LOGIKA
SAP LOGIKA
A.
IDENTITAS
1.
Nama
Mata Kuliah : ‘Logika
2.
Kode
Mata Kuliah :
3.
Program
Studi : Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
4.
Fakultas
: Tarbiyah
5.
Bobot : 2 sks
6.
Penempatan : Semester II
7.
Alokasi
waktu : 14 X 100 menit (1400 menit)
8.
Dosen pengampu :
B. UNSUR-UNSUR SILABUS :
Standar Kompetensi : Mahasiswa memiliki tentang prinsip dan hukum
berfikir yang benar serta aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab.
Deskripsi mata kuliah : Logika merupakan mata kuliah MKK berbobot
2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan bahasa
Arab. Matakuliha ini akan membekali mahasiswa tentang cabang epistemologi yang
mempelajari tentang ketepatan dalam proses bernalar/berfikir. Secara garis besar pokok kajian matakuliah
ini dipetakan menjadi lima, yaitu hubungan bahasa, berfikir, ide dan konsep, logika
tradisional dan modern, kesalahan dalam berfikir dan kontribusi matakuliah ini
dalam pembelajaran bahasa Arab.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Strategi Pembelajaran
|
Sumber / Rujukan
|
Evaluasi
|
1.
|
Mahasiwa mampu memahami dengan
kerangka materi dan sistem perkuliahan Logika
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Memahami ruang lingkup materi Logika selama satu semester
2.
Memahami strategi pembelajaran logika
3.
Memahami referensi-referensi logika
4.
Beradaptasi dengan aturan main perkuliahan Logika
|
Ta'aruf, soal pretest, Pengantar perkuliahan dan kontrak sistem
perkuliahan Logika
|
Pretes,
ceramah pengantar dan diskusi
|
Soal pretes
dan silabus Dosen pengampu
|
latihan pretes dan keaktifan diskusi
|
2.
|
Mahasiswa
mampu memahami Hakikat Logika
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan definisi logika
2.
Menjelaskan objek kajian logika
3.
Menjelaskan sejarah logika
4.
Menjelasakan macam-macam Logika
5.
Menjelaskan posisi logika dengan ilmu lain
6.
Menerangkan manfaat logika
|
Hakikat
Logika
|
Active
learning dengan diskusi
dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 7-18
· RU
2, hlm. 1-16
· RU
3, hlm. 1-30
· RU
4, hlm. 9-15
· RU
5, hlm. 1-20
· RU
6, hlm. 1-10
· RU
7, hlm. 20-60
· RU
8, hlm. 11-17
· Hand
out dosen pengampu P1
|
Keaktifan diskusi
|
3.
|
Mahasiswa mampu memahami
Dasar-Dasar
Penalaran
|
Mahasiswa dapat:
1.
Menjelaskan hubungan logika dan bahasa
2.
Menjelaskan materi dan bentuk pikiran
3.
Menjelaskan asas-asas pemikiran
4.
Menjelaskan kategori
5.
Menjelaskan Predikabel
6.
Menjelaskan klasifikasi (penggolongan)
|
Dasar-Dasar
Penalaran
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 14-25
· RU
2, hlm. 6-20
· RU
3, hlm. 23-25
· RU
4, hlm. 16-26
· RU
5, hlm. 21-52
· RU
7, hlm. 61-86
· RU
8, hlm. 18-50
· Hand
out dosen pengampu P2
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
4.
|
Mahasiswa mampu menjelaskan klasifikasi
dan Definisi
|
Mahasiswa dapat:
1.
Menjelaskan pengertian konsep dan term
2.
Menjelaskan jenis term
3.
Menjelaskan komprehensi dan ekstensi (konotasi
dan denotatif)
4.
Menjelaskan definisi
5.
Menjelaskkan macam-macam definisi
6.
Menjelasakan cara menyusun definisi
|
Konsep dan
Term Logika serta Definisi
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 19-25
· RU
2, hlm. 21-28
· RU
3, hlm. 31-52
· RU
4, hlm. 23-33
· RU
5, hlm. 21-44
· RU
7, hlm. 87-153
· RU
8, hlm. 50-84
·
Hand out dosen
pengampu P3
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
5.
|
Mahasiswa
mampu memahami Proposisi
|
Mahasiswa dapat:
1.
Menjelaskan pengertian proposisi
2.
Menjelaskan macam-macam proposisi
3.
Menjelaskan proposisi-proposisi kategorik
4.
