CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN LOGIKA



SATUAN ACARA PERKULIAHAN
LOGIKA
  
SAP LOGIKA

A. IDENTITAS
1.        Nama Mata Kuliah     :    Logika
2.        Kode Mata Kuliah      :   
3.        Program Studi             :    Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
4.        Fakultas                      :    Tarbiyah     
5.        Bobot                          :    2 sks
6.        Penempatan                :    Semester II
7.        Alokasi waktu             :    14 X 100 menit (1400 menit)
8.                             Dosen pengampu         :          

B. UNSUR-UNSUR SILABUS        :
Standar Kompetensi                      :   Mahasiswa memiliki tentang prinsip dan hukum berfikir yang benar serta aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab.

Deskripsi mata kuliah                    :   Logika merupakan mata kuliah MKK  berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab. Matakuliha ini akan membekali mahasiswa tentang cabang epistemologi yang mempelajari tentang ketepatan dalam proses bernalar/berfikir. Secara garis besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan menjadi lima, yaitu hubungan bahasa, berfikir, ide dan konsep, logika tradisional dan modern, kesalahan dalam berfikir dan kontribusi matakuliah ini dalam pembelajaran bahasa Arab.

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok

Strategi Pembelajaran

Sumber / Rujukan
Evaluasi
1.                                                                             
Mahasiwa mampu memahami dengan  kerangka materi dan sistem perkuliahan Logika
Mahasiswa dapat:
1.     Memahami ruang lingkup materi Logika selama satu semester
2.     Memahami strategi pembelajaran logika
3.     Memahami referensi-referensi logika
4.     Beradaptasi dengan aturan main perkuliahan Logika
Ta'aruf, soal pretest, Pengantar perkuliahan dan kontrak sistem perkuliahan Logika
Pretes, ceramah pengantar dan diskusi
Soal pretes dan silabus Dosen pengampu
latihan pretes dan keaktifan diskusi
2.                                                                             
Mahasiswa mampu memahami Hakikat Logika

Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan definisi logika
2.     Menjelaskan objek kajian logika
3.     Menjelaskan sejarah logika
4.     Menjelasakan macam-macam Logika
5.     Menjelaskan posisi logika dengan ilmu lain
6.     Menerangkan manfaat logika
Hakikat Logika
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 7-18
·      RU 2, hlm. 1-16
·      RU 3, hlm. 1-30
·      RU 4, hlm. 9-15
·      RU 5, hlm. 1-20
·      RU 6, hlm. 1-10
·      RU 7, hlm. 20-60
·      RU 8, hlm. 11-17
·      Hand out dosen pengampu P1
Keaktifan diskusi
3.                                                                             
Mahasiswa mampu memahami Dasar-Dasar Penalaran
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan hubungan logika dan bahasa
2.     Menjelaskan materi dan bentuk pikiran
3.     Menjelaskan asas-asas pemikiran
4.     Menjelaskan kategori
5.     Menjelaskan Predikabel
6.     Menjelaskan klasifikasi (penggolongan)
Dasar-Dasar Penalaran
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 14-25
·      RU 2, hlm. 6-20
·      RU 3, hlm. 23-25
·      RU 4, hlm. 16-26
·      RU 5, hlm. 21-52
·      RU 7, hlm. 61-86
·      RU 8, hlm. 18-50
·      Hand out dosen pengampu P2
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
4.                                                                             
Mahasiswa mampu  menjelaskan klasifikasi dan Definisi
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian konsep dan term
2.     Menjelaskan jenis term
3.     Menjelaskan komprehensi dan ekstensi (konotasi dan denotatif)
4.     Menjelaskan definisi
5.     Menjelaskkan macam-macam definisi
6.     Menjelasakan cara menyusun definisi
Konsep dan Term Logika serta Definisi
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 19-25
·      RU 2, hlm. 21-28
·      RU 3, hlm. 31-52
·      RU 4, hlm. 23-33
·      RU 5, hlm. 21-44
·      RU 7, hlm. 87-153
·      RU 8, hlm. 50-84
·      Hand out dosen pengampu P3
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
5.                                                                             
Mahasiswa mampu  memahami Proposisi
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian proposisi
2.     Menjelaskan macam-macam proposisi
3.     Menjelaskan proposisi-proposisi kategorik
4.     Menjelaskan distribusi term dalam proposisi
Proposisi
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 26-32
·      RU 2, hlm. 29-40
·      RU 3, hlm. 53-58
·      RU 4, hlm. 32-39
·      RU 5, hlm. 53-72
·      RU 6, hlm. 23-28
·      RU 7, hlm. 170-177
·      RU 8, hlm. 85-120
·      Hand out dosen pengampu P4
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
6.                                                                             
Mahasiswa mampu  memahami Inferensi Langsung
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian inferensi langsung
2.     Menjelaskan inversi
3.     Menjelaskan konversi
4.     Menjelaskan obversi
5.     Menjelaskan kontraposisi
6.     Menjelaskan oposisi
Inferensi Langsung
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 33-40
·      RU 2, hlm. 41-42
·      RU 3, hlm. 69-88
·      RU 4, hlm. 40-45
·      RU 5, hlm. 56-82
·      RU 6, hlm. 30-39
·      RU 7, hlm. 187-197
·      RU 8, hlm. 121-141
·      Hand out dosen pengampu P5
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
7.                                                                             
Mahasiswa mampu  memahami Silogisme
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian silogisme
2.     Menjelaskan prinsip-prinsip silogisme
3.     Menjelaskan term dalam silogisme
4.     Menjelaskan premis dalam silogisme
Silogisme
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 41-51
·      RU 2, hlm. 43-48
·      RU 3, hlm. 89-100
·      RU 4, hlm. 46-51
·      RU 5, hlm. 99-128
·      RU 6, hlm. 40-59
·      RU 7, hlm. 187-227
·      RU 8, hlm. 149-159
·      Hand out dosen pengampu P6
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
8.                                                                             
UJIAN TENGAH SEMESTER
9.                                                                             

