SAP
A.
Identitas
1.
Nama Mata kuliah :
Evaluasi Pendidikan Bahasa Arab
2.
Kode :
931113
2.
Satuan Kredit Semester :
2 (dua) SKS
3.
Jumlah Jam Kuliah dalam Seminggu :
100 Menit
4.
Penyusun :
5.
Penanggung Jawab Keilmuan :
6.
Revisi :
Kedua
7.
Tanggal Revisi :
10 Maret 2014
8.
Tanggal Mulai Berlaku :
11 Maret 2014
B.
Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan
pemahaman dalam bidang evaluasi pendidikan Bahasa Arab serta memiliki
keterampilan untuk mendesain dan menerapkan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab.
D
C. Standar Kompetensi
1.
Mahasiswa memahami pengertian, tujuan, fungsi dan aspek evaluasi pendidikan
2.
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
3.
Mahasiswa mampu memahami teknik-teknik evaluasi
4. Mahasiswa mampu mengembangkan
instrumen penilaian pembelajaran Bahasa Arab
5.
Mahasiswa mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian
6. Mahasiswa mampu menerapkan kriteria
penilaian dan melakukan penyekoran butir soal serta pengolahannya
7. Mahasiswa mampu melaksanakan
pelaporan hasil penilaian
D. Strategi Pembelajaran
1. Ceramah
2. Presentasi dan diskusi
3. Praktikum
4. Penugasan individual dan kelompok
G.
Rencana Kegiatan pembelajaran Mingguan
Minggu
Ke-
|
Pokok
Bahasan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Strategi
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
||||||||
1.
|
Pengertian Evaluasi,penilaian dan pengukuran
|
Mahasiswa memahami
pengertian, tujuan, fungsi dan aspek evaluasi pendidikan
|
Mahasiswa mampu:
1.Membedakan pengertian evaluasi,
penilaian dan pengukuran
2.Menjelaskan tujuan evaluasi pendidikan
3.Memaparkan fungsi evaluasi pendidikan
4.Menjelaskan aspek-aspek penilaian dalam pendidikan.
|
1. Evaluasi, penilaian dan
pengukuran
2. Tujuan evaluasi pendidikan
3. Fungsi Evaluasi Pendidikan
4. Aspek-aspek penilaian
|
Ceramah,presentasi
dan diskusi
|
100 Menit
|
||||||||
2.
|
Penilaian Berbasis Kelas
|
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip penilaian berbasis
kelas
|
1.
Menjelaskan
pengertian penilaian berbasis kelas
2.
Menerapkan
Prinsip-Prinsip evaluasi pendidikan berbasis kelas
|
1.
Pengertian
penilaian berbasis kelas
2.
Prinsip-prinsip
penilaian berbasis kelas
|
Presentasi, Diskusi
|
|||||||||
3.
|
Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi
|
Mahasiswa mampu memahami Prinsip dan Teknik-Teknik
Evaluasi
|
Mahasiswa mampu:
1.
Menjelaskan Prinsip Evaluasi
2. Menjelaskan Prinsip
dan Teknik-Teknik Evaluasi
|
1. Prinsip Evaluasi
2. Teknik-Teknik Evaluasi
|
Presentasi
dan diskusi
|
|||||||||
4.
|
Macam-macam Tes sebagai alat Evaluasi
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi macam-macam tes sebagai
alat evaluasi
|
Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan
Teknik Non Tes
2. Menjelaskan Teknik Tes
|
1.Teknik Non Tes
2. Teknik Tes
|
Presentasi dan Diskusi
|
|||||||||
5.
|
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menyimak
|
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian
keterampilan menyimak
|
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan
menyimak
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen
penilaian keterampilan menyimak
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian
keterampilan menyimak
|
1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan menyimak
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan menyimak
3. Contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian
keterampilan menyimak
|
Ceramah,presentasi
dan diskusi
|
100 Menit
|
||||||||
6.
|
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan berbicara
|
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian
keterampilan berbicara
|
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan
berbicara
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen
penilaian keterampilan berbicara
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian
keterampilan berbicara
|
1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan berbicara
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan berbicara
3. Contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian
keterampilan berbicara
|
Presentasi
dan diskusi
|
100 Menit
|
||||||||
7.
