PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
MATHALI’UL
FALAH
2015
SAP ILM AL-LUGAH AT-TATHBIQI
SAP ILM AL-LUGAH AT-TATHBIQI
A.
IDENTITAS
1.
Nama
Mata Kuliah : Ilm al-Lugah at-Tathbiqi
2.
Kode
Mata Kuliah :
3.
Program
Studi : Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
4.
Jurusan
: Tarbiyah
5.
Bobot : 2 sks
6.
Penempatan : Semester VI
7.
Alokasi
waktu : 14 X 100 menit (1400 menit)
8.
Dosen
pengampu :
B.
UNSUR-UNSUR SILABUS :
Standar Kompetensi : Mahasiswa
mampu memahami hubungan
linguistik terapan dan unsur-unsur pendidikan bahasa serta memanfaatkan
kontribusi keduanya dalam pengembangan pembelajaran bahasa Arab..
Deskripsi
mata kuliah : Ilm al-Lugah at-Tathbiqi merupakan mata kuliah MKK berbobot 2 SKS yang harus diambil oleh setiap
mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab. Dalam matakuliah ini mahasiswa akan
dibekali tentang tiga bidang kajian utama linguistik
edukasional, yakni analisa kontrastif, analisis
kesalahan dan analisis wacana teks-teks berbahasa Arab. Secara garis
besar pokok kajian matakuliah ini dipetakan
menjadi empat, linguistik edukasional/terapan, analisis
kontrastif bahasa Indonesia-Arab, analisa kelasahan bahasa Arab, analisis
wacana teks-teks Arab dan kontribusi matakuliah ini terhadap pembelajran bahasa
Arab..
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Strategi Pembelajaran |
Sumber Primer
|
Evaluasi
|
1.
|
Mahasiswa mampu nemahami kerangka materi dan sistem perkuliahan
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Memahami ruang lingkup materi ilm al-lugah at-tahbiqi
selama satu semester
2.
Memahami strategi pembelajaran ilm al-lugah at-tahbiqi
Memahami referensi-referensi ilm al-lugah at-tahbiqi
3.
Beradaptasi dengan aturan main perkuliahan
|
Ta'aruf, soal pretest, Pengantar perkuliahan dan kontrak sistem
pembelajaran
|
Pretes,
diskusi dan ceramah pengantar
|
Soal pretes dan silabus dari Dosen pengampu
|
latihan pretes dan diskusi
|
2.
|
Mahasiswa mampu memahami hakikat Linguistik terapan
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelaskan pengertian linguistik terapan dan edukasional
2.
Menjelasakan objek kajian linguistik terapan
3.
Mengubungkan linguistik terapan denga unsur-unsur
pendidikan bahasa
4.
Menjelasakan tujuan linguistik edukasional
|
Linguistik
terapan , edukasional
|
Active
learning dengan diskusi
|
· RU
19, All
· RU
8, All
· RU
9, hlm. 1-92
· Hand
Out P1
|
Keaktifan di kelas
|
3.
|
Mahasiswa mampu memahami pengertian , sejarah dan manfaat Analisa
Kontrastif
|
Mahasiswa
dapat;
5.
Menjelaskan konsep Anakon
6.
Menjelasakan sejarah Anakon
7.
Menjelaskan objek dan ruang lingkup Anakon
8.
klasifikasi bahasa
9.
Menjelaskan manfaat Anakon, terutama dalam pembelajaran
bahasa kedua
|
Pengertian,
sejarah dan manfaat Anakon
|
Active
learning dengan diskusi
|
· RU
4, hlm. 7-14
· RU
5, hlm. all
· RU
7, hlm. 2-5, 215-229
· RU
8, hlm. 44-47
· RU
9, hlm. 104-120
· RU
12, hlm 3-12
· RU
14, hlm. 105-109
· RU
16, hlm. 181-213
· RU
18, hlm. 1-4
·
Hand Out P2
|
Keaktifan di kelas
|
4.
|
Mahasiswa mampu membahas kedudukan Anakon dalam pembelajaran
bahasa kedua
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Membedakan macam-macam linguistik
2.
Menguraikan Anakon dalam linguistik
Banding-terapan
3.
Menghubungkan anakon dengan pembelajaran bahasa
kedua
4.
