RESUME NDSA: ISTIQOMAH




RESUME
Apa itu istiqomah? Istiqomah memiliki arti konsisten dalam melakukan kebaikan, teguh dalam satu pendirian, tidak tergoyahkan berbagai macam rintangan, Jangan sampai salah dalam mengartikan kata istiqomah kedalam suatu yang buruk, cukuplah diberikan semangat berupa kata konsisten bagi orang – orang yang berusaha melakukan kebaikan.

Zuhud adalah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk kehidupan akhirat, Orang yang zuhud tidak menjadi bangga karena memiliki dunia dan tidak menjadi sedih karena kehilangan dunia. Zuhud adalah amal hati, sehingga yang bisa menilai hanya Allah. Karena itu, kita tidak bisa menilai status seseorang itu zuhud ataukah tidak zuhud, hanya semata dengan melihat penampilan luar. Kekayaan dan harta yang dimiliki, bukan standar zuhud. Orang bisa menjadi zuhud, sekalipun Allah memberikan banyak kekayaan kepadanya.
Tanda – tanda Zuhud :
1.      Tidak bergembira dengan apa yang ada
2.      Sama saja disisi-Nya orang yang mencela dan mencacinya
3.      Hatinya senantiasa bersama Allah
Kemandirian merupakan suatu kekuatan internal individu yang diperoleh secara individuasi, menurut KBBI mandiri adalah hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Dalam bahasa arab mandiri berarti berpegang kepercayaan pada diri sendiri, berikut adalah faktor – faktornya :
1.      Faktor Internal
a.       Kondisi Fisiologis
b.      Kondisi Psikologis
c.       Gen / keturunan orang tua
2.      Faktor Eksternal
a.       Pola asuh orang tua
b.      Sistem pendidikan disekolah
c.       Sistem kehidupan dimasyarakat
Tawadhu’ merupakan sikap pertengahan antara sombong dan melecehkan diri. Sombong berarti mengangkat diri terlalu tinggi hingga lebih dari yang semestinya. Sedangkan melecehkan yang dimaksud adalah menempatkan diri terlalu rendah sehingga sampai pada pelecehan hak. Intinya Tawadhu’ meupakan merendahkan diri.
Tawasuth adalah suatu pola mengambil jalan tengah bagi dua kutub pemikiran yang ekstrem (tatharuf), misalnya antara Qadariyah dan Jabariyah. Sedangkan Tawazun merupakan keseimbangan, terutama dalam dimensi sosial – politik.
Uswah Hasanah terdiri dari dua rangkaian kata, uswah (ikutan, panutan, tauladan) dan hasanah (yang baik). Maka Uswatun Hasanah bisa diartikan sebagai cintoh suri teladan yang baik. Keteladanan merupakan tindakan atau setiap sesuatu yang dapat ditiru atau diikuti oleh seseorang seseorang dari orang lain yang melakukannya.
Amanah berasal dari kata amuna yang bermakna tidak meniru, terpercaya, jujur, atau titipan. Segala sesuatu yang dipercayakan kepada manusia, baik yang menyangkut hak dirinya, hak orang lain, maupun hak Allah SWT.
Pertama, terkait dengan larangan menyembunyikan kesaksian atau keharusan memberikan kesaksian yang benar,
Kedua, terkait dengan keadilan atau pelaksanaan hukum secara adil,
Ketiga, terkait dengan sifat khianat.
Adapun macam – macam Amanah dibagi beberapa bagian sebagai berikut :
1.      Amanah fitrah
2.      Amanah taklif syar’i
3.      Amanah menjadi bukti keindahan Islam
4.      Amanah da’wah
5.      Amanah untuk mengukuhkan Kalimatullah di muka bumi
6.      Amanah tafaqqun fiddin

Hirsun merupakan ketamakan akan ilmu, artinya tidak ada perasaan puas dalam mencari beragam pengetahuan, baik agama maupun pengetahuan umum. Yaitu perhatian dan semangat dengan apa yang disampaikan gurunya. Sekaligus berupaya mengulang pelajarannya.
Al Kifah Mudawwamah secara bahasa dapat diartikan sebagai perjuangan, disini kita menamainya sebagai jihad. Dari bahasa arab jihada artinya mencurahkan kemampuan, sedang secara istilah jihad adalah pencurahan kemampuan untuk menantang sesuatu yang lain. Jika dalam syari’at kata ini diartikan sebagai memerangi orang yang disyari’atkan untuk diperangi dari kalangan orang – orang kafir harbi dan lainnya.
Al Kifah Mudawamah sebagai :
1.      Melakukan sesuatu tanpa pamrih
2.      Memulai sesuatu
3.      Berani mengambil resiko
Kesimpulannya sifat ini merupakan sal:ah satu sifat sholih yang harus dimiliki setiap orang.
Berkah berasal dari bahasa Arab : Barokah yang berarti nikmat (Kamus Al – Munawwir, 1997: 78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah Mubarak dan tabaruk, sedangkan menurut istilah berkah (barokah) artinya ziyadatul khair,yakni “bertambahnya kebaikan”. Berarti barokah adalah sumber kebaikan dari Allah, yang kebaikan itu dapat menjadi langgeng dan bahkan menambah kedekatan seseorang yang diberi kepada Allah yang Maha Pemberi.


0 Response to "RESUME NDSA: ISTIQOMAH"

Post a Comment