SAP EVALUASI PENDIDIKAN



SAP

A. Identitas
1. Nama Mata kuliah                                        : Evaluasi Pendidikan Bahasa Arab

2. Kode                                                               : 931113
2. Satuan Kredit Semester                              : 2 (dua) SKS
3. Jumlah Jam Kuliah dalam Seminggu       : 100 Menit
4. Penyusun                                                       :
5. Penanggung Jawab Keilmuan                   :
6. Revisi                                                              : Kedua
7. Tanggal Revisi                                              : 10 Maret 2014
8. Tanggal Mulai Berlaku                                : 11 Maret 2014

B. Standar Kompetensi
                                Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam bidang evaluasi pendidikan Bahasa Arab serta memiliki keterampilan untuk mendesain dan menerapkan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab.
D                  
                      C. Standar Kompetensi
                                1. Mahasiswa memahami pengertian, tujuan, fungsi dan aspek evaluasi pendidikan
                                2. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
                                3. Mahasiswa mampu memahami teknik-teknik evaluasi
                                4. Mahasiswa mampu mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran Bahasa Arab
                                5. Mahasiswa mampu menguji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian
                              6. Mahasiswa mampu menerapkan kriteria penilaian dan melakukan penyekoran butir soal serta pengolahannya
                              7. Mahasiswa mampu melaksanakan pelaporan hasil penilaian


D. Strategi Pembelajaran
1. Ceramah
2. Presentasi dan diskusi
3. Praktikum
4. Penugasan individual dan kelompok

G. Rencana Kegiatan pembelajaran Mingguan

Minggu Ke-
Pokok Bahasan
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Strategi Pembelajaran
Alokasi Waktu

1.
Pengertian Evaluasi,penilaian dan pengukuran
 Mahasiswa memahami pengertian, tujuan, fungsi dan aspek evaluasi pendidikan
Mahasiswa mampu:
1.Membedakan pengertian evaluasi, penilaian dan pengukuran
2.Menjelaskan tujuan evaluasi pendidikan
3.Memaparkan fungsi evaluasi pendidikan
4.Menjelaskan aspek-aspek penilaian dalam pendidikan.
1. Evaluasi, penilaian dan pengukuran
2. Tujuan evaluasi pendidikan
3. Fungsi Evaluasi Pendidikan
4. Aspek-aspek penilaian
Ceramah,presentasi
dan diskusi
100 Menit

2.
Penilaian Berbasis Kelas
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
1.    Menjelaskan pengertian penilaian berbasis kelas
2.    Menerapkan Prinsip-Prinsip evaluasi pendidikan berbasis kelas
1.    Pengertian penilaian berbasis kelas
2.    Prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas
Presentasi, Diskusi



3.
Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi
Mahasiswa mampu memahami Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi
Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan Prinsip Evaluasi
2. Menjelaskan  Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi
1. Prinsip Evaluasi
2. Teknik-Teknik Evaluasi
Presentasi
dan diskusi


4.
Macam-macam Tes sebagai alat Evaluasi
Mahasiswa mampu mengidentifikasi macam-macam tes sebagai alat evaluasi
Mahasiswa mampu:
 1. Menjelaskan Teknik Non Tes
2. Menjelaskan Teknik Tes
1.Teknik Non Tes
2. Teknik Tes
Presentasi dan Diskusi


5.
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menyimak
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian keterampilan menyimak
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan menyimak
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan menyimak
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menyimak

1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan menyimak
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan menyimak
3. Contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menyimak
Ceramah,presentasi
dan diskusi
100 Menit




6.
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan berbicara
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian keterampilan berbicara
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan berbicara
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan berbicara
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan berbicara
1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan berbicara
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan berbicara
3. Contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan berbicara
Presentasi
dan diskusi
100 Menit



7.
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan membaca
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian keterampilan membaca
Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan membaca
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan membaca
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan membaca
1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan membaca
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan membaca
3. Contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan membaca
Presentasi
dan diskusi
100 Menit




