CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK (’ILM LUGHAH AL-NAFSI)



SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH
PSIKOLINGUISTIK
(’ILM LUGHAH AL-NAFSI)





















SAP ILMU AL-LUGHAH AL-NAFSI

A. IDENTITAS
1.        Nama Mata Kuliah     :    Ilmu al-Lughah Al-Nafsi (Psikolinguistik)
2.        Kode Mata Kuliah      :   
3.        Program Studi             :    Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
4.        Jurusan                        :    Tarbiyah     
5.        Bobot                          :    2 sks
6.        Penempatan                :    Semester IV
7.        Alokasi waktu             :    14 X 100 menit (1400 menit)
8.        Dosen pengampu        :   

B. UNSUR-UNSUR SILABUS        :
Standar Kompetensi         :   Mahasiswa mampu memahami psikolinguistik, hubungan bahasa, berbahasa dan berfikir serta kontribusinya dalam pembelajaran bahasa, terutama bahasa Arab.

Deskripsi mata kuliah       :   Psikolinguistik adalah ilmu yang interdisipliner, yakni gabungan dua disiplin ilmu linguistik dan psikologi. Psikolinguistik merupakan studi mengenai perolehan, pembelajaran dan penggunaan bahasa oleh manusia. Dalam matakuliah ini setidaknya menyoroti enam hal yakni, 1) resepsi/persepsi/komprehensi bahasa manusia, 2) kognitif bahasa yang menjelaskan tentang memori, 3) Penggunaan (produksi) bahasa yang dilakukan oleh manusia. 4) Landasan biologis dan neurologis berbahasa, 5) Pemerolehan dan pembelajaran bahasa pada anak, 6) penerapan psikolinguistik dalam pembelajran bahasa ke2. Dengan begitu pembahasan pada psikolinguistik di antaranya adalah hubungan bahasa, berbahasa dan berfikir, komprehensi bahasa, memori, kompetensi dan performansi bahasa, produksi bahasa, Neurolinguistik, biologi bahasa, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, membaca dalam pskolinguistik dan lain sebagainya. Semua materi ini terangkum dalam tiga model psikolinguistik, yakni psikolinguistik umum, psikolinguistik perkembangan dan psikolinguistik terapan.