|
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan membaca
|
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian
keterampilan membaca
|
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan
membaca
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen
penilaian keterampilan membaca
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian
keterampilan membaca
|
1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan membaca
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan membaca
3. Contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian
keterampilan membaca
|
Presentasi
dan diskusi
|
100 Menit
|
||||||||
8.
|
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menulis
|
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian
keterampilan menulis
|
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan
menulis
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen
penilaian keterampilan menulis
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian
keterampilan menulis
|
1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan menulis
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan menulis
3. Contoh-contoh Pengembangan
Instrumen penilaian keterampilan menulis
|
Presentasi, Diskusi
|
100 Menit
|
||||||||
9.
|
Validitas Instrumen Penilaian
|
Mahasiswa mampu menguji
validitas instrumen penilaian
|
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan
pengertian dan jenis-jenis validitas instrumen penilaian
2.menganalisis validitas instrumen penilaian dengan rumus
statistik
|
1.Pengertian
validitas instrumen penilaian
2.Jenis-jenis
validitas instrumen penilaian
3.
Pengujian validitas butir instrumen penilaian
|
Presentasi, Diskusi dan Praktek
|
100 Menit
|
||||||||
10.
|
Reliabelitas Instrumen Penilaian
|
Mahasiswa mampu menguji reliabelitas instrumen penilaian
|
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan
pengertian dan jenis-jenis reliabelitas instrumen penilaian
2.menganalisis reliabelitas instrumen penilaian dengan
rumus statistik
|
1.Pengertian
reliabelitas instrumen penilaian
2.Jenis-jenis
reliabelitas instrumen penilaian
3. Pengujian reliabelitas butir instrumen penilaian
|
Presentasi, Diskusi dan praktek
|
|||||||||
11.
|
Penyekoran Butir Instrumen
|
Mahasiswa mampu menerapkan penyekoran butir instrumen
serta pengolahannya
|
Mahasiswa mampu:
1.Menerapkan penyekoran butir instrumen
2.Mengolah skor mentah menjadi skor matang
|
1.
Penyekoran
butir instrumen
2.
Mengolah
skor mentah menjadi skor matang
|
Presentasi, Diskusi dan Praktek
|
100 Menit
|
||||||||
12.
|
Menganalisis Hasil Tes
|
Mahasiswa mampu menganalisis Hasil Tes
|
Mahasiswa mampu:
1.Memahami
analisis hasil tes
2.
Menerapkan analisis hasil tes
|
1.Pengertian
analisis hasil tes
2.
Tujuan analisis hasil tes
3.Langkah-langkah
menganalisis hasil tes
|
Presentasi, Diskusi dan praktek
|
|||||||||
H.
Penilaian : kriteria dan cara evaluasi hasil pembelajaran
Penilaian hasil belajar didasarkan
pada Penilaian Acuan Patokan (PAP) dengan komposisi sebagai berikut:
1.
Partisipasi kelas
20%
2.
UTS (Ujian Tengah Semester) 25%
3.
UAS (Ujian Akhir Semester) 35%
4.
Tugas Lain
20%
I.
Referensi
1. Burhan Nurgiantoro, 1988, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan
Sastra, Yogyakarta:BPFE
2. Anas Sudijono, 2004, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:
Rajawali Press
3. Depag RI, 2004, Kurikulum 2004:Pedoman Umum Sistem
Penilaian, Jakarta: Dirjen Baga Islam
4. Wayan Nurkanca, Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha
Nasional
5. John C. Ory, 1993, Tips for Improving Testing and Grading, London:Sage
Publication
6. Arabic for All, 2004,
Al-Arabiyah Baina Yadaik
7. Saefuluddin Azwar, 2001, Dasar-Dasar Psikometri, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
8. Marry J. Allen, 1979, Introduction to Meassurement Theory, California:
Cole Publishing Comp
9. Singgih Santoso, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta:
Elex Media Komputindo
10. Asmawi Zainul, 1995, Penilaian Hasil Belajar, Jakarta: Diknas
PAU
Disusun Oleh: Disahkan Oleh,
Dosen Pengampu, Kaprodi
PBA STAIMAFA
Inayatul Ulya, MSI Ali
Subhan, MA I
0 Response to "SAP EVALUASI PENDIDIKAN"
Post a Comment