ASAS- ASAS MENYUSUN BAHAN AJAR BAHASA ARAB
Makalah ini
disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah Desain Bahan Ajar Bahasa Arab
Dosen Pengampu
:
Oleh:
PROGAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu masalah penting yang sering dihadapi oleh guru dalam kegiatan
pembelajaran adalah memilih atau menentukan bahan ajar atau materi pembelajaran
yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Hal ini disebabkan
oleh kenyataan bahwa dalam kurikulum atau silabus, materi bahan ajar hanya
dituliskan secara garis besar dalam bentuk materi pokok.
Bahan ajar atau materi pembelajaran secara garis besar terdiri dari
pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka
mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci,
jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep,
prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai. Bahan ajar merupakan
salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam
membantu siswa mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar atau tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan.
Untuk menyusun bahan ajar agar relevan bagi peserta didik dan dapat
mencapai kompetensi yang ditargetkan, pakar pendidikan harus memahami asas atau
landasan yang ada. Begitu pula dalam mata pelajaran bahasa Arab yang di
dalamnya terdapat empat kompetensi yang harus dipenuhi, yaitu membaca, menulis,
berbicara dan mendengar.
B.
Rumusan Masalah
1. Pengertian Asas
2. Asas Sosial-budaya
3. Asas Psikologis
4. Asas Kebahasaan
5.
Asas
Pendidikan
PEMBAHASAN
1. Pengertian Asas
Dalam Kamus
Besar Bahasa Indonesia, Asas adalah dasar atau sesuatu yang menjadi tumpuan
berpendapat.[1]
Sedangkan
menurut ahli, asas adalah prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir seseorang
dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam hidupnya.
Dari
definisi di atas kita bisa mengetahui bahwa untuk menyusun bahan ajar
diperlukan dasar atau landasan berpikir, agar bahan ajar yang dihasilkan dapat
menjadi bahan rujukan yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang
menggunakannya.
Asas-asas
yang harus diperhatikan dalam membuat buku ajar bahasa Arab sebagaimana
disebutkan al-Ghali (1991:19), yaitu asas sosial budaya, psikologis, kebahasaan
dan pendidikan.
2. Asas Sosial-Budaya
Asas sosial-budaya menjadi salah satu asas dalam menyusun bahan ajar bahasa
Arab meliputi pengertian kebudayaan, karekteristik serta korelasi kebudayaan
dengan penyusunan bahan ajar. Sosial-budaya penting sebagai asas penyusunan
bahan ajar bahasa Arab karena seseorang yang mempelajari bahasa asing tidak
akan dapat memahaminya dengan baik tanpa memahami kebudayaan masyarakat dari
asal bahasa tersebut. Maka untuk
memahami bahasa Arab, seseorang harus mengetahui kebudayaan yang berkembang
dalam masyarakat arab.[2]
Misalnya dalam kosakata bahasa Arab “يد”, jika kita hanya menggunakan
tarjamah bbiasa dalam kamus artinya “tangan”, akan tetapi dalam kebudayaan
bahasa Arab kata “يد” dapat diartikan “kekuasaan” jika
diletakkan dalam konteks “يد الله”. Dan masih banyak lagi satu kosakata yang
memiliki banyak arti yang berbeda jauh anatara satu dengan yang lainnya.[3]
Dalam menyusun bahan ajar bahasa Arab, Rusydi ahmad Thu’aimah memaparkan
bahwa setidaknya ada tiga belas tema yang perlu diajarkan kepada siswa
berdasarkan dari asas sosial-budaya ini, yaitu:
No
|
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Arab
|
1
|
Identitas diri
|
البيانات
الشخصية
|
2
|
Tempat tinggal
|
السكن
|
3
|
Pekerjaan
|
العمل
|
4
|
Waktu luang
|
وقت
الفراغ
|
5
|
Travelling
|
السفر
|
6
|
Hubungan dengan sesama
|
العلاقات
مع الآخرين
|
7
|
Peristiwa umum dan khusus
|
المناسبات
العامة والخاصة
|
8
|
Kesehatan dan penyakit
|
الصحة
والمرض
|
9
|
Pendidikan dan pengajaran
|
التربية
والتعليم
|
10
|
Di pasar
|
في
السوق
|
11
|
Di rumah makan
|
في
المطعم
|
12
|
Pelayanan umum
|
الخدمات
|
13
|
Negara dan tempat-tempat
|
البلدان
والأماكن
|
14
|
Bahasa asing
|
اللغة
الأجنبية
|
15
|
Cuaca
|
الجو
|
16
|
Lambang peradaban
|
المعالم
الحضارية
|
17
|
Perekonomian
|
الحياة
الإقتصادية
|
18
|
Agama, dogma dan spiritual
|
الدين
والقيم والروحية
|
19
|
Politik dan hubungan luar negeri
|
الإتجاهات
السياسية والعلاقات الدولية
|
20
|
Hubungan waktu dan tempat
|
العلاقات
الزمانية والمكانية
|
- Asas psikologis
Siswa merupakan bagian penting dalam
proses belajar mengajar. Hal itu dikarenakan siswa adalah sasaran pencapaian
tujuan pembelajaran, disamping merupakan subyek dan objek belajar mengajar.