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok

Strategi Pembelajaran

Sumber Primer
Evaluasi
1.
Mahasiswa mampu memahami kerangka materi dan sistem perkuliahan
Mahasiswa dapat;
1.     Memahami ruang lingkup materi Psikolinguistik selama satu semester
2.     Memahami strategi pembelajaran Psikolinguistik
3.     Memahami referensi-refrensi Psikolinguistik
4.     Beradaptasi dengan aturan main perkuliahan
Ta'aruf, soal pretest, Pengantar perkuliahan dan kontrak sistem pembelajaran
Pretes, diskusi dan ceramah pengantar
Soal pretes dan silabus dari Dosen pengampu
latihan pretes dan diskusi
2.
Mahasiswa mampu membahas seluk beluk Psikolinguistik.
Mahasiswa dapat;  
1.     Menjelaskan Psikolinguistik;
2.     Menjelaskan sejarah lahirnya Psikolinguistik
3.     Menjelaskan macam-macam psikolinguistik
4.     Membedakan objek kajian psikologi linguistik dan psikolinguistik
5.     Menjelaskan manfaat psikolinguistik khususnya dalam pembelajaran bahasa
Psikolinguistik  dan Ruang lingkup Kajian
Active learning dengan diskusi
·      RU 1, hlm. 1-6
·      RU 2, hlm. 1-29
·      RU 7, hlm. 71-78, 133-139
·      RU 8, hlm. 1-15, 98-110
·      RU 9, hlm. 1-24
·      RU 10, hlm. 1-28
·      RU 11, hlm. 1-30
·      RU 12, hlm. 1-8
·      RU 14, hlm. 1-26
·      Hand Out P1
Keaktifan  di kelas
3.
Mahasiswa mampu menghubungkan bahasa, berbahasa dan berfikir
Mahasiswa dapat;  
1.     Menjelaskan hakikat bahasa
2.     Menjelaskan proses berbahasa
3.     Menjelaskan pengertian berfikir
4.     Menghubungankan bahasa, berbahasa dan berfikir
Hubungan bahasa, berbahasa dan berfikir
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 2, hlm. 30-64
·      RU 3, hlm. 101-112, 241-274
·      RU 5, hlm. 304-222
·      RU 6, hlm. 112-126, 147-165
·      RU 7, hlm. 31-38, 78-79, 89-92,
·      RU 11, hlm. 20-42
·      RU 12, hlm. 8-28, 282-290
·      RU 9, hlm. 1-10, 13-34, 58-62, 140-161
·      RU 14, hlm. 1-26
·      Hand Out P2
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
4.
Mahasiswa mampu memahami psikolinguistik umum yang meliputi konprehensi ujaran, memori bahasa dan produksi ujaran
Mahasiswa dapat;  
1.     Menjelaskan konsep resepsi, persepsi dan komprehensi ujaran
2.     Menjelaskan tahap-tahapan resepsi, persepsi dan komprehensi
3.     Menjelaskan hipotesa  resepsi, persepsi dan komprehensi ujaran
4.     Menjelaskan kompetensi berbahasa
5.     Menjelaskan strategi memahami ujaran
Komprehensi dan kompetensi Bahasa
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 1, hlm. 78-80
·      RU 2, hlm. 76-82, 108-114
·      RU 3, hlm. 176-192
·      RU 4, hlm. 9-67
·      RU 5, hlm. 191-203
·      RU 8, hlm. 39-46
·      RU 12, hlm. 29-75
·      RU 9, hlm. 37-57
·      RU 14, hlm. 39-46
·      RU 15, hlm. 229-268
·      Hand Out P3
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
5.

Mahasiswa dapat;
6.     Menjelaskan kosep memori bahasa
7.     Menjelaskan pembentukan dan pemakaian memori bahasa
8.     Menjelaskan penyimpanan dan retrival kata
9.     Menjelaskan organisasi konsep
10.   Menjelaskan pemanggilan bahasa
Memori Bahasa
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 3, hlm. 193-240
·      RU 5, hlm. 168-175
·      RU 6, hlm. 127-140
·      RU 8, hlm. 88-90
·      RU 9, hlm. 58-72, 124-139
·      RU 10, hlm. 51-59
·      RU 11, hlm. 17-19
·      RU 12, hlm. 84-92, 161-188, 269-288
·      RU 15, hlm. 229-268
·      Hand Out P4
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
6.

Mahasiswa dapat;
1.     Menjelaskan konsep produksi ujaran
2.     Menjelaskan tahap produksi ujaran
3.     Menjelaskan proses pengujaran
4.     Menjelasakan proses tindak ujaran
5.     Menjelaskan performasi berbahasa
Produksi dan performasi bahasa
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 1, hlm. 78-80
·      RU 2, hlm. 76-82, 108-114
·      RU 3, hlm. 173-176
·      RU 4, hlm. 9-67
·      RU 6, hlm. 75-94, 123-127
·      RU 8, hlm. 60-061
·      RU 12, hlm. 93-140
·      RU 9, hlm. 58-63
·      RU 14, hlm. 27-30
·      RU 15, hlm. 229-268
·      Hand Out P5
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
7.
Mahasiswa mampu membahas landasan berbahasa
Mahasiswa dapat;
1.     Menjelasakan konsep  biologi bahasa
2.     Menjelaskan alat ucap manusia
3.     Menjelaskan perkembangan alat ucap
4.     Menghubungkan perkembangan alat ujar dengan proses berbahasa
5.     Membedakan struktur artikulator manusia dan hewan
Biologi Bahasa manusia dan hewan dalam berbahasa
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 8, hlm. 39-46
·      RU 12, hlm. 189-200
·      RU 9, hlm. 114-123
·      RU 15, hlm. 41-92
·      Hand Out P6
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
8.

