Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu usaha untuk melakukan proses pembelajaran bagi
peserta didik, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diterapkan disuatu negara.
Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari kurikulum yang dimana kurikulum
sebagai acuan dalam proses pendidikan. Kurikulum yang digunakan saat ini adalah
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), akan tetapi kurikulum saat ini
dinilai masih banyak memiliki kekurangan. Oleh karena itu pemerintah merancang
kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 (K 13).
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan dan Kurikulum 2013 terdapat
struktur yang mana didalamnya telah ditetapkan beban pelajaran dan alokasi
waktu. Untuk lebih jelasnya pemakalah akan menjelaskan tentang struktur
kurikulum yang ada pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013.
B.
Rumusan
Masalah
a. Struktur kurikulum KTSP
b. Struktur kurikulum 2013
Pembahasan
A.
Struktur
kurikulum SMA/MA KTSP
Struktur kurikulum SMA/MA meliputi subtansi pembelajaran yang
ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai
dengan kelas XII. Struktur kurikulim disusun berdasarkan Standar kompetensi
lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA/MA dibagi kedalam dua
kelompok, yaitu kelas X merupakan progam umum yang diikuti oleh seluruh peserta
didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri yang
terdiri atas empat program :
1.
Program ilmu
pengetahuan Alam
2.
Program ilmu
pengetahuan social
3.
Progam bahasa
4.
Progam
keagamaan, husus untuk MA
a.
Kurikulum SMA/
MA kelas X
·
Kurikulum SMA/
MA kelas X terdiri atas 16 mata pelajaran, muatan local, dan pengembangan diri.
Muatan local merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah,
yang materinya tidak dapat di kelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada.
Subtansi muatan local ditentukan oleh satuan pendidikan.
·
Jam
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran itu sudah dialokasikan. Satuan
pendidikan di mungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu
secara keseluruhan.
·
Alokasi waktu
satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
·
Minggu efektif
dalam satu tahun pelajaran ( dua semester) adalah 34-38 minggu
.
b.
Kurikulum
SMA/MA kelas XI dan XII
·
Kurikulum
SMA/MA kelas XI/XII progam IPA,IPS,Bahasa, dan keagamaan terdiri atas 13 mata
pelajaran, muatan local,dan pengembangan diri.
·
Jam
pembelajaran untuk setiap mata pelajaran sudah di alokasikan. Satuan pendidikan
dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara
keseluruhan.
·
Alokasi waktu
satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
·
Minggu efektif
dalam satu tahun ( dua semester) adalah 34-38 minggu[1].
B.
Struktur
kurikulum pendidikan kejuruan
Kurikulum SMK/MAK berisi muatan pelajaran wajib,mata pelajaran
dasar kejuruan, muatan local dan pengembangan diri.
Mata pelajaran wajib terdiri atas pendidikan Agama, pendidikan
Kewarganegaraan, Bahasa, Matematika, IPA, IPS,seni dan budaya. Pendidikan
Jasmani/ kejuruan. Mata pelajaran bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia
seutuhnya sekaligus manusia kerja.
Mata pelajaran Dasar kejuruan terdiri atas beberapa mata pelajaran
yang bertujuan untuk menunjang pembentukan kompetensi kejuruan untuk menunjang
dan pengembangan kemampuan menyesuaikan diri dalam bidang keahliannya.
Muatan local merupakan kegiatan kurikulum untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas,potensi daerah,dan prospek
pengembangan dareah termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat
dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Subtansi muatan local
ditentukan oleh satuan pendidikan.
Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan
konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan social,
belajar, dan pembentukan karir peserta didik. Pengembangan diri bagi peserta
didik SMK/MAK terutama ditujukan untuk pengembangan kreatifitas dan bimbingan
karir.
Struktur kurikulum SMK/MAK meliputi subtansi pembelajaran yang
ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai
dengan kelas XII. Struktur kurikulum SMK/MAK disusun berdasarkan standar
kompetensi lulusan dan standar mata pelajaran.[2]
C.
Struktur
kurikulum 2013
Struktur kurikulum ini sebagai gambaran mengenai penerapan prinsip
kurikulum mengenai posisi seorang peserta didik dalam menyelesaikan
pembelajaran di jenjang pendidikan. Struktur kurikulum madrasah Alyah terdiri
atas : kelompok mata pelajaran wajib, kelompok pelajaran peminatan, mata
pelajaran pilihan lintas minat.[3]
Pada tingkatan Madrasah Aliyah (MA), struktur kurikulum
yang diberlakukan adalah sebagai berikut:
·
Beban belajar per minggu baik kelas X, XI dan XII adalah 51 jam pembelajaran.
·
Alokasi
waktunya yaitu 45 menit.
·
Struktur
kurikulum MA terdiri dari kelompok mata pelajaran yang wajib diikuti oleh
seluruh siswa dan mata pelajaran yang harus diikuti oleh peserta didik sesuai
dengan bakat, minat dan kemampuannya.
penutup
D.
Kesimpulan
Dalam kurikulum KTSP dan K13 terdapat struktur yang
dimana didalamnya telah ditetapkan beban pelajaran dan alokasi waktu.
Daftar Pustaka
Mulyasa, kurikulum tingkat satuan
pendidikan, (bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)
Kemenag, kurikulum
madrasah 2013
0 Response to "MAKALAH STRUKTUR KURIKULUM SMA"
Post a Comment