5.     Menjelaskan pengertian figura
6.     Menjelaskan pengertian modus
7.     Menjelaskan macam-macam figura dan modus
Figura dan Modus Silogisme
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 41-51
·      RU 2, hlm. 43-48
·      RU 3, hlm. 89-100
·      RU 4, hlm. 52-65
·      RU 5, hlm. 99-128
·      RU 6, hlm. 40-59
·      RU 7, hlm. 187-227
·      RU 8, hlm. 149-159
·      Hand out dosen pengampu P7
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
10.                                                                          

Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan macam-macam silogisme
2.     Menjelaskan silogisme hipotetik
3.     Menjelaskan Silogisme kondisional
4.     Mnejelaskan silogisme disjungtif
5.     Menjelaskan silogisme konjungtif
Silogisme Hipotetik
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 52-56
·      RU 2, hlm. 47-54
·      RU 3, hlm. 100-105
·      RU 4, hlm. 66-78
·      RU 5, hlm. 129-139
·      RU 6, hlm. 40-59
·      RU 7, hlm. 187-227
·      RU 8, hlm.  157-161
·      Hand out dosen pengampu P8
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
11.                                                                          

Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan enthymeme
2.     Menjelaskan Epicheirema
3.     Menjelaskan polisilogisme
4.     Menjelaskan Sorites
5.     Menjelaskan Dilema
6.     Menjelaskan paradoks
Silogisme tak Sempurna
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 2, hlm. 53-54
·      RU 3, hlm. 106-110
·      RU 4, hlm. 79-85
·      RU 5, hlm. 138-144
·      RU 7, hlm. 187-227
·      RU 8, hlm. 162-164
·      Hand out dosen pengampu P9
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
12.                                                                          
Mahasiswa mampu  memahami logika Induktif
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan logika induktif
2.     Menjelaskan generalisasi
3.     Menjelaskan macam-macam generalisasi
4.     Menjelaskan kausalitas
5.     Menjelaskan metode induksi mill
6.     Menjelaskan konsep analogi
Logika Induktif: Generalisasi, Kausalitas dan analogi
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 2, hlm. 55-58
·      RU 4, hlm. 86-91
·      RU 5, hlm. 145-186
·      RU 6, hlm. 129-157
·      RU 7, hlm. 227-251
·      Hand out dosen pengampu P10
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
13.                                                                          
Mahasiswa mampu  menjelaskan Hipotesis, Teori dan Probabilitas
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian hipotesis
2.     Menjelaskan teori
3.     Menjelaskan probabilitas
4.     Menghububungkan hipotesis, teori dan probabilitas dengan ilmu
Hipotesis, Teori dan Probabilitas
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 5, hlm. 197-210
·      RU 6, hlm. 158-180
·      RU 7, hlm. 234-238
·      Hand out dosen pengampu P11
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
14.                                                                          
Mahasiswa mampu  memahami Kesesatan berfikir
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian sesat pikir
2.     Menjelaskan sesat pikir formal
3.     Menjelaskan sesat pikir material
4.     Menjelaskan sesat pikir karena bahasa
Kesesatan berfikir
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 2, hlm. 59-68
·      RU 4, hlm. 92-95
·      RU 5, hlm. 211-228
·      RU 7, hlm. 252-269
·      RU 8, hlm. 177-185
·      Hand out dosen pengampu P
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
15.                                                                          
Mahasiswa mampu  memahami Kontribusi Logika dalam Pendidikan Bahasa Arab
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian pendidikan bahasa Arab
2.     Menjelaskan logika sebagai dasar pengembangan ilmu Pendidikan Bahasa Arab
3.     Menjelaskan Uji kebenaran teori-teori Pendidikan Bahasa Arab
Kontribusi Logika dalam Pendidikan Bahasa Arab
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      Hand out dosen pengampu P
Presentasi, materi tugas dan keaktifan diskusi
16.                                                                          
UJIAN AKHIR SEMESTER

