran
dalam pengajaran Kosa kata (Mufradat)
d- Tathbiqu Tadris al-Mufradat
|
e-
presentasi
dilanjutkan diskusi
f-
Tanya
jawab
g-
praktek
mengajar
|
200 ‘
|
-Annaqah, Mahmud Kamil, Thuaimah,
Rusydi Ahmad. 2003. Thoroiq Tadris al-lughah al-Arabiyah Lighairi
al-Nathiqiina biha. ISESCO.
-Al usaily, Abdul Aziz Ibrahim “thoroiq tadris allughah al arabiyah
linnatiqina bi lughot ukhra” 2002.
|
Mahasiswa memahami metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id serta
cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
|
a- Karakter Nahwu/Tarakib/Qawa’id .
b- Tujuan pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
.
c- Saran-saran dalam pengajaran Nahwu/Tarakib/Qawa’id
d- Tathbiq
Tadris an-Nahwi.
|
e-
presentasi
dilanjutkan diskusi
f-
Tanya
jawab
g-
praktek
mengajar
|
200 ‘
|
|
Mahasiswa memahami metode Pengajaran Aswat
serta cara mengajarkannya
|
a- Mahasiswa dapat menjelaskan metode Pengajaran
Aswat
b- Mahasiswa mampu mempraktekkan metode
Pengajaran Aswat
|
a- Pentingnya Pengajaran Aswat.
b- Tingkatan Pengajaran Aswat
c- Saran-saran Pengajaran Aswat
d- Tathbiq Tadris al-Aswat
|
a-
presentasi
dilanjutkan diskusi
b-
Tanya
jawab
c-
praktek
mengajar
|
||
Mahasiswa memahami metode Pengajaran Adab/Balaghah
serta cara mengajarkannya
|
a.
Mahasiswa
dapat menjelaskan metode Pengajaran Adab/Balaghah
b.
Mahasiswa
mampu mempraktekkan metode Pengajaran Adab/Balaghah
|
d- Istilah – Istilah dalam Adab/Balaghah.
e- Tujuan Pengajaran Adab/Balaghah
f- Tingkatan-tingkatan Pengajaran Adab/Balaghah
g- Metode Pengajaran Adab/Balaghah
h-Tathbiq Tadris al-Adab
|
i-
presentasi
dilanjutkan diskusi
j-
Tanya
jawab
k-
praktek
mengajar
|
200 ‘
|
0 Response to "SILABUS MPBA II"
Post a Comment