Menjelaskan bilingualisme
5.
Menjelasakn perbedaan transfer, interferensi dan
alihkode campur kode
6.
Menganalisis hipotesa Anakon
|
Kedudukan Anakon dalam
Linguistik
|
Active learning dengan diskusi
|
· RU
2, hlm. 16-17
· RU
5, hlm. all
· RU
4, hlm. 7-36
· RU
7, hlm. 2-18, 35-52, 53-86, 215-229
· RU
8, hlm. 44-47
· RU
9, hlm. 1-19, 104-120
· RU
13, hlm. 9-22
· RU
14, hlm. 105-109
· RU
16, hlm. 181-213
· RU
18, hlm. 1-4, 9-11, 120-130
· Hand
Out P3
|
Keaktifan di kelas
|
5.
|
Mahasiswa mampu memahami metode Anakon
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelasakan dasar-dasar perbandingan
2.
Menjelasakan gradasi tingkat kesulitan berbahasa
3.
Menjelaskan pengertian metode, teknik dan
prosedur
4.
Menjelaskan metode-metode Anakon
|
Metode Anakon
|
Active
learning dengan diskusi
|
· RU
2, hlm. 16-17
· RU
5, hlm. all
· RU
7, hlm. 19-23
· RU
8, hlm. 44-47
· RU
9, hlm. 104-120
· RU
14, hlm. 105-109
· RU
16, hlm. 179-213
· RU
18, hlm. 37-40
·
Hand Out P4
|
Keaktifan di kelas
|
6.
|
Mahasiswa mampu mempraktikan anakon mikrolinguistik dalam
pembelajaran bahasa Arab di Indonesia
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menyeleksi sampel struktur-banding bahasa
Arab-indo
2.
Mengkontaskan tataran fonologi / morfologi Bahasa
Arab-Indonesia
3.
Menyusun materi pembelajaran fonologis /
morfologi bahasa Arab berbasis anakon
4.
Menyusun metode pembelajaran fonologi /
morfologi bahasa Arab berbasis anakon
|
Anakon fonologi-morfologi
Bahasa Arab-Indonesia
|
Diskusi dan praktikum
|
· RU
2, hlm. all
· RU
4, hlm. 37-183
· RU
5, hlm. all
· RU
7, hlm. 19-23
· RU
8, hlm. 44-47
· RU
12, hlm 33-56
· RU
15, hlm. 13-108, 213-318
· RU
18, hlm. 37-40
· Hand
Out P5
|
Materi praktikum
dan keaktifan di kelas
|
7.
|
Mahasiswa
dapat;
5.
Menyeleksi sampel struktur-banding bahasa
Arab-indo
6.
Mengkontaskan tataran sintaksis / semantik Bahasa
Arab-Indonesia
7.
Menyusun materi pembelajaran sintaksis /
semantik bahasa Arab berbasis anakon
8.
Menyusun metode pembelajaran sintaksis /
semantik bahasa Arab
|
Anakon Sintaksis-semantik
Bahasa Arab-Indonesia
|
Diskusi
dan praktikum
|
· RU
4, hlm. 37-183
· RU
5, hlm. all
· RU
7, hlm. 19-23
· RU
8, hlm. 44-47
· RU
11, hlm. 7-117
· RU
12, hlm 33-76
· RU
13, hlm. all
· RU
15, hlm. 53-99
· RU
18, hlm. 37-40
· Hand
Out P6
|
Materi praktikum dan keaktifan di kelas
|
|
8.
|
Mahasiswa mampu memahami anakon makrolinguistik dalam
pembelajaran bahasa Arab di Indonesia
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelaskan Kontrastif makrolinguistik
2.
Menjelaskan analisis teks kontrastif
3.
Menjelaskan analisis wacana
4.
Menjelaskan Analisis percakapan
|
Anakon makrolinguistik
Arab-Indonesia
|
Active
learning dengan diskusi
|
· RU
7, hlm. 169-214
· RU
9, hlm. 114-120
· RU
11, hlm. 117-152
· RU
18, hlm. 69-87
· Hand
Out P7
|
keaktifan di kelas
|
9.
|
Mahasiswa mampu memahami seluk beluk Anakes Berbahasa
|
Mahasiswa
dapat;
5.
Menjelaskan konsep Anakes
6.