Mahasiswa dapat;
6.     Menjelaskan konsep neurologi bahasa
7.     Menjelaskan otak manusia
8.     Menghubungkan konsep otak dengan bahasa
9.     Menganalisis teori dan metode penelitian otak
Neurologi Bahasa dan macam-macamnya
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 2, hlm. 1-44
·      RU 3, hlm. 17-100, 309-320
·      RU 6, hlm. 9-21
·      RU 8, hlm. 39-46
·      RU 10, hlm. 59-68
·      RU 12, hlm. 201-224
·      RU 9, hlm. 107-114
·      RU 15, hlm. 41-92
·      Hand Out P6
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
9.
Mahasiswa mampu memahami gangguan berbahasa
1.     Menjelaskan konsep patologi bahasa
2.     Menjelaskan gangguan anatomi tubuh (organ wicara dan neurologi)
3.     Menjelaskan gangguan mental
4.     Menjelaskan gangguan sosial
Gangguan Berbahasa
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 2, hlm. 148-168
·      RU 7, hlm. 100-104
·      RU 8, hlm. 111-117
·      RU 10, hlm. 113-132
·      RU 11, hlm. 82-89
·      RU 12, hlm. 141-161
·      RU 13, hlm. 213-218
·      Hand Out P8
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
10.
Mahasiswa mampi memahami pemerolehan bahasa yang meliputi pemerolehan semantik, sintaksis,leksikon dan fonologi dan pragmatik
Mahasiswa dapat;
2.     Menjelaskan teori-teori pemerolehan
3.     Menjelaskan faktor-fakor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
4.     Menjelaskan teori-teori pemerolehan semantik
5.     Menjelaskan teori-teori pemerolehan sintaksis
Pemerolehan semantik dan sintaksis
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 1, hlm. 7-39, 61-97
·      RU 2, hlm. 167-201
·      RU 3, hlm. 113-159
·      RU 5, hlm. 17-79, 101-109, 125-146
·      RU 6, hlm. 34-74, 95-111
·      RU 7, hlm. 84-86
·      RU 8, hlm. 45-79
·      RU 9, hlm. 23-38, 79-97, 149-157
·      RU 10, hlm. 67-70, 108-112
·      RU 11, hlm. 47-54
·      RU 12, hlm. 225-244, 246-257, 268-269
·      RU 9, hlm. 72-82, 124-139
·      RU 15, hlm. 145-216
·      Hand Out P10
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
11.

Mahasiswa dapat;
6.     Menjelaskan teori-teori pemerolehan leksikon
7.     Menjelaskan teori-teori pemerolehan fonologi
8.     Menjelaskan perolehan pragmatik
9.     Menjelaskan Pengembangan Piranti wacana
Pemerolehan leksikon, fonologi, pragmatik dan wacana
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 1, hlm. 7-39, 61-97
·      RU 2, hlm. 202-220
·      RU 3, hlm. 113-159
·      RU 5, hlm. 17-79, 176-184
·      RU 6, hlm. 22-34, 75-94, 231-250
·      RU 7, hlm. 84-86, 117-122
·      RU 8, hlm. 45-79
·      RU 9, hlm. 23-38, 79-97, 149-157
·      RU 10, hlm. 103-108
·      RU 11, hlm. 43-47,
·      RU 12, hlm. 244-246, 257-269
·      Hand Out P11
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
12.
Mahasiswa mampu memahami Psikolinguistik perkembangan
Mahasiswa dapat;
1.     Menjelaskan perkembangan motorik
2.     Menjelaskan perkembangan kognitif
3.     Menjelaskan perkembangan sosial dan komunikasi
4.     Menjelaskan perkembangan bahasa
5.     Menjelaskan teori-teori perkembangan bahasa anak
6.     Menjelasakan pemerolehan bilingualisme
Perkembangan Bahasa Anak
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 1, hlm. 7-39, 61-107
·      RU 2, hlm. 221-241
·      RU 5, hlm. 101-108
·      RU 6, hlm. 166-184, 231-250
·      RU 7, hlm. 89-100
·      RU 8, hlm. 45-79
·      RU 10, hlm. 71-77, 91-102
·      RU 11, hlm. 47-54
·      RU 9, hlm. 103-106
·      RU 14, hlm. 68-91
·      Hand Out P11
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
13.