C. REFERENSI
Utama (RU):
1.        Alex Lanur Ofm, 2014, Logika Selayang Pandang, Yogyakarta: Kanisius
2.          B. Arief Sidharta, 2012, Pengantar Logika Sebuah Langkah Pertama Pengenalan Medan Telaah, Bandung: Refika Aditama.
3.          E. Sumaryono, Dasar-Dasar Logika, Yogyakarta: Kanisius, 2014.
4.          Jan Hendrik Rapar, 2012, Pengantar Logika: Asas-Asas Penalaran Sistematis, Kanisius, Yogyakarta.
5.          Mundiri, 2014, Logika, Rajawali Perss, Jakarta
6.          R.G. Soekadijo, 2008, Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif, Jakarta: Gramedia.
7.          W. Poespoprodjo, 1999, Logika Saientifika, Bandung: Pustaka Grafika.
8.          W. Poespoprodjo, 2011, Logika Ilmu Menalar, Bandung: Pustaka Grafika.
Anjuran (RA):
1.          A.R.Tahir, 1987, Logika, UNHAS, Ujung Pandang
2.          Ali Abri, 1994, Pengantar Logika Tradisional, Usaha Nasional, Surabaya
3.          B. Arief Sidharta, 2008, Apakah Filsafat dan Filsafat Ilmu Itu?, Pustaka Sutra, Bandung.
4.          B. Arief Sidharta, 2008, Pengantar Logika, PT. Reflika Aditama, Bandung.
5.          Bakry, Noor Muhsin, 2001, Logika, UT, Jakarta.
6.          Ibrahim, 2008, Filsafat Ilmu, UBB Press, Jakarta.
7.          Jasir Burhan, 1986, Pengantar Logika Tradisional, Bina Cipta, Bandung.
8.          Jujun S.S, 1987, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar, Pustaka Sinar Harapan Jakarta
9.          Karomani, 2009, Logika, Graha Ilmu, Yogyakarta.
10.       Kattsoff L.O, 1978, Pengantar Filsafat, Terjemahan Soejono Soemargono,  Tiara, Wacana, Yogyakarta 
11.       M. Sommers, 1992, Logika (cet III), Alumni Bandung
12.       R.G.Soekadijo, 1984, Logika Dasar, Gramedia, Jakarta
13.       Saiman, 2001, Bahan Ajar : Dasar-Dasar Logika, Malang
14.       Soemargono Soejono, 1983, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Nur Cahaya, Yogyakarta
15.       Suparlan Suhartono, 1994, Filsafat Ilmu Pengetahuan, UNHAS, Ujung Pandang
16.       Surajiyo, dkk, 2005, Dasar-dasar Logika, Bumi Aksara, Jakarta.
17.       The Liang Gie, 1997, Pengantar Filsafat Ilmu, Liberty, Yogyakarta
18.       Dll.

D. ALAT BANTU

1. LCD
2. Alat-alat tulis
3. Microfon
4. Media-media yang relevan

E. LEVEL TAKSONOMI
1
Pengetahuan
10 %
2
Pemahaman
20 %
3
Penerapan
20 %
4
Analisis
20 %
5
Sintesis
20 %
6
Evaluasi
10 %
F. PENILAIAN

1.       Keaktifan di kelas  : 20 %
2.      Tugas                      : 20 %
3.      UTS                                    : 25 %
4.      UAS                        : 35 %
            TOTAL                 : 100 %

                                      


0 Response to "CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN LOGIKA "

Post a Comment