MAKALAH TENTANG ASAS-ASAS MENYUSUN BAHAN AJAR


ASAS- ASAS MENYUSUN BAHAN AJAR BAHASA ARAB
Makalah  ini disusun untuk  memenuhi tugas mata kuliah Desain Bahan Ajar Bahasa Arab
Dosen Pengampu : 









Oleh:


PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH

PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Salah satu masalah penting yang sering dihadapi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih atau menentukan bahan ajar atau materi pembelajaran yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa dalam kurikulum atau silabus, materi bahan ajar hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk materi pokok.
Bahan ajar atau materi pembelajaran secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai. Bahan ajar merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam membantu siswa mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar atau tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Untuk menyusun bahan ajar agar relevan bagi peserta didik dan dapat mencapai kompetensi yang ditargetkan, pakar pendidikan harus memahami asas atau landasan yang ada. Begitu pula dalam mata pelajaran bahasa Arab yang di dalamnya terdapat empat kompetensi yang harus dipenuhi, yaitu membaca, menulis, berbicara dan mendengar.
B.     Rumusan Masalah
1.      Pengertian Asas
2.      Asas Sosial-budaya
3.      Asas  Psikologis
4.      Asas Kebahasaan
5.      Asas Pendidikan


PEMBAHASAN
1.      Pengertian Asas
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Asas adalah dasar atau sesuatu yang menjadi tumpuan berpendapat.[1]
Sedangkan menurut ahli, asas adalah prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir seseorang dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam hidupnya.
Dari definisi di atas kita bisa mengetahui bahwa untuk menyusun bahan ajar diperlukan dasar atau landasan berpikir, agar bahan ajar yang dihasilkan dapat menjadi bahan rujukan yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang menggunakannya.
Asas-asas yang harus diperhatikan dalam membuat buku ajar bahasa Arab sebagaimana disebutkan al-Ghali (1991:19), yaitu asas sosial budaya, psikologis, kebahasaan dan pendidikan.

2.      Asas Sosial-Budaya
Asas sosial-budaya menjadi salah satu asas dalam menyusun bahan ajar bahasa Arab meliputi pengertian kebudayaan, karekteristik serta korelasi kebudayaan dengan penyusunan bahan ajar. Sosial-budaya penting sebagai asas penyusunan bahan ajar bahasa Arab karena seseorang yang mempelajari bahasa asing tidak akan dapat memahaminya dengan baik tanpa memahami kebudayaan masyarakat dari asal bahasa tersebut. Maka untuk memahami bahasa Arab, seseorang harus mengetahui kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat arab.[2]
Misalnya dalam kosakata bahasa Arab “يد”, jika kita hanya menggunakan tarjamah bbiasa dalam kamus artinya “tangan”, akan tetapi dalam kebudayaan bahasa Arab kata “يد” dapat diartikan “kekuasaan” jika diletakkan dalam konteks “يد الله”. Dan masih banyak lagi satu kosakata yang memiliki banyak arti yang berbeda jauh anatara satu dengan yang lainnya.[3]
Dalam menyusun bahan ajar bahasa Arab, Rusydi ahmad Thu’aimah memaparkan bahwa setidaknya ada tiga belas tema yang perlu diajarkan kepada siswa berdasarkan dari asas sosial-budaya ini, yaitu:


No
Bahasa Indonesia
Bahasa Arab
1
Identitas diri
البيانات الشخصية
2
Tempat tinggal
السكن
3
Pekerjaan
العمل
4
Waktu luang
وقت الفراغ
5
Travelling
السفر
6
Hubungan dengan sesama
العلاقات مع الآخرين
7
Peristiwa umum dan khusus
المناسبات العامة والخاصة
8
Kesehatan dan penyakit
الصحة والمرض
9
Pendidikan dan pengajaran
التربية والتعليم
10
Di pasar
في السوق
11
Di rumah makan
في المطعم
12
Pelayanan umum
الخدمات
13
Negara dan tempat-tempat
البلدان والأماكن
14
Bahasa asing
اللغة الأجنبية
15
Cuaca
الجو
16
Lambang peradaban
المعالم الحضارية
17
Perekonomian
الحياة الإقتصادية
18
Agama, dogma dan spiritual
الدين والقيم والروحية
19
Politik dan hubungan luar negeri
الإتجاهات السياسية والعلاقات الدولية
20
Hubungan waktu dan tempat
العلاقات الزمانية والمكانية