Mahasiswa dapat;
7.     Menjelaskan perbedaan pemerolehan dan pembelajaran bahasa
8.     Menjelaskan sejarah pembelajaran bahasa
9.     Menjelaskan teori-teori pembelajaran bahasa
10.   Menjelaskan interferensi bahasa
11.   Menjelaskan Kontribusi psikolinguistik dalam ketrampilan pembelajaran bahasa Arab
Pembelajaran Bahasa dalam Psikolinguistik
Active learning dengan presentasi dan diskusi
·      RU 1, hlm. 242-266
·      RU 5, hlm. 109-146
·      RU 6, hlm. 185-250
·      RU 7, hlm. 84-89, 133-139, 148-160,
·      RU 8, hlm. 70-111
·      RU 9, hlm. 38-78, 97-148, 157-188
·      RU 10, hlm. 77-90
·      RU 16. hlm.  all
·      RU 11, hlm. 89-98
·      RU 9, hlm. 82-106, 162-172
·      RU 14, hlm. 92-101
·      RU 15, hlm. 145-268
·      Hand Out P12
Presentasi, materi makalah dan keaktifan diskusi
14.
Mahasiswa mampu Memahami membaca dalam psikolinguistik
Mahasiswa dapat;
1.    Menjelaskan sejarah tulisan
2.    Menjelaskan grafem dan fonem
3.    Menjelaskan elemen pada huruf
4.    Menjelaskan Tahap dalam membaca
5.    Menjelaskan metode pengajaran membaca
6.    Menjelaskan model-model membaca
Membaca dalam psikolinguistik
Active learning dengan diskusi
·      RU 3, hlm. 295-308
·      RU 11, hlm. 79-82
·      RU 12, hlm. 291-310
·      RU 9, hlm. 82-106, 162-172
·      RU 14, hlm. 92-101
·      RU 15, hlm. 244-261
·      Hand Out P12
Keaktifan  di kelas

C. REFERENSI
Utama (RU)   :
1.        Abdul Aziz bin Ibarahim. Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab. Terj. Jailani Musni. Bandung: Humaniora. 2009
2.        Abdul Chaer. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
3.        Arifuddin. NeuroPsikolinguistik. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2010.
4.        Geoffrey Sampson, Scools of Linguistics, terj. Abd. Syakur Ibrahim. Suarabaya: Usaha Nasional. 1987.
5.        Jalal Syamsuddin. 'Ilm al-Lugah al-Nafsi al-Juz al-Awwal. Iskandaria: Al-Nasy Muassisah al-Saqafah al-Jami'iyah. 2004.
6.        Jalal Syamsuddin. 'Ilm al-Lugah al-Nafsi al-Juz al-Tsani. Iskandaria: Al-Nasy Muassisah al-Saqafah al-Jami'iyah. 2004.
7.        Jos Daniel Parera. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga. 1987.
8.        Kholid A. Harras dan  Andika Dutha Bachari. Dasar-Dasar Psikolinguistik. Bandung: UPI Press. 2009
9.        Nazri Syakur. Proses Psikologik dalam Proses Pemerolehan dan Belajar Bahasa (Seri Psikolinguistik). Yogyakarta: Teras. 2009.
10.    Rohmani Nur Indah. Psikolinguistik Konsep dan Isu Umum.  Malang: UIN Malang Press. 2008
11.    S. Wojowasito. Pengajaran Bahasa Kedua, Bahasa Asing, Bukan Bahasa Ibu. Bandung: Sinta Darma. 1977.
12.    Samsunuwiyati Mar’at. Psikolinguistik.Bandung: Refika Aditama. 2005.
13.    Soedjono Dardjowidjoyo. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor. 2003.
14.    Sri Utari Subyakto-Nababan. Psikolinguistik. Jakarta: Gramedia. 1992.
15.    Widjajanti W. Dharmowijono. Psikolinguistik; Teori Kemampuan Berbahasa dan Pemerolehan Bahasa Anak. Denpasar: Udayana University Press. 2009
16.    Abdul Majid Sayyid Ahmad, ‘Ilm al-Lugah al-Nafsi, Riyad: Syu’un al-Maktabat, 1982

