CONTOH SKL 1


 


PERANGKAT  PEMBELAJARAN
MADRASAH  TSANAWIYAH


MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS VIII SEMESTER 1 & 2


A.   Latar Belakang
            Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan Bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik  dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
            Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan  reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan  memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa  sebagai alat komunikasi  baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
            Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab. 
B.   Tujuan
      Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1.    Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2.    Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3.    Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik  diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.



C.   Ruang Lingkup
            Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolahku, kehidupan keluargaku,  rumahku, hobi, profesi, kegiatan keagamaan dan lingkungan.
D.   Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
1.    Menyimak
Mampu memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan      dan   lingkungan sekitar kita.
2.    Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.
3.    Membaca
Mampu memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran  tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.


4.    Menulis
 Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi melalui kegiatan menulis pikiran  tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita,  kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar kita.

E.   SK DAN KD BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYYAH

KELAS 8 SMT 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
MENYIMAK/ISTIMA'
1       ( Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang  الســاعة)
1.1.   Mengidentifikasi bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang “as-sa’ah”  dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat
1.2.   Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang v yang meliputi bilangan bertingkat.
1.3.   Memberikan tanggapan/ respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang v yang meliputi bilangan bertingkat
BERBICARA/KALAM
2       (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita serta  bertanya jawab tentang الســاعة
2.1. Menyampai-kan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat  yang tepat me-lalui kegiatan bercerita tentang v dengan meng-guna-kan media gambar/ alat peraga  dan menerap-kan kalimat meliputi: kata bilangan bertingkat
2.2.            Melakukan tanya jawab dengan lancar dan tepat tentang v dengan mengguna-kan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi kata bilangan bertingkat
BERBICARA/KALAM
3       (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أنشطتي في المدرسة)
3.1.   Menyampaikan informasi secara lisan tentang  أنشطتي في المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur:   mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
3.2.   Melakukan dialog seder-hana tentang أنشطتي في المدرسة dengan tepat   dengan meng-gunakan kalimat berstruktur: mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
3.3.   Menjelaskan  tentang أنشطتي في المدرسة melalui  ke-giatan berce-rita dengan dan benar dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada+khabar+maf-’ul bih (jumlah ismiyyah)
MEMBACA/QIRA'AH  
4       (Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan  menemukan pokok pikiran tentang أنشطتي في المدرسة)
4.1  Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang أنشطتي في المدرسة dengan menggunakan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah 
4.2  Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
4.3  Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang أنشطتي في المدرسة dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah
KITABAH/MENULIS
5       (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang البيت فى أنشطتى
5.1  Menulis para-graf sederha-na tentang البيت فى أنشطتى dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: mubtada+khobar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
5.2  Menulis kegiatan siswa di madrasah dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: mubtada+khobar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
BERBICARA/ KALAM
6       (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang البيت فى أنشطتى
6.1  Menyam-paikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat  yang tepat  tentang البيت فى أنشطتى dengan menggunakan media gambar/alat peraga  dan menerapkan  struktur kalimat meliputi: jumlah fi’liyyah
6.2  Berbicara tentang البيت فى أنشطتى dengan tepat dan benar menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
6.3  Bercerita dengan menggunakan media gambar aktivitas di rumah  dengan  tepat dan benar  menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
MEMBACA/QIRA'AH  
7       Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang البيت فى أنشطتى
7.1  Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima tentang البيت فى أنشطتى dengan menggunakan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah 
7.2  Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
7.3  Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang البيت فى أنشطتى dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah
KITABAH/MENULIS
8       Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang   البيت فى أنشطتى
8.1.   Menulis jadwal kegiatan harian di rumah dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah
8.2.   Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan sehari-hari di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah



KELAS 8 SMT 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
MENYIMAK/ISTIMA'
9       (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية)
9.1             Mengidentifi-kasi bunyi huruf hija-iyah dan ujar-an (kata, fra-sa, atau kali-mat) da-lam suatu konteks wa-cana lisan tentang  al-hiwayah dengan tepat dan benar dengan meng-gunakan kali-mat berstruk-tur  fiil mudhori’  dan  kata an, lan, lii (لن,لـ ,أن)
9.2             Menemukan informasi umum dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang “kegemaran/ المهنة” dengan meng-gunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’  dan  kata an, lan, lii (لن,لـ ,أن)
9.3             Memberikan tanggapan/ respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الهـواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan  kata an, lan, lii (لن,لـ ,أن)
BERBICARA/ KALAM
10    (Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang الهـواية)
10.1          Bercerita  tentang  المهنة dengan lancar dan tepat
10.2          Melakukan wawancara dengan orang lain tentang  المهنة
KITABAH/MENULIS
11    (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang الهـواية)
11.1          Menulis paragraf sederhana tentang الهـواية dari beberapa teman sekelasnya
11.2          Menulis beberapa   المهنة yang disenangi 
MENYIMAK/ISTIMA'  
12    Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية
12.1         Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang المهنة dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat dan menerapkan kalimat berstruktur: fiil mudhori’  dan  mashdar
12.2         Menemu-kan infor-masi umum dan  atau rinci dari ber-bagai ben-tuk waca-na lisan sederhana tentang  المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’  dan mashdar 
12.3         Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur  fiil mudhori’  dan  mashdar
BERBICARA/ KALAM
13    Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman  serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang الهـواية
13.1         Bercerita tentang المهنة secara  tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dasar dan  kata mashdar  
13.2         Melakukan tanya jawab tentang المهنة secara tepat dan benar dengan  menggunakan kalimat berstruktur  fiil mudhori’  dan  mashdar
MEMBACA/QIRA'AH
14    Memahami berbagai  ragam teks tulis  dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca,  menganalisis dan  menemukan pokok pikiran tentang (الهـواية)
14.1.       Membaca kata, frase, kalimat tentang المهنة dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan fiil mudhori’ dan  mashdar 
14.2.       Mengidentifikasi kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori  dan  mashdar  
14.3.       Menemukan informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana  tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori  dan  mashdar  
KITABAH/MENULIS
15    Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi  baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang الهـواية)
15.1         Menulis paragraf sederhana tentang jenis-jenis المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori  dan  mashdar
15.2         Menulis profesi anggota keluarga siswa menggunakan kalimat berstruktur  fiil mudhori’  dan  mashdar 
KITABAH/MENULIS    
16    (Mengungkapkan pikiran, gagasan,  perasaan, pengalaman dan  informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang فى البيت أنشطتى)
16.1         Menulis jadwal kegiatan harian di rumah dengan menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah
16.2         Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan sehari-hari di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah

F.    Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

0 Response to "CONTOH SKL 1"

Post a Comment