CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN AL-MADKHAL ILA ‘ILM AL-LUGAH (PENGANTAR LINGUISTIK)



SATUAN ACARA PERKULIAHAN
AL-MADKHAL ILA ‘ILM AL-LUGAH (PENGANTAR LINGUISTIK)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

SAP AL-MADKHAL ILA ‘ILM AL-LUGAH (PENGANTAR LINGUISTIK)

A. IDENTITAS
1.        Nama Mata Kuliah     :    Al-Madkhal Ila ‘Ilm Al-Lugah (Pengantar Linguistik)
2.        Kode Mata Kuliah      :   
3.        Program Studi             :    Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
4.        Fakultas                      :    Tarbiyah     
5.        Bobot                          :    2 sks
6.        Penempatan                :    Semester II
7.        Alokasi waktu             :    14 X 100 menit (1400 menit)
8.                             Dosen pengampu         :          
B. UNSUR-UNSUR SILABUS        :
Standar Kompetensi                      :   Mahasiswa mampu memahami linguistik dan ruang lingkupnya, hakikat dan fungsi bahasa serta memanfaatkan kontribusi linguistik dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab.

Deskripsi mata kuliah                    :   Linguistik adalah matakuliah wajib bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab. Mata kuliah linguistik merupakan  salah satu MKK yang memberikan dasar pengetahuan dan analisis tentang seluk beluk bahasa. Mahasiswa akan dibekali seperangkat teori-teori umum dan cara menganalisa bahasa mulai yang terkecil sampai yang terbesar, yakni dari aspek fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Di samping itu dalam matakuliah ini akan dirunut sejarah aliran dalam ilmu linguistik beserta teori-teori analisa bahasanya dan perdebatan di dalamnya. Selain itu, mata kuliah ini juga berusaha untuk menjelaskan kontribusi linguistik terhadap bidang pembelajaran bahasa, terutama contoh-contohnya dalam bahasa Arab. Dengan demikian, dengan mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai bekal teori-teori kebahasaan guna mempelajari cabang-cabang linguistik pada semester berikutnya.

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok

Strategi Pembelajaran

Sumber / Rujukan
Evaluasi
1.
Mahasiwa mampu memahami dengan  kerangka materi dan sistem perkuliahan
Mahasiswa dapat:
1.     Memahami ruang lingkup materi linguistik selama satu semester
2.     Memahami strategi pembelajaran linguistik
3.     Memahami referensi-referensi linguistik
4.     Beradaptasi dengan aturan main perkuliahan
Ta'aruf, soal pretest, Pengantar perkuliahan dan kontrak sistem perkuliahan
Pretes, ceramah pengantar dan diskusi
Soal pretes dan silabus Dosen pengampu
latihan pretes dan keaktifan diskusi
2.
Mahasiswa mampu memahami seluk beluk linguistik

Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian linguistik
2.     Menjelaskan objek kajian linguistik
3.     Menjelaskan macam-macam linguistik
4.     Menjelaskan cabang-cabang linguistik
5.     Menerangkan manfaat linguistik, terutama dalam pembelajaran bahasa Arab
Pengertian linguistik,  objek kajian, macam-macam, cabang-cabang dan manfaatnya
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 1-29
·      RU 3, hlm. 3-16
·      RU 4, hlm. 1-16
·      RU 5, hlm. 13-30
·      RU 10, hlm. 5-12
·      RU 11, hlm. 21-27
·      RU 12, hlm. 1-14
·      Hand out dosen pengampu P2
Keaktifan diskusi
3.
Mahasiswa mampu memahami hakikat bahasa
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan hakikat bahasa
2.     Menjelaskan sejarah asal-usul bahasa
3.     Menjelasakan klasifkasi bahasa (genetis, tipologis, areal dan sosiolinguistik)
4.     Menerangkan fungsi bahasa
Hakikat, asal-usul, klasifikasi dan fungsi bahasa
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 2, hlm. 30-81
·      RU 10, hlm. 109-125
·      RU 11, hlm. 1-10, 29-42
·      RU 12, hlm. 1-13
·      Hand out dosen pengampu P3
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
4.
Mahasiswa mampu  menganalisis aspek-aspek internal bahasa yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik
Mahasiswa dapat:
1.     Membandingkan istilah fonologi, fonetik, fonemik, alofon dan grafem
2.     Menjelaskan fonetik
3.     Menjelaskan fonemik
4.     Menjelaskan transkripsi fonetik, fonemik dan otografi
Hierarki linguistik: 1) Fonologi
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 100-145
·      RU 3, hlm. 17-94
·      RU 5, hlm. 31-68
·      RU 8, hlm. 109-158
·      RU 10, hlm. 13-102
·      RU 11, hlm. 79-91, 111-116
·      RU 12,  hlm. 36-57
·      Hand out dosen pengampu P4
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
5.

