SATUAN
ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH
PSIKOLINGUISTIK
(’ILM
LUGHAH AL-NAFSI)
SAP ILMU AL-LUGHAH AL-NAFSI
A.
IDENTITAS
1.
Nama
Mata Kuliah : Ilmu al-Lughah
Al-Nafsi (Psikolinguistik)
2.
Kode
Mata Kuliah :
3.
Program
Studi : Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
4.
Jurusan
: Tarbiyah
5.
Bobot : 2 sks
6.
Penempatan : Semester IV
7.
Alokasi
waktu : 14 X 100 menit (1400 menit)
8.
Dosen
pengampu :
B.
UNSUR-UNSUR SILABUS :
Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami
psikolinguistik, hubungan bahasa, berbahasa dan berfikir serta kontribusinya dalam pembelajaran bahasa,
terutama bahasa Arab.
Deskripsi mata kuliah : Psikolinguistik adalah ilmu
yang interdisipliner, yakni gabungan dua disiplin ilmu linguistik dan
psikologi. Psikolinguistik merupakan studi mengenai perolehan, pembelajaran dan
penggunaan bahasa oleh manusia. Dalam matakuliah ini setidaknya menyoroti enam hal yakni, 1) resepsi/persepsi/komprehensi bahasa
manusia, 2) kognitif bahasa yang menjelaskan tentang memori, 3) Penggunaan
(produksi) bahasa yang dilakukan oleh manusia. 4) Landasan biologis dan
neurologis berbahasa, 5) Pemerolehan dan pembelajaran bahasa pada anak, 6)
penerapan psikolinguistik dalam pembelajran bahasa ke2. Dengan begitu
pembahasan pada psikolinguistik di antaranya adalah hubungan bahasa,
berbahasa dan berfikir, komprehensi bahasa,
memori, kompetensi dan performansi bahasa, produksi bahasa, Neurolinguistik,
biologi bahasa, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, membaca dalam
pskolinguistik dan lain sebagainya. Semua materi ini terangkum dalam tiga model
psikolinguistik, yakni psikolinguistik umum, psikolinguistik perkembangan dan
psikolinguistik terapan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Strategi Pembelajaran
|
Sumber Primer
|
Evaluasi
|
1.
|
Mahasiswa mampu memahami kerangka materi dan sistem perkuliahan
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Memahami ruang lingkup materi Psikolinguistik selama satu
semester
2.
Memahami strategi pembelajaran Psikolinguistik
3.
Memahami referensi-refrensi Psikolinguistik
4.
Beradaptasi dengan aturan main perkuliahan
|
Ta'aruf, soal pretest, Pengantar perkuliahan dan kontrak sistem
pembelajaran
|
Pretes,
diskusi dan ceramah pengantar
|
Soal pretes dan silabus dari Dosen pengampu
|
latihan pretes dan diskusi
|
2.
|
Mahasiswa mampu membahas seluk beluk Psikolinguistik.
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelaskan Psikolinguistik;
2.
Menjelaskan sejarah lahirnya Psikolinguistik
3.
Menjelaskan
macam-macam psikolinguistik
4.
Membedakan objek kajian psikologi linguistik dan
psikolinguistik
5.
Menjelaskan manfaat
psikolinguistik khususnya dalam pembelajaran bahasa
|
Psikolinguistik dan Ruang lingkup Kajian
|
Active
learning dengan diskusi
|
· RU 1, hlm. 1-6
· RU 2, hlm. 1-29
· RU 7, hlm. 71-78, 133-139
· RU 8, hlm. 1-15, 98-110
· RU 9, hlm. 1-24
· RU 10, hlm. 1-28
· RU
11, hlm. 1-30
· RU
12, hlm. 1-8
· RU
14, hlm. 1-26
·
Hand Out
P1
|
Keaktifan di kelas
|
3.
|
Mahasiswa mampu
menghubungkan bahasa, berbahasa dan berfikir
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelaskan hakikat bahasa
2.