Menjelaskan sejarah Anakes
7.
Menjelasakan perdebatan beberapa term “kesalahan”
8.
Menjelaskan penyebab kesalahan berbahasa
9.
Menjelaskan kemampuan berbahasa Arab
10.
Menjelaskan manfaat Anakes, terutama dalam pembelajaran
bahasa
|
Pengertian Anakes Berbahasa dan bahasa Arab
|
Active learning dengan diskusi
|
· RU
1, hlm. 87-98
· RU
3, hlm. 15-58
· RU
6, hlm. 64-69, 78-98
· RU
8, hlm. 47-58
· RU
9, hlm. 1-19, 95-104, 137-147
· RU
12, hlm. 119-200
· RU
15, hlm. 1-12
· RU
18, hlm. 9-11, 88-130
·
Hand Out P8
|
keaktifan di kelas
|
10.
|
Mahasiswa mampu membahas objek dan ruang lingkup kajian Anakes
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelasakn objek dan ruang lingkup kajian
Anakes
2.
Menjelaskan klasifikasi kesalahan berbahasa
3.
Menguraikan taksonomi Anakes
4.
Membedakan macam dan bentuk Taksonomi Anakes
5.
Memberikan contoh masing-masing bentuk
taksonomi.
|
Objek dan ruang
lingkup kajian Anakes
|
Active learning dengan diskusi
|
· RU
1, hlm. 87-99
· RU
3, hlm. 15-58
· RU
6, hlm. 139-201
· RU
8, hlm. 47-58
· RU
9, hlm. 95-104
· RU
12, hlm. 119-200
· RU
15, hlm. 12-17
· RU
18, hlm. 88-130
·
Hand Out P9
|
Materi tugas dan
keaktifan di kelas
|
11.
|
Mahasiswa mampu membahas metode analisis kesalahan berbahasa
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelaskan metode analisis bahasa
2.
Menjelaskan metode-dasar analisis bahasa dalam
aliran-aliran linguistik
3.
Menjelaskan analisis data bahasa dalam metode
penelitian bahasa
4.
Memberikan contoh analisa bahasa baik yang
berupa fonologi, morfologi, sintaksi maupun sintaksis
|
Metode analisis bahasa
|
Active learning dengan diskusi
|
· RU
8, hlm. 47-58
· RU
14, hlm. 103-129
· RU
15, hlm. 12-17
· RU
16, hlm. 179-213
·
Hand Out P10
|
keaktifan di kelas
|
12.
|
Mahasiswa
dapat;
5.
Membedakan analisa bahasa dengan analisis
kesalahan betbahasa
6.
Menjelaskan metode Anakes
7.
Menjelaskan macam-macam metode dan teknik Anakes
8.
Menguraikan metode dan teknik anakes dalam
pembelajatan bahasa kedua, bahasa Arab
|
Metode analisis kesalahan
berbahasa
|
Active learning dengan diskusi
|
· RU
1, hlm. 87-98
· RU
3, hlm. 15-58
· RU
6, hlm. 69-78
· RU
8, hlm. 47-58
· RU
9, hlm. 95-104,
· RU
12, hlm. 119-200
· RU
15, hlm. 12-17
· RU
18, hlm. 88-130
· Hand
Out P11
|
keaktifan di kelas
|
|
13.
|
Mahasiswa mampu mempraktikan Anakes linguistik dalam
pembelajaran bahasa Arab di Indonesia
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Mengumpulkan sampel (prediktif) kesalahan
fonologi-morfologi BA
2.
Mengidentifikasi kesalahan dalam Fonologi / morfologi BA
3.
Menjelaskan kesalahan fonologi /
morfologi BA
4.
Mengklasifikasi kesalahan fonologi / morfologi BA
5.
Mengevaluasi kesalahan fonologi / morfologi BA
6.
Mengaplikasikan Anakes dalam pembelajaran fonologi /
morfologi BA yang menyangkut teoritika, teknikal dan unsural
|
Anakes Fonologi / morfologi
Bahasa Arab
|
Diskusi
dan praktikum
|
· RU
1, hlm. 75-86
· RU
3, hlm. 29-119
· RU
6, hlm. 69-78
· RU
8, hlm. 44-47
· RU
10, hlm. 61-98, 121-134
· RU
12, hlm. 119-200
· RU
15, hlm. 17-52
· RU
17, hlm. all
· RU
18, hlm. 88-130
· Hand
Out P12
|
Materi praktikum
dan keaktifan di kelas
|
14.
|
Mahasiswa
dapat;
7.