Mahasiswa dapat:
5.     Membandingkan istilah morfologi, morfem, morf dan alomorf
6.     Menjelaskan kata
7.     Menjelaskan proses morfemis
8.     Menjelaskan morfofonemik
9.     Menjelaskan morfosintaksis
2) Morfologi
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 146-205
·      RU 3, hlm. 95-158
·      RU 5, hlm. 69-85
·      RU 8, hlm. 159-166
·      RU 10, hlm. 229-240
·      RU 11, hlm. 91-100
·      RU 12, hlm.  59-90
·      Hand out dosen pengampu P5
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
6.

Mahasiswa dapat:
10.   Menjelaskan struktur sintaksis
11.   Menjelaskan Frase
12.   Menjelaskan klausa
13.   Menjelaskan kalimat
14.   Mejelaskan wacana
3) Sintaksis
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 206-283
·      RU 3, hlm. 159-384
·      RU 5, hlm. 86-97
·      RU 8, hlm. 167-174
·      RU 11, hlm. 101-110
·      RU 12, hlm. 99-116
·      Hand out dosen pengampu P6
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
7.

Mahasiswa dapat:
15.   Menjelaskan pengertian semantik
16.   Menjelaskan pendekatan dalam kajian makna
17.    Membandingkan macam-macam semantik
18.   Menjelaskan perubahan makna
19.   Menjelaskan kekaburan makna
4) Semantik
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 284-331
·      RU 3, hlm. 385-396
·      RU 5, hlm. 98-103
·      RU 11, hlm. 65-96, 247-312
·      RU 12, hlm. 117-140
·      Hand out dosen pengampu P7
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
8.
Mahasiswa mampu Menghubungkan sejarah peradaban linguistik
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan sejarah aliran linguistik Barat
2.     Menjelaskan sejarah aliran linguistik Timur (Arab)
3.     Menjelaskan sejarah masuknya linguistik di Indonesia
4.     Menghubungkan sejarah linguistik Barat, Islam dan Indonesia
Sejarah peradaban linguistik Barat, Islam dan Indonesia
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 374-385
·      RU 8, hlm. 75-84
·      RU 11, hlm.11-20
·      RU 12, hlm. 15-30
·      Hand out dosen pengampu P8
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
9.
Mahasiswa mampu menguraikan teori dasar aliran-aliran linguistik Barat secara historis
Mahasiswa dapat:
1.     Membahas teori-teori dasar aliran tradisional
2.     Menjelasakan kritik aliran struktural terhadap aliran tradisional
3.     Membahas teori-teori dasar aliran struktural
4.     Menganalisis cabang-cabang aliran struktural
Teori-teori Aliran tradisional dan struktural
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 345-362
·      RU 11, hlm. 43-54
·      Hand out dosen pengampu P9
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
10.