Menjelaskan proses berbahasa
3.
Menjelaskan pengertian berfikir
4.
Menghubungankan bahasa, berbahasa dan berfikir
|
Hubungan bahasa, berbahasa dan berfikir
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 2, hlm. 30-64
· RU 3, hlm. 101-112, 241-274
· RU 5, hlm. 304-222
· RU 6, hlm. 112-126, 147-165
· RU 7, hlm. 31-38, 78-79, 89-92,
· RU
11, hlm. 20-42
· RU
12, hlm. 8-28, 282-290
· RU
9, hlm. 1-10, 13-34, 58-62, 140-161
· RU
14, hlm. 1-26
·
Hand Out
P2
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
4.
|
Mahasiswa
mampu memahami psikolinguistik umum yang meliputi konprehensi ujaran, memori
bahasa dan produksi ujaran
|
Mahasiswa
dapat;
1.
Menjelaskan konsep resepsi, persepsi dan komprehensi ujaran
2.
Menjelaskan tahap-tahapan resepsi, persepsi dan komprehensi
3.
Menjelaskan hipotesa resepsi, persepsi
dan komprehensi ujaran
4.
Menjelaskan kompetensi berbahasa
5.
Menjelaskan strategi memahami ujaran
|
Komprehensi dan kompetensi Bahasa
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 1, hlm. 78-80
· RU 2, hlm. 76-82, 108-114
· RU 3, hlm. 176-192
· RU 4, hlm. 9-67
· RU 5, hlm. 191-203
· RU 8, hlm. 39-46
· RU
12, hlm. 29-75
· RU
9, hlm. 37-57
· RU
14, hlm. 39-46
· RU
15, hlm. 229-268
·
Hand Out
P3
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
5.
|
Mahasiswa
dapat;
6.
Menjelaskan kosep memori bahasa
7.
Menjelaskan pembentukan dan pemakaian memori bahasa
8.
Menjelaskan penyimpanan dan retrival kata
9.
Menjelaskan organisasi konsep
10.
Menjelaskan pemanggilan bahasa
|
Memori
Bahasa
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 3, hlm. 193-240
· RU 5, hlm. 168-175
· RU 6, hlm. 127-140
· RU 8, hlm. 88-90
· RU
9, hlm. 58-72, 124-139
· RU 10, hlm. 51-59
· RU
11, hlm. 17-19
· RU
12, hlm. 84-92, 161-188, 269-288
· RU
15, hlm. 229-268
·
Hand Out
P4
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
|
6.
|
Mahasiswa dapat;
1.
Menjelaskan konsep produksi ujaran
2.
Menjelaskan tahap produksi ujaran
3.
Menjelaskan proses pengujaran
4.
Menjelasakan proses tindak ujaran
5.
Menjelaskan performasi berbahasa
|
Produksi dan performasi bahasa
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 1, hlm. 78-80
· RU 2, hlm. 76-82, 108-114
· RU 3, hlm. 173-176
· RU 4, hlm. 9-67
· RU 6, hlm. 75-94, 123-127
· RU 8, hlm. 60-061
· RU
12, hlm. 93-140
· RU
9, hlm. 58-63
· RU
14, hlm. 27-30
· RU
15, hlm. 229-268
·
Hand Out
P5
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
|
7.
|
Mahasiswa mampu membahas
landasan berbahasa
|
Mahasiswa dapat;
1.
Menjelasakan konsep biologi bahasa
2.
Menjelaskan alat ucap manusia
3.
Menjelaskan perkembangan alat ucap
4.
Menghubungkan perkembangan alat ujar dengan proses berbahasa
5.
Membedakan struktur artikulator manusia dan hewan
|
Biologi
Bahasa manusia dan hewan dalam berbahasa
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 8, hlm. 39-46
· RU
12, hlm. 189-200
· RU
9, hlm. 114-123
· RU
15, hlm. 41-92
·
Hand Out
P6
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
8.
|
Mahasiswa dapat;
6.