Menjelaskan distribusi term dalam proposisi
|
Proposisi
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 26-32
· RU
2, hlm. 29-40
· RU
3, hlm. 53-58
· RU
4, hlm. 32-39
· RU
5, hlm. 53-72
· RU
6, hlm. 23-28
· RU
7, hlm. 170-177
· RU
8, hlm. 85-120
· Hand
out dosen pengampu P4
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
6.
|
Mahasiswa
mampu memahami Inferensi Langsung
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian inferensi langsung
2.
Menjelaskan inversi
3.
Menjelaskan konversi
4.
Menjelaskan obversi
5.
Menjelaskan kontraposisi
6.
Menjelaskan oposisi
|
Inferensi
Langsung
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 33-40
· RU
2, hlm. 41-42
· RU
3, hlm. 69-88
· RU
4, hlm. 40-45
· RU
5, hlm. 56-82
· RU
6, hlm. 30-39
· RU
7, hlm. 187-197
· RU
8, hlm. 121-141
·
Hand out dosen
pengampu P5
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
7.
|
Mahasiswa
mampu memahami Silogisme
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian silogisme
2.
Menjelaskan prinsip-prinsip silogisme
3.
Menjelaskan term dalam silogisme
4.
Menjelaskan premis dalam silogisme
|
Silogisme
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 41-51
· RU
2, hlm. 43-48
· RU
3, hlm. 89-100
· RU
4, hlm. 46-51
· RU
5, hlm. 99-128
· RU
6, hlm. 40-59
· RU
7, hlm. 187-227
· RU
8, hlm. 149-159
·
Hand out dosen
pengampu P6
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
8.
|
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
|||||
9.
|
|
5.
Menjelaskan pengertian figura
6.
Menjelaskan pengertian modus
7.
Menjelaskan macam-macam figura dan modus
|
Figura dan
Modus Silogisme
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 41-51
· RU
2, hlm. 43-48
· RU
3, hlm. 89-100
· RU
4, hlm. 52-65
· RU
5, hlm. 99-128
· RU
6, hlm. 40-59
· RU
7, hlm. 187-227
· RU
8, hlm. 149-159
· Hand
out dosen pengampu P7
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
10.
|
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan macam-macam silogisme
2.
Menjelaskan silogisme hipotetik
3.
Menjelaskan Silogisme kondisional
4.
Mnejelaskan silogisme disjungtif
5.
Menjelaskan silogisme konjungtif
|
Silogisme
Hipotetik
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
1, hlm. 52-56
· RU
2, hlm. 47-54
· RU
3, hlm. 100-105
· RU
4, hlm. 66-78
· RU
5, hlm. 129-139
· RU
6, hlm. 40-59
· RU
7, hlm. 187-227
· RU
8, hlm. 157-161
·
Hand out dosen
pengampu P8
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
11.
|
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan enthymeme
2.
Menjelaskan Epicheirema
3.
Menjelaskan polisilogisme
4.
Menjelaskan Sorites
5.
Menjelaskan Dilema
6.
Menjelaskan paradoks
|
Silogisme
tak Sempurna
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
2, hlm. 53-54
· RU
3, hlm. 106-110
· RU
4, hlm. 79-85
· RU
5, hlm. 138-144
· RU
7, hlm. 187-227
· RU
8, hlm. 162-164
·
Hand out dosen
pengampu P9
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
12.
|
Mahasiswa
mampu memahami logika Induktif
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan logika induktif
2.
Menjelaskan generalisasi
3.
Menjelaskan macam-macam generalisasi
4.
Menjelaskan kausalitas
5.
Menjelaskan metode induksi mill
6.
Menjelaskan konsep analogi
|
Logika
Induktif: Generalisasi, Kausalitas dan analogi
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
2, hlm. 55-58
· RU
4, hlm. 86-91
· RU
5, hlm. 145-186
· RU
6, hlm. 129-157
· RU
7, hlm. 227-251
·
Hand out dosen
pengampu P10
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
13.
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan Hipotesis, Teori dan
Probabilitas
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian hipotesis
2.
Menjelaskan teori
3.
Menjelaskan probabilitas
4.
Menghububungkan hipotesis, teori dan
probabilitas dengan ilmu
|
Hipotesis,
Teori dan Probabilitas
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
5, hlm. 197-210
· RU
6, hlm. 158-180
· RU
7, hlm. 234-238
· Hand
out dosen pengampu P11
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
14.
|
Mahasiswa mampu memahami Kesesatan berfikir
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian sesat pikir
2.
