MAKALAH STRUKTUR KURIKULUM SMA




Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu usaha untuk melakukan proses pembelajaran bagi peserta didik, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diterapkan disuatu negara. Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari kurikulum yang dimana kurikulum sebagai acuan dalam proses pendidikan. Kurikulum yang digunakan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), akan tetapi kurikulum saat ini dinilai masih banyak memiliki kekurangan. Oleh karena itu pemerintah merancang kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 (K 13).

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan dan Kurikulum 2013 terdapat struktur yang mana didalamnya telah ditetapkan beban pelajaran dan alokasi waktu. Untuk lebih jelasnya pemakalah akan menjelaskan tentang struktur kurikulum yang ada pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013.

B.     Rumusan Masalah
a.       Struktur kurikulum KTSP
b.      Struktur kurikulum 2013



Pembahasan
A.    Struktur kurikulum SMA/MA KTSP
Struktur kurikulum SMA/MA meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan kelas XII. Struktur kurikulim disusun berdasarkan Standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Pengorganisasian kelas-kelas pada SMA/MA dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan progam umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri yang terdiri atas empat program :
1.      Program ilmu pengetahuan Alam
2.      Program ilmu pengetahuan social
3.      Progam bahasa
4.      Progam keagamaan, husus untuk MA

a.       Kurikulum SMA/ MA kelas X
·         Kurikulum SMA/ MA kelas X terdiri atas 16 mata pelajaran, muatan local, dan pengembangan diri. Muatan local merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat di kelompokkan kedalam mata pelajaran yang ada. Subtansi muatan local ditentukan oleh satuan pendidikan.
·         Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran itu sudah dialokasikan. Satuan pendidikan di mungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
·         Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
·         Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran ( dua semester) adalah 34-38 minggu
.
b.      Kurikulum SMA/MA kelas XI dan XII
·         Kurikulum SMA/MA kelas XI/XII progam IPA,IPS,Bahasa, dan keagamaan terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan local,dan pengembangan diri.
·      Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran sudah di alokasikan. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
·         Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
·         Minggu efektif dalam satu tahun ( dua semester) adalah 34-38 minggu[1].

B.     Struktur kurikulum pendidikan kejuruan
Kurikulum SMK/MAK berisi muatan pelajaran wajib,mata pelajaran dasar kejuruan, muatan local dan pengembangan diri.
Mata pelajaran wajib terdiri atas pendidikan Agama, pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa, Matematika, IPA, IPS,seni dan budaya. Pendidikan Jasmani/ kejuruan. Mata pelajaran bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya sekaligus manusia kerja.
Mata pelajaran Dasar kejuruan terdiri atas beberapa mata pelajaran yang bertujuan untuk menunjang pembentukan kompetensi kejuruan untuk menunjang dan pengembangan kemampuan menyesuaikan diri dalam bidang keahliannya.
Muatan local merupakan kegiatan kurikulum untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas,potensi daerah,dan prospek pengembangan dareah termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Subtansi muatan local ditentukan oleh satuan pendidikan.
Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan social, belajar, dan pembentukan karir peserta didik. Pengembangan diri bagi peserta didik SMK/MAK terutama ditujukan untuk pengembangan kreatifitas dan bimbingan karir.
Struktur kurikulum SMK/MAK meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai dengan kelas XII. Struktur kurikulum SMK/MAK disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar mata pelajaran.[2]

C.     Struktur kurikulum 2013
Struktur kurikulum ini sebagai gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran di jenjang pendidikan. Struktur kurikulum madrasah Alyah terdiri atas : kelompok mata pelajaran wajib, kelompok pelajaran peminatan, mata pelajaran pilihan lintas minat.[3]
Pada tingkatan Madrasah Aliyah (MA), struktur kurikulum yang diberlakukan adalah sebagai berikut:
·         Beban belajar per minggu baik kelas X, XI dan XII adalah 51 jam pembelajaran.
·         Alokasi waktunya yaitu 45 menit.
·         Struktur kurikulum MA terdiri dari kelompok mata pelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh siswa dan mata pelajaran yang harus diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.



penutup
D.    Kesimpulan
Dalam kurikulum KTSP dan K13 terdapat struktur yang dimana didalamnya telah ditetapkan beban pelajaran dan alokasi waktu.

Daftar Pustaka
Mulyasa, kurikulum tingkat satuan pendidikan, (bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)
Kemenag, kurikulum madrasah 2013


[1] Mulyasa, kurikulum tingkat satuan pendidikan, (bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010), hlm. 61
[2] Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010), hlm. 62
[3] Kemenag, kurikulum madrasah, (2013), hlm. 24

0 Response to "MAKALAH STRUKTUR KURIKULUM SMA"

Post a Comment