Menjelaskan konsep neurologi bahasa
7.
Menjelaskan otak manusia
8.
Menghubungkan konsep otak dengan bahasa
9.
Menganalisis teori dan metode penelitian otak
|
Neurologi Bahasa dan
macam-macamnya
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 2, hlm. 1-44
· RU 3, hlm. 17-100, 309-320
· RU 6, hlm. 9-21
· RU 8, hlm. 39-46
· RU 10, hlm. 59-68
· RU
12, hlm. 201-224
· RU
9, hlm. 107-114
· RU
15, hlm. 41-92
·
Hand Out
P6
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
|
9.
|
Mahasiswa
mampu memahami gangguan berbahasa
|
1. Menjelaskan konsep patologi bahasa
2. Menjelaskan gangguan anatomi tubuh (organ wicara dan neurologi)
3. Menjelaskan gangguan mental
4. Menjelaskan gangguan sosial
|
Gangguan Berbahasa
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 2, hlm. 148-168
· RU 7, hlm. 100-104
· RU 8, hlm. 111-117
· RU 10, hlm. 113-132
· RU
11, hlm. 82-89
· RU
12, hlm. 141-161
· RU
13, hlm. 213-218
·
Hand Out
P8
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
10.
|
Mahasiswa mampi memahami pemerolehan
bahasa yang meliputi pemerolehan semantik,
sintaksis,leksikon dan fonologi dan pragmatik
|
Mahasiswa dapat;
2. Menjelaskan teori-teori
pemerolehan
3. Menjelaskan faktor-fakor yang
mempengaruhi pemerolehan bahasa
4. Menjelaskan teori-teori
pemerolehan semantik
5. Menjelaskan teori-teori
pemerolehan sintaksis
|
Pemerolehan semantik dan sintaksis
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 1, hlm. 7-39, 61-97
· RU 2, hlm. 167-201
· RU 3, hlm. 113-159
· RU 5, hlm. 17-79, 101-109, 125-146
· RU 6, hlm. 34-74, 95-111
· RU 7, hlm. 84-86
· RU 8, hlm. 45-79
· RU 9, hlm. 23-38, 79-97, 149-157
· RU 10, hlm. 67-70, 108-112
· RU 11, hlm. 47-54
· RU
12, hlm. 225-244, 246-257, 268-269
· RU
9, hlm. 72-82, 124-139
· RU
15, hlm. 145-216
·
Hand Out
P10
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
11.
|
Mahasiswa dapat;
6.
Menjelaskan teori-teori pemerolehan leksikon
7.
Menjelaskan teori-teori pemerolehan fonologi
8.
Menjelaskan perolehan pragmatik
9.
Menjelaskan Pengembangan Piranti wacana
|
Pemerolehan leksikon,
fonologi, pragmatik dan wacana
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 1, hlm. 7-39, 61-97
· RU 2, hlm. 202-220
· RU 3, hlm. 113-159
· RU 5, hlm. 17-79, 176-184
· RU 6, hlm. 22-34, 75-94, 231-250
· RU 7, hlm. 84-86, 117-122
· RU 8, hlm. 45-79
· RU 9, hlm. 23-38, 79-97, 149-157
· RU 10, hlm. 103-108
· RU 11, hlm. 43-47,
· RU
12, hlm. 244-246, 257-269
·
Hand Out
P11
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
|
12.