Mengumpulkan sampel (prediktif) kesalahan sinta ksis/
semantik BA
8.
Mengidentifikasi kesalahan dalam sinta ksis/ semantik BA
9.
Menjelaskan kesalahan sinta ksis/ semantik BA
10.
Mengklasifikasi kesalahan sinta ksis/ semantik BA
11.
Mengevaluasi kesalahan sinta ksis/ semantik BA
·
Mengaplikasikan Anakes dalam pembelajaran sinta ksis/ semantik
BA yang menyangkut Teoritika, teknikal dan unsural
|
Anakes sintaksis / semantik
bahasa Arab
|
Diskusi
dan praktikum
|
· RU
1, hlm. 19-71
· RU
3, hlm. 121-288
· RU
6, hlm. 69-78
· RU
8, hlm. 44-47
· RU
10, hlm. 15-5, 99-120
· RU
11, hlm. 7-117
· RU
12, hlm. 119-200
· RU
15, hlm. 53-105
·
RU 17, hlm. all
· RU
18, hlm. 88-130
·
Hand Out P13
|
Materi praktikum dan keaktifan di kelas
|
C. REFERENSI
Utama (RU):
1.
Abdullah Sulaiman, Al-Akhta’
al-Lugawiyah al-Tahririyyah, Makkah: Jamiah Um al-Qura, t.th
2.
Abdul
Mu’in. Analisa Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Jakarta:
Pustaka al-Husna Baru. 2004.
3.
Ahmad Mukhatar Umar. Akhta’
al-Lugah al-‘Arabiya al-Mu‘Ashirah ‘Inda al-Kitab wa al-Ida‘iyin. Kairo:
Alam al-Kutub. 1993.
4.
Ahmad Sulaiman Taqut, Fi
‘Ilm al-Lugah al-Taqabuly, Iskandaria: Dar al-Ma’rifah, 1992
5.
Djoko Saryono. Hakikat
Linguistik Banding. Malang: Aditiya Media Publising. 2011.
6.
Henry Guntur Tarigan. Pengajaran
Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung : Penerbit Angkasa. 1988.
7.
Henry Guntur Tarigan. Pengajaran
Analisis Kontrastif Bahasa. Bandung : Angkasa. 2009.
8.
Jos. Daniel Parera. Linguistik
Edukasional. Jakarta: Erlangga.1987.
9.
Jos. Daniel Parera.
Linguistik Edukasional Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif antar Bahasa dan Analisis Kesalahan
Berbahasa. Jakarta:: Erlangga.1987.
10. Khali Ibn Hilal al-Abri. Akhta’
Al-Lugaiyah Syai‘ah. Kairo: Maktabah al-Jail al-Wa‘id. 2006.
11. Markhamah
dkk.. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta:
Muhammadiyah University Press. 2009.
12. Muhammad
Ismail dan Ishaq Muhammad al-Amin, Al-Taqabul al-Lugawi wa Tahlil al-Akhta’,
Riyad: Syuun al-Maktabat, 1982
13. Muhammad
Zain Ibn Mahmud, al-Fasail al-Nahwiyah fi al-Lugah al-‘Arabiyah wa
al-Malayuwiyyah Dirasah Taqabuliyyah, Kairo: Maktabah al-Adab, 2004
14. Muhammad Sulaiman Yaqut. Manhaj al-Bahst al-Lugawi, Dar
al-Ma’rifah al-Jami’ah. 2002.
15. Nanik
Setyawati. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia; Teori dan Praktek. Surakarta:
Yuma Pustaka. 2010.
16. Ramdlan ‘Abd al-Thawwab, al-Madkhal ila ‘ilm al-Lugah,
wa Manahij al-Bahst al-Lugawi, Kairo: Maktabah al-Khanji, 1885
17. Salah al-Din al-Ja‘balawi, Mu‘jam al-Akhta‘ al-Kuttab. Damaskus: Dar
al-Saqafah wa al-Trurast. 2006
18. Sri
Utari Subyakto-Nababa, Analisis kontrastif dan Kesalahan: Suatu Kajian dari
Sudut Pandang Guru, Jakarta: Program Pascasarjana IKIP Jakarta, 1994
19. Mansoer
Pateda, Linguistik Terapan, Flores: Nusa Indah, 1991.