8.
Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menulis
Mahasiswa mampu mengembangkan Instrumen penilaian keterampilan menulis
 Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan Pengertian Instrumen penilaian keterampilan menulis
2. Memahami mampu menyebutkan jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan menulis
3. Membuat contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menulis

1. Pengertian Instrumen penilaian keterampilan menulis
2. Jenis-jenis instrumen penilaian keterampilan menulis
3. Contoh-contoh Pengembangan Instrumen penilaian keterampilan menulis
Presentasi, Diskusi
100 Menit



9.
Validitas Instrumen Penilaian
 Mahasiswa mampu menguji validitas instrumen penilaian
 Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan pengertian dan jenis-jenis validitas instrumen penilaian
2.menganalisis validitas instrumen penilaian dengan rumus statistik

1.Pengertian validitas instrumen penilaian
2.Jenis-jenis validitas instrumen penilaian
3. Pengujian validitas butir instrumen penilaian
Presentasi, Diskusi dan Praktek
100 Menit



10.
Reliabelitas Instrumen Penilaian
Mahasiswa mampu menguji reliabelitas instrumen penilaian
 Mahasiswa mampu:
1.menjelaskan pengertian dan jenis-jenis reliabelitas instrumen penilaian
2.menganalisis reliabelitas instrumen penilaian dengan rumus statistik


1.Pengertian reliabelitas instrumen penilaian
2.Jenis-jenis reliabelitas instrumen penilaian
3. Pengujian reliabelitas butir instrumen penilaian


Presentasi, Diskusi dan praktek




11.
Penyekoran Butir Instrumen
Mahasiswa mampu menerapkan penyekoran butir instrumen serta pengolahannya
Mahasiswa mampu:
1.Menerapkan penyekoran butir instrumen
2.Mengolah skor mentah menjadi skor matang

1.    Penyekoran butir instrumen
2.    Mengolah skor mentah menjadi skor matang
Presentasi, Diskusi dan Praktek
100 Menit




12.
Menganalisis Hasil Tes
Mahasiswa mampu menganalisis Hasil Tes
Mahasiswa mampu:
1.Memahami analisis hasil tes
2. Menerapkan analisis hasil tes

1.Pengertian analisis hasil tes
2. Tujuan analisis hasil tes
3.Langkah-langkah menganalisis hasil tes
Presentasi, Diskusi dan praktek























H. Penilaian : kriteria dan cara evaluasi hasil pembelajaran
          Penilaian hasil belajar didasarkan pada Penilaian Acuan Patokan (PAP) dengan komposisi sebagai berikut:
1. Partisipasi kelas                         20%
2. UTS (Ujian Tengah Semester)  25%
3. UAS (Ujian Akhir Semester)    35%
4. Tugas Lain                                20%

I. Referensi
1. Burhan Nurgiantoro, 1988, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta:BPFE
2. Anas Sudijono, 2004, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press
3. Depag RI, 2004, Kurikulum 2004:Pedoman Umum Sistem Penilaian, Jakarta: Dirjen Baga Islam
4. Wayan Nurkanca, Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional
5. John C. Ory, 1993, Tips for Improving Testing and Grading, London:Sage Publication
6. Arabic for All,  2004, Al-Arabiyah Baina Yadaik
7. Saefuluddin Azwar, 2001, Dasar-Dasar Psikometri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
8. Marry J. Allen, 1979, Introduction to Meassurement Theory, California: Cole Publishing Comp
9. Singgih Santoso, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: Elex Media Komputindo
10. Asmawi Zainul, 1995, Penilaian Hasil Belajar, Jakarta: Diknas PAU



Disusun Oleh:                                                                                                         Disahkan Oleh,
Dosen Pengampu,                                                                                                       Kaprodi PBA STAIMAFA


Inayatul Ulya, MSI                                                                                                     Ali Subhan, MA                                                                      I



0 Response to "SAP EVALUASI PENDIDIKAN"

Post a Comment