PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS VIII SEMESTER 1
& 2
A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi
yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan
informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain
bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan
bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Arab, merupakan hal
yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik,
ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku
berbahasa Arab. Selain itu bahasa Arab merupakan sarana komunikasi dalam
pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Bahasa bukan hanya sebagai suatu
bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual,
sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan Bahasa Arab menjadi persyaratan
penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi.
Pembelajaran Bahasa Arab secara formal di madrasah merupakan sarana utama bagi
peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta
didik dapat merespon secara proaktif
berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat
dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan
untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan
demikian mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta
didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas,
terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran
yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina
kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif
maupun produktif. Kemampuan reseptif
yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu
kemampuan menggunakan bahasa sebagai
alat komunikasi baik secara lisan maupun
secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa
Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu
al-Qur’an dan Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan
Islam bagi peserta didik.
Untuk
itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar
berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara
integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu,
pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada
kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat
pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa
diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced)
dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik
diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1. Mengembangkan kemampuan
berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan, yang mencakup empat
kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam),
membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran
tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi
alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
3. Mengembangkan pemahaman
tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala
budaya. Dengan demikian peserta didik
diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam
keragaman budaya.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang
berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolahku, kehidupan keluargaku, rumahku, hobi, profesi, kegiatan keagamaan
dan lingkungan.
D. Standar Kompetensi
Lulusan (SKL)
1. Menyimak
Mampu
memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana)
tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan alamat, jam, aktifitas
di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
2. Berbicara
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita
dan bertanya jawab tentang identitas diri, rumahku, keluargaku, menanyakan
alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi, cita-cita, kegiatan keagamaan dan lingkungan sekitar
kita.
3. Membaca
Mampu
memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang identitas diri, rumahku, keluargaku,
menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi,
cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
4. Menulis
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan,
perasaan, pengalaman dan
informasi melalui kegiatan menulis pikiran tentang identitas diri, rumahku, keluargaku,
menanyakan alamat, jam, aktifitas di sekolah, aktifitas di rumah, profesi,
cita-cita, kegiatan keagamaan dan
lingkungan sekitar kita.
E. SK DAN KD BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYYAH
KELAS 8
SMT 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
MENYIMAK/ISTIMA'
1
( Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang
الســاعة)
|
1.1. Mengidentifikasi
bunyi huruf hija-iyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam
suatu konteks wacana lisan tentang “as-sa’ah” dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat
|
1.2. Menemu-kan
infor-masi umum dan atau rinci dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang v yang
meliputi bilangan bertingkat.
|
|
1.3. Memberikan
tanggapan/ respons pada ide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau
dialog sederhana tentang v yang meliputi bilangan bertingkat
|
|
BERBICARA/KALAM
2
(Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman serta
informasi melalui kegiatan bercerita serta
bertanya jawab tentang الســاعة
|
2.1. Menyampai-kan
informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat me-lalui kegiatan bercerita
tentang v dengan meng-guna-kan media gambar/ alat peraga dan menerap-kan kalimat meliputi: kata
bilangan bertingkat
|
2.2.
Melakukan tanya jawab dengan lancar dan
tepat tentang v dengan mengguna-kan alat peraga dan struktur kalimat yang meliputi kata
bilangan bertingkat
|
|
BERBICARA/KALAM
3
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui
kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang أنشطتي في المدرسة)
|
3.1. Menyampaikan
informasi secara lisan tentang أنشطتي في
المدرسة dengan
lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur: mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah
ismiyyah)
|
3.2. Melakukan
dialog seder-hana tentang أنشطتي في المدرسة dengan tepat dengan meng-gunakan kalimat berstruktur:
mubtada+khabar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
|
|
3.3. Menjelaskan tentang أنشطتي في المدرسة melalui ke-giatan berce-rita dengan dan benar
dengan menerapkan kalimat berstruktur: mubtada+khabar+maf-’ul bih (jumlah
ismiyyah)
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
4
(Memahami berbagai ragam teks tulis
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi dan atau non
fiksi melalui kegiatan membaca,
menganalisis dan menemukan
pokok pikiran tentang أنشطتي في المدرسة)
|
4.1 Membaca
nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima tentang أنشطتي في المدرسة dengan menggunakan kalimat berstruktur:
jumlah fi’liyyah
|
4.2 Mengidentifikasi
kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat
berstruktur jumlah fi’liyyah
|
|
4.3 Menemu-kan
infor-masi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang أنشطتي في المدرسة dengan menerapkan kalimat
berstruktur: jumlah fi’liyyah
|
|
KITABAH/MENULIS
5
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi
melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang البيت فى أنشطتى
|
5.1 Menulis
para-graf sederha-na tentang البيت فى أنشطتى dengan menggunakan struktur kalimat terdiri:
mubtada+khobar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
|
5.2 Menulis
kegiatan siswa di madrasah dengan menggunakan struktur kalimat terdiri:
mubtada+khobar+maf’ul bih (jumlah ismiyyah)
|
|
BERBICARA/ KALAM
6
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita
dan bertanya jawab tentang البيت فى
أنشطتى
|
6.1 Menyam-paikan
informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat
tentang البيت فى أنشطتى dengan
menggunakan media gambar/alat peraga
dan menerapkan struktur kalimat
meliputi: jumlah fi’liyyah
|
6.2 Berbicara
tentang البيت فى أنشطتى dengan
tepat dan benar menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
|
|
6.3 Bercerita
dengan menggunakan media gambar aktivitas di rumah dengan
tepat dan benar menggunakan
kalimat berstruktur jumlah fi’liyyah
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
7
Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran
tentang البيت فى أنشطتى
|
7.1 Membaca
nyaring, melafalkan huruf hijaiyyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima tentang البيت فى أنشطتى dengan menggunakan kalimat berstruktur: jumlah
fi’liyyah
|
7.2 Mengidentifikasi
kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan di rumah dengan menggunakan kalimat
berstruktur jumlah fi’liyyah
|
|
7.3 Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang البيت فى أنشطتى dengan menerapkan kalimat berstruktur: jumlah fi’liyyah
|
|
KITABAH/MENULIS
8
Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang البيت فى أنشطتى
|
8.1. Menulis
jadwal kegiatan harian di rumah dengan menggunakan struktur kalimat
terdiri: jumlah fi’liyyah
|
8.2. Menulis
paragraf sederhana tentang kegiatan sehari-hari di rumah dengan menggunakan kalimat
berstruktur jumlah fi’liyyah
|
KELAS 8
SMT 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
MENYIMAK/ISTIMA'
9
(Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk gagasan atau dialog sederhana)
tentang الهـواية)
|
9.1
Mengidentifi-kasi bunyi huruf hija-iyah
dan ujar-an (kata, fra-sa, atau kali-mat) da-lam suatu konteks wa-cana lisan
tentang al-hiwayah dengan tepat
dan benar dengan meng-gunakan kali-mat berstruk-tur fiil mudhori’ dan
kata an, lan, lii (لن,لـ ,أن)
|
9.2
Menemukan informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana
lisan sederhana tentang “kegemaran/ المهنة” dengan meng-gunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan
kata an, lan, lii (لن,لـ ,أن)
|
|
9.3
Memberikan tanggapan/ respons pada ide/gagasan
yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الهـواية dengan
menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan kata an, lan, lii (لن,لـ ,أن)
|
|
BERBICARA/ KALAM
10
(Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman serta
informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang الهـواية)
|
10.1
Bercerita
tentang المهنة dengan
lancar dan tepat
|
10.2
Melakukan wawancara dengan orang lain tentang المهنة
|
|
KITABAH/MENULIS
11
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui
kegiatan menulis
tentang الهـواية)
|
11.1
Menulis paragraf sederhana tentang الهـواية dari beberapa teman sekelasnya
|
11.2
Menulis beberapa
المهنة yang
disenangi
|
|
MENYIMAK/ISTIMA'
12
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (berbentuk
gagasan atau dialog sederhana) tentang الهـواية
|
12.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan
ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang المهنة dengan
cara mencocokkan dan membedakan secara
tepat dan menerapkan kalimat berstruktur: fiil mudhori’ dan
mashdar
|
12.2
Menemu-kan infor-masi umum dan atau rinci dari ber-bagai ben-tuk waca-na
lisan sederhana tentang المهنة dengan
menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan mashdar
|
|
12.3
Memberikan tanggapan/respons pada ide/gagasan
yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang المهنة dengan
menggunakan kalimat berstruktur fiil
mudhori’ dan mashdar
|
|
BERBICARA/ KALAM
13
Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan,
pengalaman serta informasi melalui
kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang الهـواية
|
13.1
Bercerita tentang المهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur
fiil mudhori’ dasar dan kata mashdar
|
13.2
Melakukan tanya jawab tentang المهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat
berstruktur fiil mudhori’ dan
mashdar
|
|
MEMBACA/QIRA'AH
14
Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,
baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang (الهـواية)
|
14.1. Membaca
kata, frase, kalimat tentang المهنة dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang menggunakan fiil mudhori’
dan mashdar
|
14.2. Mengidentifikasi
kata, frase atau kalimat dalam wacana tertulis tentang المهنة dengan
menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan
mashdar
|
|
14.3. Menemukan
informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana tentang المهنة dengan
menggunakan kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan
mashdar
|
|
KITABAH/MENULIS
15
Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi melalui kegiatan menulis tentang الهـواية)
|
15.1
Menulis paragraf sederhana
tentang jenis-jenis المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur
fiil mudhori’ dan mashdar
|
15.2
Menulis profesi anggota keluarga siswa
menggunakan
kalimat berstruktur fiil mudhori’ dan
mashdar
|
|
KITABAH/MENULIS
16
(Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi baik fiksi dan atau non fiksi
melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang فى البيت أنشطتى)
|
16.1
Menulis jadwal kegiatan harian di rumah dengan
menggunakan struktur kalimat terdiri: jumlah fi’liyyah
|
16.2
Menulis paragraf sederhana tentang kegiatan
sehari-hari di rumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah
fi’liyyah
|
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan
landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
0 Response to "CONTOH SKL 1"
Post a Comment