Menjelaskan sesat pikir formal
3.
Menjelaskan sesat pikir material
4.
Menjelaskan sesat pikir karena bahasa
|
Kesesatan
berfikir
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· RU
2, hlm. 59-68
· RU
4, hlm. 92-95
· RU
5, hlm. 211-228
· RU
7, hlm. 252-269
· RU
8, hlm. 177-185
· Hand
out dosen pengampu P
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
15.
|
Mahasiswa mampu memahami Kontribusi Logika dalam
Pendidikan Bahasa Arab
|
Mahasiswa
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian pendidikan bahasa Arab
2.
Menjelaskan logika sebagai dasar pengembangan
ilmu Pendidikan Bahasa Arab
3.
Menjelaskan Uji kebenaran teori-teori Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontribusi
Logika dalam Pendidikan Bahasa Arab
|
Active learning dengan diskusi dan penugasan
|
· Hand
out dosen pengampu P
|
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
|
16.
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
C. REFERENSI
Utama (RU):
1.
Alex Lanur Ofm, 2014, Logika Selayang
Pandang, Yogyakarta: Kanisius
2.
B. Arief
Sidharta, 2012, Pengantar Logika Sebuah Langkah Pertama Pengenalan Medan
Telaah, Bandung: Refika Aditama.
3.
E. Sumaryono, Dasar-Dasar Logika,
Yogyakarta: Kanisius, 2014.
4.
Jan Hendrik Rapar, 2012, Pengantar
Logika: Asas-Asas Penalaran Sistematis, Kanisius, Yogyakarta.
5.
Mundiri, 2014,
Logika, Rajawali Perss, Jakarta
6.
R.G.
Soekadijo, 2008, Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif, Jakarta:
Gramedia.
7.
W.
Poespoprodjo, 1999, Logika Saientifika, Bandung: Pustaka Grafika.
8.
W.
Poespoprodjo, 2011, Logika Ilmu Menalar, Bandung: Pustaka Grafika.
Anjuran (RA):
1.
A.R.Tahir,
1987, Logika, UNHAS, Ujung Pandang
2.
Ali
Abri, 1994, Pengantar Logika Tradisional, Usaha Nasional, Surabaya
3.
B.
Arief Sidharta, 2008, Apakah Filsafat dan Filsafat Ilmu Itu?, Pustaka Sutra,
Bandung.
4.
B.
Arief Sidharta, 2008, Pengantar Logika, PT. Reflika Aditama, Bandung.
5.
Bakry,
Noor Muhsin, 2001, Logika, UT, Jakarta.
6.
Ibrahim,
2008, Filsafat Ilmu, UBB Press, Jakarta.
7.
Jasir
Burhan, 1986, Pengantar Logika Tradisional, Bina Cipta, Bandung.
8.
Jujun
S.S, 1987, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar, Pustaka Sinar Harapan Jakarta
9.
Karomani,
2009, Logika, Graha Ilmu, Yogyakarta.
10.
Kattsoff
L.O, 1978, Pengantar Filsafat, Terjemahan Soejono Soemargono, Tiara, Wacana, Yogyakarta
11.
M.
Sommers, 1992, Logika (cet III), Alumni Bandung
12. R.G.Soekadijo,
1984, Logika Dasar, Gramedia, Jakarta
13.
Saiman,
2001, Bahan Ajar : Dasar-Dasar Logika, Malang
14. Soemargono
Soejono, 1983, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Nur Cahaya, Yogyakarta
15. Suparlan
Suhartono, 1994, Filsafat Ilmu Pengetahuan, UNHAS, Ujung Pandang
16.
Surajiyo,
dkk, 2005, Dasar-dasar Logika, Bumi Aksara, Jakarta.
17.
The
Liang Gie, 1997, Pengantar Filsafat Ilmu, Liberty, Yogyakarta
18.
Dll.
D. ALAT
BANTU
1. LCD
2. Alat-alat tulis
3. Microfon
4. Media-media yang relevan
|
E. LEVEL
TAKSONOMI
|
F.
PENILAIAN
1.
Keaktifan di kelas : 20 %
2.
Tugas : 20 %
3.
UTS : 25 %
4.
UAS : 35 %
TOTAL : 100 %
|
0 Response to "CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN LOGIKA "
Post a Comment