Anjuran (RA) :
1.                  C.A. dan Snow Ferguson C (ed). Talking to Children: Language Input and Acquisition. New York: Cambridge University Press. 1977.
2.                  Danny D. Steinberg. Psycholinguistic Language, Mind and World. New York: Longman Group Ltd. 1982.
3.                  Fuad Abdul Hamid. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Depdikbud. 1987.
4.                  Fuad Abdul Hamied. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Depdikbud. 1987.
5.                  H.Guntru Tarigan. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa. 1988.
6.                  H.Guntru Tarigan. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa. 1985.
7.                  H.H. Clark dan Clark. Psychology and Language: An Introduction to Psycholinguistics. New York: Harcourt Brace Jovanovich. 1977.
8.                  H.H. Stern. Fundamental Conceps of Language Teaching. London: Oxford, University Press. 1983.
9.                  Heidi Dulay Marina Burt & Stephen D. Krashen. Language Two. Oxford: Oxford University Press. 1982.
10.              Herbert  Clarck,   and Eve V. Clark. Psychology and Language: an Introduction to Psycholinguistics. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc. 1977.
11.              James J. Asher. Learning Another Language Through Actions. Sky Oaks Productions, Inc. 1996.
12.              Karna Yudibrata dkk. Psikolinguistik. Bandung: UPI Diknas. 1998. 
13.    Mamluatul Hasanah. Proses Manusia Berbahasa Perspektif al-Qur’an dan Psikolinguistik. Malang: UIN Malang Press. 2010
14.              Mangantar Simanjuntak. Pengantar Psikolinguistik Modern. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia.  1987.
15.    Mangantar Simanjutak, Teori Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik Wwrnicke,Jakarta:  Gaya Media Pratama, 1990
16.              Mansoer Pateda. Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende:Nusa Indah. 1990.
17.    Mark Mumenthaler. Neurologi. Terj. Wendra Ali. Jakarta: Binarupa Aksara. 1995.
18.    Matt Jarvis, Teori-Teori Psikologi,Bandung: Nusa Media. 2009.
19.              Michael Garman. Psycholinguistcs. London: Cambride University Prees. 1996.
20.    Nur Hadi. Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2010
21.      Stephen D Krashen  dan Terrell, Tracy D. The Natural Approach: Language Acquisition in the Classroom. Oxford: Pergamon Press. 1983
22.    Dll.

D. ALAT BANTU

1. LCD
2. Alat-alat tulis
3. Microfon
4. Media-media yang relevan

E. LEVEL TAKSONOMI
1
Pengetahuan
10  %
2
Pemahaman
10  %
3
Penerapan
35 %
4
Analisis
25  %
5
Sintesis
10  %
6
Evaluasi
10  %
F. PENILAIAN

1.      Keaktifan di kelas   : 20 %
2.      Tugas                      : 20 %
3.      UTS                                    : 25 %
4.      UAS                        : 35 %
            TOTAL                 : 100 %



0 Response to "CONTOH SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK (’ILM LUGHAH AL-NAFSI)"

Post a Comment