|
Mahasiswa mampu memahami Psikolinguistik perkembangan
|
Mahasiswa dapat;
1. Menjelaskan perkembangan
motorik
2. Menjelaskan perkembangan
kognitif
3. Menjelaskan perkembangan sosial
dan komunikasi
4. Menjelaskan perkembangan bahasa
5. Menjelaskan teori-teori
perkembangan bahasa anak
6. Menjelasakan pemerolehan
bilingualisme
|
Perkembangan Bahasa Anak
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 1, hlm. 7-39, 61-107
· RU 2, hlm. 221-241
· RU 5, hlm. 101-108
· RU 6, hlm. 166-184, 231-250
· RU 7, hlm. 89-100
· RU 8, hlm. 45-79
· RU 10, hlm. 71-77, 91-102
· RU 11, hlm. 47-54
· RU
9, hlm. 103-106
· RU
14, hlm. 68-91
·
Hand Out
P11
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
13.
|
Mahasiswa dapat;
7. Menjelaskan perbedaan
pemerolehan dan pembelajaran bahasa
8. Menjelaskan sejarah
pembelajaran bahasa
9. Menjelaskan teori-teori
pembelajaran bahasa
10. Menjelaskan interferensi bahasa
11. Menjelaskan Kontribusi
psikolinguistik dalam ketrampilan pembelajaran bahasa Arab
|
Pembelajaran Bahasa dalam Psikolinguistik
|
Active learning dengan presentasi dan
diskusi
|
· RU 1, hlm. 242-266
· RU 5, hlm. 109-146
· RU 6, hlm. 185-250
· RU 7, hlm. 84-89, 133-139, 148-160,
· RU 8, hlm. 70-111
· RU 9, hlm. 38-78, 97-148, 157-188
· RU 10, hlm. 77-90
· RU 16. hlm. all
· RU 11, hlm. 89-98
· RU
9, hlm. 82-106, 162-172
· RU
14, hlm. 92-101
· RU
15, hlm. 145-268
·
Hand Out
P12
|
Presentasi, materi makalah dan
keaktifan diskusi
|
|
14.
|
Mahasiswa
mampu Memahami membaca dalam psikolinguistik
|
Mahasiswa dapat;
1.
Menjelaskan sejarah tulisan
2.
Menjelaskan grafem dan fonem
3.
Menjelaskan elemen pada huruf
4.
Menjelaskan Tahap dalam membaca
5.
Menjelaskan metode pengajaran membaca
6.
Menjelaskan model-model membaca
|
Membaca
dalam psikolinguistik
|
Active learning dengan diskusi
|
· RU 3, hlm. 295-308
· RU 11, hlm. 79-82
· RU 12, hlm. 291-310
· RU
9, hlm. 82-106, 162-172
· RU
14, hlm. 92-101
· RU
15, hlm. 244-261
·
Hand Out
P12
|
Keaktifan di kelas
|
C. REFERENSI
Utama (RU) :
1.
Abdul Aziz
bin Ibarahim. Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab. Terj. Jailani
Musni. Bandung: Humaniora. 2009
2.
Abdul Chaer. Psikolinguistik. Jakarta:
Rineka Cipta. 2003.
3.
Arifuddin. NeuroPsikolinguistik.
Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2010.
4.
Geoffrey
Sampson, Scools of Linguistics, terj. Abd. Syakur Ibrahim. Suarabaya:
Usaha Nasional. 1987.
5.
Jalal Syamsuddin. 'Ilm al-Lugah
al-Nafsi al-Juz al-Awwal. Iskandaria: Al-Nasy Muassisah al-Saqafah
al-Jami'iyah. 2004.
6.
Jalal Syamsuddin. 'Ilm al-Lugah
al-Nafsi al-Juz al-Tsani. Iskandaria: Al-Nasy Muassisah al-Saqafah
al-Jami'iyah. 2004.
7.
Jos Daniel
Parera. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga. 1987.
8.
Kholid A. Harras dan Andika Dutha Bachari. Dasar-Dasar
Psikolinguistik. Bandung: UPI Press. 2009
9.
Nazri Syakur.
Proses Psikologik dalam Proses Pemerolehan dan Belajar Bahasa (Seri
Psikolinguistik). Yogyakarta: Teras. 2009.
10. Rohmani Nur Indah. Psikolinguistik Konsep dan
Isu Umum. Malang: UIN Malang Press.