  1. Asas psikologis
Siswa merupakan bagian penting  dalam proses belajar mengajar. Hal itu dikarenakan siswa adalah sasaran pencapaian tujuan pembelajaran, disamping merupakan subyek dan objek belajar mengajar.
Hampir semua ahli pendidikan sepakat bahwa motivasi siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar, semakin tinggi motivasi mereka, maka semakin tinggi pula keberhasilannya.[4]
Oleh karena itu, maka pengembangan buku ajar bahasa Arab harus memperhatikan aspek-aspek psikologi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal hal psikologis yang harus diperhatikan dalam pengembangan buku ajar bahasa Arab adalah sebagai berikut:
  • Buku ajar hendaknya sesuai dengan kemampuan intelektual siswa.
  • Memperhatikan perbedaab individu antar siswa
  • Mampu merangsang daya pikir siswa sehingga dapat membantu proses pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab
  • Materi buku ajar disesuaikan dengan tingkat persiapan dan kemampuan berbahasa Arab siswa
  • Memperhatikan tingkat usia siswa, setiap buku ajar bahasa Arab diperuntukkan bagi usia berapa, karena setiap usia tertentu memrlukan perlakuan yang berbeda
  • Materi buku ajar mampu memotivasi siswa untuk menggunakan bahasa Arab secar Alami
  • Adanya integrasi antara buku siswa, buku  pegangan guru, dan lain-lainnya
  • Buku ajara bahasa Arab mampu menciptakan orientasi dan norma-norma yang diharapkan dimiliki siswa.[5]
  1. Asas Kebahasaan
Yang dimaksud dengan Asas kebahasaan dalam penyusunan buku ajar bahasa Arab adalah bahasa yang akan diajarkan kepada siswa melipuit unsur-unsur bahasa (ashwat, mufrodat, tarokib) dan ketrampilan bahasa (istima’, kalam. Qiro’ah, kitabah), sehingga materi yang disajikan sesuai dengan tujuan tujuan yang telah ditetapkan.[6]
Jadi, dalam penyusunan bahan ajar bahasa Arab, keempat keterampilan harus ada dan seimbang porsinya.
  1. Asas Pendidikan
Asas pendidikan adalah hal-hal yang terkait dengan teori pendidikan dalam penyusunan bahan ajar, seperti materi dimulai dari yang lebih mudah kepada yang lebih sulit, dari yang konkret ke yang abstrak, dari detail ke suatu yang konsep.
Bahan ajar bahasa Arab disusun tidak secara acak dan sembarangan, melainkan harus runtut dan sistematis agar materi yang diajarkan dapat diserap oleh siswa. seperti materi gramatika مبتدأ harus diajarkan terlebih dahulu daripada خبر.

PENUTUP
Ø  Kesimpulan
Dalam penyusunan bahan ajar bahasa Arab harus berdasarkan asas-asas yang relevan untuk siswa. Agar nantinya proses pembelajaran dapat mencapai tujuan.
Asas-asas yang ada dalam penyusunan bahan ajar bahasa Arab adalah sosial-budaya, psikologis, kebahasaan dan pendidikan.


DAFTAR PUSTAKA
  1. Hamid Abdul, Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Malang Press: 2008
  2. http://kbbi.web.id/asas
  3. http://suparmantomaman.blogspot.co.id/2013/06/pengembangan-bahan-ajar.html
  4. http://pegiatbahasaarab.blogspot.co.id/2014/12/penyusunan-bahan-ajar-bahasa-arab.html



[1] http://kbbi.web.id/asas
[2] http://suparmantomaman.blogspot.co.id/2013/06/pengembangan-bahan-ajar.html
[3] http://pegiatbahasaarab.blogspot.co.id/2014/12/penyusunan-bahan-ajar-bahasa-arab.html
[4] Hamid Abdul, Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Malang Press: 2008, hlm: 100
[5] Ibid, hlm: 101
[6] http://pegiatbahasaarab.blogspot.co.id/2014/12/penyusunan-bahan-ajar-bahasa-arab.html

Related Posts :

0 Response to "MAKALAH TENTANG ASAS-ASAS MENYUSUN BAHAN AJAR"

Post a Comment