Hampir semua ahli pendidikan sepakat bahwa motivasi siswa merupakan faktor
penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar, semakin tinggi motivasi
mereka, maka semakin tinggi pula keberhasilannya.[4]
Oleh karena itu, maka pengembangan buku ajar bahasa Arab harus
memperhatikan aspek-aspek psikologi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa. Hal hal psikologis yang harus diperhatikan dalam pengembangan
buku ajar bahasa Arab adalah sebagai berikut:
- Buku ajar hendaknya sesuai dengan kemampuan intelektual siswa.
- Memperhatikan perbedaab individu antar siswa
- Mampu merangsang daya pikir siswa sehingga dapat membantu proses pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab
- Materi buku ajar disesuaikan dengan tingkat persiapan dan kemampuan berbahasa Arab siswa
- Memperhatikan tingkat usia siswa, setiap buku ajar bahasa Arab diperuntukkan bagi usia berapa, karena setiap usia tertentu memrlukan perlakuan yang berbeda
- Materi buku ajar mampu memotivasi siswa untuk menggunakan bahasa Arab secar Alami
- Adanya integrasi antara buku siswa, buku pegangan guru, dan lain-lainnya
- Buku ajara bahasa Arab mampu menciptakan orientasi dan norma-norma yang diharapkan dimiliki siswa.[5]
- Asas Kebahasaan
Yang dimaksud dengan Asas kebahasaan dalam penyusunan buku ajar bahasa Arab
adalah bahasa yang akan diajarkan kepada siswa melipuit unsur-unsur bahasa
(ashwat, mufrodat, tarokib) dan ketrampilan bahasa (istima’, kalam. Qiro’ah,
kitabah), sehingga materi yang disajikan sesuai dengan tujuan tujuan yang telah
ditetapkan.[6]
Jadi, dalam penyusunan bahan ajar bahasa Arab, keempat keterampilan harus
ada dan seimbang porsinya.
- Asas Pendidikan
Asas pendidikan adalah hal-hal yang terkait dengan teori pendidikan dalam
penyusunan bahan ajar, seperti materi dimulai dari yang lebih mudah kepada yang
lebih sulit, dari yang konkret ke yang abstrak, dari detail ke suatu yang
konsep.
Bahan ajar bahasa Arab disusun tidak secara acak dan sembarangan, melainkan
harus runtut dan sistematis agar materi yang diajarkan dapat diserap oleh
siswa. seperti materi gramatika مبتدأ
harus diajarkan terlebih dahulu daripada خبر.
PENUTUP
Ø Kesimpulan
Dalam
penyusunan bahan ajar bahasa Arab harus berdasarkan asas-asas yang relevan
untuk siswa. Agar nantinya proses pembelajaran dapat mencapai tujuan.
Asas-asas yang
ada dalam penyusunan bahan ajar bahasa Arab adalah sosial-budaya, psikologis,
kebahasaan dan pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
- Hamid Abdul, Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Malang Press: 2008
- http://kbbi.web.id/asas
- http://suparmantomaman.blogspot.co.id/2013/06/pengembangan-bahan-ajar.html
- http://pegiatbahasaarab.blogspot.co.id/2014/12/penyusunan-bahan-ajar-bahasa-arab.html
0 Response to "MAKALAH TENTANG ASAS-ASAS MENYUSUN BAHAN AJAR"
Post a Comment