2008
11. S. Wojowasito. Pengajaran Bahasa Kedua, Bahasa
Asing, Bukan Bahasa Ibu. Bandung: Sinta Darma. 1977.
12. Samsunuwiyati
Mar’at. Psikolinguistik.Bandung: Refika Aditama. 2005.
13. Soedjono
Dardjowidjoyo. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor. 2003.
14. Sri
Utari Subyakto-Nababan. Psikolinguistik. Jakarta: Gramedia. 1992.
15. Widjajanti W. Dharmowijono. Psikolinguistik;
Teori Kemampuan Berbahasa dan Pemerolehan Bahasa Anak. Denpasar: Udayana
University Press. 2009
16. Abdul Majid Sayyid Ahmad, ‘Ilm al-Lugah
al-Nafsi, Riyad: Syu’un al-Maktabat, 1982
Anjuran (RA) :
1.
C.A.
dan Snow Ferguson C (ed). Talking to Children: Language Input and
Acquisition. New York: Cambridge University Press. 1977.
2.
Danny D.
Steinberg. Psycholinguistic Language, Mind and World. New York: Longman
Group Ltd. 1982.
3.
Fuad Abdul
Hamid. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Depdikbud. 1987.
4.
Fuad Abdul
Hamied. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Depdikbud. 1987.
5.
H.Guntru
Tarigan. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa. 1988.
6.
H.Guntru Tarigan. Psikolinguistik.
Bandung: Angkasa. 1985.
7.
H.H. Clark
dan Clark. Psychology and Language: An Introduction to Psycholinguistics. New
York: Harcourt Brace Jovanovich. 1977.
8.
H.H.
Stern. Fundamental Conceps of Language Teaching. London: Oxford,
University Press. 1983.
9.
Heidi Dulay
Marina Burt & Stephen D. Krashen. Language Two. Oxford: Oxford
University Press. 1982.
10.
Herbert Clarck,
and Eve V. Clark. Psychology and Language: an Introduction to
Psycholinguistics. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc. 1977.
11.
James J.
Asher. Learning Another Language Through Actions. Sky Oaks Productions,
Inc. 1996.
12.
Karna Yudibrata dkk. Psikolinguistik.
Bandung: UPI Diknas. 1998.
13. Mamluatul Hasanah. Proses Manusia Berbahasa
Perspektif al-Qur’an dan Psikolinguistik. Malang: UIN Malang Press. 2010
14.
Mangantar
Simanjuntak. Pengantar Psikolinguistik Modern. Kuala Lumpur: Dewan
Bahasa dan Pustaka Malaysia. 1987.
15. Mangantar Simanjutak, Teori
Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik Wwrnicke,Jakarta: Gaya Media Pratama, 1990
16.
Mansoer Pateda. Aspek-aspek
Psikolinguistik. Ende:Nusa Indah. 1990.
17. Mark Mumenthaler. Neurologi. Terj. Wendra
Ali. Jakarta: Binarupa Aksara. 1995.
18. Matt Jarvis, Teori-Teori Psikologi,Bandung:
Nusa Media. 2009.
19.
Michael Garman. Psycholinguistcs.
London: Cambride University Prees. 1996.
20. Nur Hadi. Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa
Kedua. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2010
21.
Stephen D
Krashen dan Terrell, Tracy D. The
Natural Approach: Language Acquisition in the Classroom. Oxford: Pergamon
Press. 1983
22. Dll.
D. ALAT BANTU
1. LCD
2. Alat-alat
tulis
3. Microfon
4.
Media-media yang relevan
|
E. LEVEL TAKSONOMI
|
F. PENILAIAN
1.
Keaktifan di kelas : 20 %
2.
Tugas : 20 %
3.
UTS : 25 %
4.
UAS : 35 %
TOTAL : 100 %
|
0 Response to "CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK (’ILM LUGHAH AL-NAFSI)"
Post a Comment