Anjuran (RA):
1.
‘Iyas Abu Saud. Azahir al-Fushah fi Daqaiq
al-Lugah. Kairo: Dar al-Ma’arif. T.th.
2.
’Abdul Ghafar Hamid Hilal, ‘Ilm al-Lugah Bain
al-Qadim wa al-Hadits, Kairo: Universitas al-Azhar. 1998.
3.
A. Chaedar Alwasilah, Beberapa
Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik, Bandung: Angkasa, 1992.
4.
Abdul Chaer. Linguistik
Umum. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
5.
Abdus Slam Hamid. Al-Akhta’
al-Lugawiyah al-Syai‘ah Wa Hajah al-Mut‘allimin. Dalam Jurnal IMLA. Yogyakarta:
Idea Press. 2011.
6.
Ahmad
Fuad Efendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Miskat, 2005
7.
Amir Ma’ruf. Contrastive Study Of Directobject And
Indirect Object In Arabic and Bahasa Indonesia. Dalam Jurnal IMLA. Yogyakarta:
Idea Press. 2011.
8.
Dian Indihadi, Analisa
Kesalahan Berbahasa. File. PDF BBM 8.
9.
Dian Indihadi, Analisa
Kontrastif Dalam Pembelajarn Bahasa Kedua. File. PDF BBM 7.
10. Mahmud
‘Akadah. Al-Tahlil al-Lugawi fi Dzu‘ ‘Ilm al-Dalalah. Kairo: Dar
al-Nasyr li al-Jami‘at. 2005
11. Markhamah.
Ragam dan Analisis Kalimat Bahasa Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah
University Press. 2009.
12. Muhammad Hasan Jabal. al-Mukhtashar fi Ashwat al-Lugah
al-‘Arabiyah Dirasah Nadzariyah wa Tathbiqiyah. Kairo: Maktabah al-Adab.
2006.
13. Muhammad Muhammad Dawud, Al-‘Arabiyah wa ‘Ilm al-Lugah
al-Hadisah, Kairo: Dar al-Garib, 2001
14. Muhbib
Abdul Wahab. Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta:
UIN Jakarta Press. 2008
15. Nurhadi.
Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Algensindo. 2010
16. Samsuri, Berbagai Aliran Linguistik Abad XX, Jakarta:
Depdiknas, 1988.
17. Samsuri.
Analisis Bahasa; Memahami Bahasa secara Ilmiah. Malang: SAPDODADI NV.
T.th.
18. Sarwiji Suwardi. Serba Linguistik; Mengupas Belbagai
Praktik Berbahasa. Surakarta: UNS Press. 2008.
19. Soeparno, Dasar-Dasar Linguistik Umum, Yogyakarta:
Tiara Wacana. 2002
20. Sulaiman
Fayad. Al-Nahw al-‘Ashriy. Kairo: Mazkaz al-Ahram. T.th.
21. Tadjuddin.
Aspektualitas dalam Kajian Linguistik. Bandung: PT Alumni. 2005.
22. W.F.
Mackey. Language Teaching Analysis. Surabaya: Usaha Nasional. 1986.
23. Zaenal
Arifin dan Junaiyah. Morfologi Bentuk, Makna dan Fungsi. Jakarta:
Gramedia. 2007
24. dll.
D. ALAT BANTU
1. LCD
2. Alat-alat tulis
3. Microfon
4. Media-media yang relevan
|
E. LEVEL
TAKSONOMI
|
F. PENILAIAN
1. Keaktifan
di kelas : 20 %
2. Tugas : 20 %
4. UTS : 30 %
5. UAS :
30 %
TOTAL :
100 %
|
Pati, 1 Septembe 2015
Ketua Program
Studi, Dosen
Penanggung Jawab Perkuliahan,
Kadar, MA. Khabibi
Muhammad Luthfi, S.S., M.Hum.
0 Response to "SAP ILM AL-LUGAH AT-TATHBIQI"
Post a Comment