Mahasiswa dapat:
5.     Menjelaskan kritik transformasi terhadap struktural
6.     Membahas teori-teori dasar aliran trasnformasi
7.     Menganalisis cabang-cabang aliran transformasi
8.     Menjelaskan teori-teori dasar pasca aliran transformasi
Teori-teori aliran transformasi dan pascanya
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 363-374
·      RU 11, hlm. 53-70
·      Hand out dosen pengampu P10
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
11.
Memahami data dan analisa bahasa
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan pengertian data bahasa
2.     Menjelaskan pengertian analisa bahasa
3.     Menjelaskan pendekatan dalam analisa bahasa
4.     Menjelaskan metode dan teknik analisa bahasa
5.     Memberikan contoh analisis bahasa Arab
Data bahasa dan analisa bahasa
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 6, hlm. 83-255
·      RU 11, hlm. 117-148
·      Hand out dosen pengampu P11
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
12.
Mahasiswa mampu menghubungkan Linguistik dengan pembelajaran bahasa
Mahasiswa dapat:
1.     Menjelaskan linguistik edukasional
2.     Menjelaskan hubungan linguistik dan pembelajaran bahasa
3.     Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa
4.     Menjelaskan pendekatan, metode, teknik dan prosedur  pembelajaran bahasa
Linguistik Edukasional,
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 2, hlm. 247
·      RU 4, hlm. 1-24, 44-58, 123-132
·      Hand out dosen pengampu P12
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
13.

Mahasiswa dapat:
5.     Menghubungkan antara linguistik struktural dengan metode oral-aural
6.     Menghubungkan antara psikologi behaviorioral
dengan metode oral-aural
7.     Menjelaskan prinsip-prinsip metode Audio-lingual
8.      Menjelaskan teknik & prosedur metode oral-aural dalam pembelajaran bahasa Arab
Linguistik Struktural, psikologi berhavioral dan metode oral-aural dalam pembelajaran bahasa
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 2, hlm. 83-96
·      RU 6, hlm. 83-96
·      RU 4, hlm. 17-20, 142-165
·      RU 9, hlm. 23-78
·      RU 11, hlm. 47-53
·      Hand out dosen pengampu P13
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
14.

Mahasiswa dapat:
9.     Menghubungkan antara linguistik transformasional dengan metode kognitif
10.   Menghubungkan antara psikologi kognitif dengan metode elektik
11.   Menjelaskan prinsip-prinsip metode kognitif
12.   Menjelaskan teknik & prosedur metode kognitif dalam pembelajaran bahasa Arab
Linguistik transformasi, psikologi kognitif dan metode elektik dalam pembelajaran bahasa
Active learning dengan diskusi dan penugasan
·      RU 1, hlm. 363-379
·      RU 2, hlm. 96-114
·      RU 4, hlm. 17-20, 142-165
·      RU 9, hlm. 79-148
·      RU 11, hlm. 53-57
·      Hand out dosen pengampu P14
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi

C. REFERENSI
Utama (RU):
1.        Abdul Chaer, Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta, cet. ii, 2003
2.        -----------------, Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
3.        J.W.M. Verhaar, Asas-Asas Linguistik Umum, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, cet. v, 2006
4.        Jos. Daniel Parera, Linguistik Edukasional, Bandung: Erlangga, cet. i, 1987
5.        Mahmud Fahmi Hejazi, al-Madkhal ‘Ila ‘Ilm al-Lugah, terj. Wagiyo Hamid Hamdani, Bandung: PSIBA Press, cet. ii, 2008
6.        Mahmud Fahmi Hijazi, ‘Ilm al-Lugah al-‘Arabiyah; Madkhal Tarikhi Muqaran fi Dhu’ al-Turas wa al-Lugah al-Samiyah, Bierut: Maktabah Garib, t.th.
7.        Mahsun, Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Grafindo Persada. 2005
8.        Muhammad al-Sa’ran, ‘Ilm al-Lugah; Muqaddimah li al-Qari’ al-‘Arabi, Bierut: Dar al-Nahdhah al-‘Arabiyah, t. th.
9.        Muhammad Muhammad Dawud, Al-‘Arabiyah wa ‘Ilm al-Lugah al-Hadisah, Kairo: Dar garib, 2001
10.    Ramdlan ‘Abd al-Thawwab, al-Madkhal ila ‘ilm al-Lugah, wa Manahij al-Bahst al-Lugawi, Kairo: Maktabah al-Khanji, 1885
11.    Soeparno, Dasar-Dasar Linguistik Umum, Yogyakarta: Tiara Wacana, cet. i, 2002
12.    Syarif Hidayatullah dan Abdullah, Pengantar Linguistik Bahasa Arab (Klasik Modern), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2010.
Anjuran (RA):
1.        A. Chaedar Alwasilah, Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik, Bandung: Angkasa, 1992
2.        Abdul Mu’in, Analisa Kontrastif Bahasa arab dan Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, cet. i, 2004
3.        Djajasudarma Fatimah. Metode Linguistik, Ancangan Metode Penelitian dan Kajian, Bandung: Eresco. 1993
4.        Jos. Daniel Parera, Teori Semantik, Bandung: Erlangga, cet. ii, 2004
5.        Moh. Tadjuddin, Aspektualitas dalam kajian Linguistik, Bandung: P.T. Alumni, cet. i,  2005
6.        Muhammad ‘Ali al-Khuli, ‘Ilm al-Dalalah (‘Ilm al-Ma’na), Yordania: Dar al-Falah li al-Nasyr wa al-Tauzi’, 2001
7.        Nazri Syakur, Proses Psikologik dalam Pemerolehan dan Belajar Bahasa (seri Psikolinguistik), Yogyakarta, Teras, cet. i, 2009
8.        Stephen Ulmann, Pengantar Semantik, diadaptasi Soemarsonao, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. i, 2007
9.        Subroto Edi. Pengantar Metoda Penelitian Struktural, Surakarta: Sebelas Maret University Press. 1992
10.    Syamsuddin Jalal. 'Ilm al-Lugah al-Nafsi. Iskandaria: Al-Nasy Muassisah al-Saqafah al-Jami'iyah. 2004
11.    Yayat Sudaryat, Makna dalam Wacana, Prinsip-prinsip Semantik dan Pragmatik, Bandung: Yrama Widya, cet. i, 2009
12.    ‘Abdul Muiz, dkk. Morfosintaksis, Jakarta: Rienika Cipta,cet. i, 2005
13.    Muhammad Sulaiman Yaqut, Manhaj al-Bahst al-Lugawi, Dar al-Ma’rifah al-Jami’ah, 2002
14.    Samsuri, Berbagai Aliran Linguistik Abad XX, Jakarta: Depdiknas, 1988
15.       Zaki Mubarak, Pendekatan Strukturalisme Linguistik, Yogyakarta: Elsaq, 2007
16.       Dll.

D. ALAT BANTU

1. LCD
2. Alat-alat tulis
3. Microfon
4. Media-media yang relevan

E. LEVEL TAKSONOMI
1
Pengetahuan
10 %
2
Pemahaman
20 %
3
Penerapan
20 %
4
Analisis
20 %
5
Sintesis
20 %
6
Evaluasi
10 %
F. PENILAIAN

1.       Keaktifan di kelas  : 20 %
2.      Tugas                      : 20 %
3.      UTS                                    : 25 %
4.      UAS                        : 35 %
            TOTAL                 : 100 %

                                      




1 Response to "CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN AL-MADKHAL ILA ‘ILM AL-LUGAH (PENGANTAR LINGUISTIK)"

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can tell your man... that will trigger deep emotions of love and instinctual attraction to you buried inside his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, admire and guard you with his entire heart...

    ===> 12 Words That Fuel A Man's Love Response

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will make him work harder than before to build your relationship stronger.

    Matter-of-fact, fueling this dominant instinct is absolutely essential to getting the best possible relationship with your man that once you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll instantly notice him open his mind and heart to you in such a way he never experienced before and he'll identify you as the only woman in the universe who has ever truly tempted him.

    ReplyDelete